PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236Abstract
Nama kegiatan ini adalah pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di
sekolah dasar. Pendampingan gerakan literasi sekolah memang penting dilaksanakan untuk
meningkatkan angka minat baca siswa melalui kegiatan GLS
(Gerakan Literasi Sekolah).
Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan pelaksanaan gerakan
literasi sekolah dalam pembelajaran. Sasaran pengabdian adalah guru SDN Donotirto.
Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran ini akan dilakukan sebanyak 4
kali. Pendampingan pada pertemuan pertama dilakukan penyuluhan tentang gerakan literasi
sekolah yang efektif dengan alokasi waktu 2-3 sks, dan pendampingan ke-2 sampai ke-4
dilakukan monitoring pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di SDN
Donotirto dengan alokasi waktu 3-4 sks. Hasil yang dicapai yaitu pembiasaan 15 menit
membaca sebelum jam pelajaran; menata perpustakaan; menciptakan lingkungan yang kaya
teks dengan memasang slogan dan poster; dan menata kelas yang kaya teks dan nyaman
untuk siswa belajar.
References
Ade Asih Susiarti Tantri, dkk. 2017. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Program Budaya Literasi di Sekolah Dasar Sekecamatan Banjar. Laporan pengabdian masyarakat. Bali: Undiksha.
Alfi, S. 2010. Optimalisasi Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa: Upaya Meretas Komunikasi Global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora. Volume 1,Desember 2010, 67-78.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.Jakarta:Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Komalasari, M. D. 2017. Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Elementary School. Vol. 4 No. 1, 14-19.
Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. 2018. Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita Matematika melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers PGSD UPY “Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat dengan Literasi sebagai Upaya Memajukan Pendidikan Anak Bangsa.†p.198-209.
Kompas. Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia. Edisi 29
Agustus2016.http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indone sia.ada.di.urutan.ke-60.dunia. Diakses tanggal 1 November 2016.
Sulistyo, A. 2017. Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Kelola. Vol. 4, No.1, Hal 48-58.
Website Resmi Pemerintah Bekasi. 2016. Survei UNESCO: Minat Baca Masyarakat Indonesia 0,001 Persen. Http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/19/survei-unesco-minatbacamasyarakat-indonesia-0001-persen. Diakses tanggal 1 November 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mahilda Dea Komalasari, Ari Wibowo, Deri Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).