PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ONLINE DI POLITEKNIK NEGERI MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.30737/janka.v1i2.3256Abstract
Proses pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan karena ketercapaian tujuan pembelajaran berawal dari proses pembelajaran yang baik, runtut dan jelas. Lingkup didalam proses pembelajaran meliputi yang mengajar, media pembelajaran, kurikulum dan yang belajar. Bentuk dari media pembelajaran sangatlah beranekaragam mulai dari modul pembelajaran, buku pedoman, dan audio visual. Matematika Bisnis merupakan salah satu mata kuliah dasar dan wajib. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan beberapa mahasiswa masih kurang memahami dalam perhitungan. Merespon permasalahan tersebut dibuatlah video pembelajaran untuk mata kuliah matematika bisnis sebagai salah satu upaya dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Pelaksanaan kegiatan dalam pembuatan video pembelajaran terbagi menjadi tiga yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian, mahasiswa terbantu dalam menambah referensi pembelajaran khususnya untuk mata kuliah matematika bisnis, selain itu bagi dosen bias digunakan media pembelajaran apabila ada tugas dari pimpinan sehingga tidak bias mengajar langsung di kelas. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya video pembelajaran ini semakin mempermudah dalam proses belajar mengajar yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.References
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156.
https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Hanifah, U. (2014). PENTINGNYA BUKU AJAR YANG BERKUALITAS DALAM
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 3(1).
Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis
Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan Dan
Informasi, vol.4(2), 34–44.
http://blog.ub.ac.id/agniemahar/files/2013/12/Pustaha-Vol_-4-No_-2-Des_-
pdf#page=4
Purba Asmara, A., Dwi Ananto, A., & Riyanto, N. (2017). Pengembangan Media Audio
Visual Tentang Praktikum Reaksi Oksidasi Reduksi Dan Elektrokimia Sebagai
Media Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa Sma/ Ma Kelas Xii Semester 1.
Lantanida Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1406
Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., &
Pratiwi, R. D. (2016). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia
Studio 7. Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, Dan Inovasi
Pembelajarannya, 946–952.
Sidebang, R., Napitupulu, R., & Simaremare, H. (2021). Daring Pendidikan Pembelajaran
Tematik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( Pgsd ) Di Universitas Hkbp
Nommensen Pematangsiantar. Proseding Seminar Nasioal, 1(1), 1–7.
https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/3
Sinarwati, N. K. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya
Parisudha untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan
Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 46(3), 229–237.
Sudjana, N., & Rivai. (1997). Media Pengajaran. Sinar Baru.
Vioshka, Y. (2021). Improving Mathematics Cognitive Learning Outcomes Through the
Application of Bandicam Video to Class X Senior High School Students in
Kampar Regency. Journal of Educational Sciences, 5(4), 665–677.