WORKSHOP PENANGANAN SISWA KESULITAN BELAJAR MENGHITUNG (DYSKALKULIA)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v1i2.151Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk, 1) Meningkatkan pemahaman guru Mata Pelajaran Matematika mengenai siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia), 2)Meningkatkan kemampuan guru Mata Pelajaran Matematika dalam memberikan layanan pendidikan siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui Workshop Penanganan Siswa
Berkesulitan Belajar Menghitung (Dyskalkulia)pada Mata Pelajaran Matematika.
Pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui beberapa metode pelatihan, yaitu: 1) Metode Ceramah untuk memberikan penjelasan karakteristik umum dan kebutuhan belajar anak berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia), 2) Metode Klinis untuk analisis kesalahan operasi hitung siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia) dan penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI) siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Hasil dari workshop ini adalah meningkatnya kemampuan guru Mata Pelajaran Matematika dalam memberikan layanan pendidikan siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Dengan meningkatnya kemampuan tersebut maka berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan inklusif.
References
Abdurrahman, M. (2003 ). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Depdikbud.
Alimin, Z, dkk. (2013). Layanan Pendidikan Inklusi (Pegangan Bagi Pelatih). Jawa Barat : Save the Children dan IKEA.
Erma S, Yulinda. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Magistra No 73. Tahun XXII September 2010. ISSN 0215-9511
Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matrik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1 (1), 927–932.
Jana, P. (2018). Penguatan Kemampuan Matematika Dasar Siswa SMA Melalui Kegiatan Matrikulasi. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 1–4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v1i1.80
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Bayu Pamungkas, Padrul Jana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).