WORKSHOP PENANGANAN SISWA KESULITAN BELAJAR MENGHITUNG (DYSKALKULIA)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Bayu Pamungkas Universitas PGRI Yogyakarta
  • Padrul Jana Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v1i2.151

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk, 1) Meningkatkan pemahaman guru Mata Pelajaran Matematika mengenai siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia), 2)Meningkatkan kemampuan guru Mata Pelajaran Matematika dalam memberikan layanan pendidikan siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui Workshop Penanganan Siswa
Berkesulitan Belajar Menghitung (Dyskalkulia)pada Mata Pelajaran Matematika.
Pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui beberapa metode pelatihan, yaitu: 1) Metode Ceramah untuk memberikan penjelasan karakteristik umum dan kebutuhan belajar anak berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia), 2) Metode Klinis untuk analisis kesalahan operasi hitung siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia) dan penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI) siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Hasil dari workshop ini adalah meningkatnya kemampuan guru Mata Pelajaran Matematika dalam memberikan layanan pendidikan siswa berkesulitan belajar menghitung (dyskalkulia). Dengan meningkatnya kemampuan tersebut maka berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan inklusif.

References

Abdurrahman, M. (2003 ). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Depdikbud.

Alimin, Z, dkk. (2013). Layanan Pendidikan Inklusi (Pegangan Bagi Pelatih). Jawa Barat : Save the Children dan IKEA.

Erma S, Yulinda. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Magistra No 73. Tahun XXII September 2010. ISSN 0215-9511

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matrik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1 (1), 927–932.

Jana, P. (2018). Penguatan Kemampuan Matematika Dasar Siswa SMA Melalui Kegiatan Matrikulasi. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 1–4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v1i1.80

Downloads

PlumX Metrics

Published

05/31/2018

How to Cite

Pamungkas, B., & Jana, P. (2018). WORKSHOP PENANGANAN SISWA KESULITAN BELAJAR MENGHITUNG (DYSKALKULIA)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v1i2.151

Most read articles by the same author(s)