Main Article Content

Abstract

Berasal riset yang dilakukan pada tahun 2022 dan 2023 telah menghasilkan inovasi dalam pemanfaatan Virtual Reality (VR) sebagai media rehabilitasi bagi penyandang disabilitas fisik, menunjukkan peningkatan efektivitas terapi hingga 20% dan perbaikan dalam regulasi emosi. YPK Bali, sebuah yayasan kemanusiaan, tertarik mengadopsi VR untuk memperkaya program terapinya. YPK telah memberikan layanan fisioterapi dan dukungan psikologi tanpa biaya sejak 2001 dan memperluas layanannya dengan program edukasi dan rehabilitasi keliling. Di Bali, terdapat 12.806 penyandang disabilitas, dan 30% mengalami disabilitas fisik, seringkali merasa tidak nyaman dan terisolasi dalam masyarakat. Terapi menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengembangkan potensi penyandang disabilitas sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016. VR, yang umumnya digunakan untuk permainan, kini juga berpotensi sebagai sarana terapi berkat riset yang mengungkap manfaatnya dalam neuroscience dan rehabilitasi fisik, seperti pada pasien post-stroke. YPK Bali berinisiatif untuk mengembangkan lebih lanjut pemanfaatan VR dalam terapi, membutuhkan keilmuan arsitektur dan IT untuk menciptakan lingkungan virtual interaktif, desain yang fungsional dan estetis, serta infrastruktur yang mendukung kegiatan terapi VR. Terdapat sinergi antara peneliti, mitra, dan penyandang disabilitas fisik untuk mengembangkan aplikasi VR, dengan harapan menjadi solusi rehabilitasi masa depan.

Keywords

Virtual Reality Therapy Disability

Article Details

How to Cite
PENGABDIAN PENGEMBANGAN GAME VIRTUAL REALITY SEBAGAI SARANA REHABILITASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK. (2024). Jurnal Abdi Masyarakat , 8(1), 188-198. https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6182

How to Cite

PENGABDIAN PENGEMBANGAN GAME VIRTUAL REALITY SEBAGAI SARANA REHABILITASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK. (2024). Jurnal Abdi Masyarakat , 8(1), 188-198. https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6182

References

  1. Joshua, Beitle. (2022). Video games and virtual reality as a relaxation therapy. doi: 10.17760/d20416827
  2. Bohil, C. J., Alicea, B., & Biocca, F. A. (2011). Virtual reality in neuroscience research and therapy. Nature reviews neuroscience, 12(12), 752-762.
  3. Camporesi, C., Kallmann, M., & Han, J. J. (2013, March). VR solutions for improving physical therapy. In 2013 ieee virtual reality (vr) (pp. 77-78). IEEE.
  4. Lambe, S., Knight, I., Kabir, T., West, J., Patel, R., Lister, R., ... & Freeman, D. (2020). Developing an automated VR cognitive treatment for psychosis: gameChange VR therapy. Journal of Behavioral and Cognitive Therapy, 30(1), 33-40.
  5. Lenka, Lhotska., Patrik, Kutilek., Jan, Husak., Anna, Francova., Jan, Hejda., Jakub, Stejskal., Martin, Kotek., Jan, Hybl., Pavla, Stopkova., Iveta, Fajnerová. (2021). Virtual Reality for Exposure Therapy. 1-6. doi: 10.1109/HSI52170.2021.9538712
  6. Lohse, K. R., Hilderman, C. G., Cheung, K. L., Tatla, S., & Van der Loos, H. M. (2014). Virtual reality therapy for adults post-stroke: a systematic review and meta-analysis exploring virtual environments and commercial games in therapy. PloS one, 9(3), e93318.

Most read articles by the same author(s)