PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ONLINE DI POLITEKNIK NEGERI MADIUN

Authors

  • Mukti Prasaja Politeknik Negeri Madiun
  • Sugiharto Sugiharto Politeknik Negeri Madiun
  • Yopie Diondy Kurniawan Politeknik Negeri Madiun
  • Mochamat Bayu Aji Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.30737/janka.v1i2.3256

Abstract

Proses pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan karena ketercapaian tujuan pembelajaran berawal dari proses pembelajaran yang baik, runtut dan jelas. Lingkup didalam proses pembelajaran meliputi yang mengajar, media pembelajaran, kurikulum dan yang belajar. Bentuk dari media pembelajaran sangatlah beranekaragam mulai dari modul pembelajaran, buku pedoman, dan audio visual. Matematika Bisnis merupakan salah satu mata kuliah dasar dan wajib. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan beberapa mahasiswa masih kurang memahami dalam perhitungan. Merespon permasalahan tersebut dibuatlah video pembelajaran untuk mata kuliah matematika bisnis sebagai salah satu upaya dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Pelaksanaan kegiatan dalam pembuatan video pembelajaran terbagi menjadi tiga yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian, mahasiswa terbantu dalam menambah referensi pembelajaran khususnya untuk mata kuliah matematika bisnis, selain itu bagi dosen bias digunakan media pembelajaran apabila ada tugas dari pimpinan sehingga tidak bias mengajar langsung di kelas. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya video pembelajaran ini semakin mempermudah dalam proses belajar mengajar yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Author Biographies

Mukti Prasaja, Politeknik Negeri Madiun

Akuntansi

Sugiharto Sugiharto, Politeknik Negeri Madiun

Akuntansi Perpajakan

Yopie Diondy Kurniawan, Politeknik Negeri Madiun

Akuntansi Perpajakan

Mochamat Bayu Aji, Politeknik Negeri Madiun

Teknik Informatika

References

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156.

https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Hanifah, U. (2014). PENTINGNYA BUKU AJAR YANG BERKUALITAS DALAM

MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 3(1).

Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis

Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan Dan

Informasi, vol.4(2), 34–44.

http://blog.ub.ac.id/agniemahar/files/2013/12/Pustaha-Vol_-4-No_-2-Des_-

pdf#page=4

Purba Asmara, A., Dwi Ananto, A., & Riyanto, N. (2017). Pengembangan Media Audio

Visual Tentang Praktikum Reaksi Oksidasi Reduksi Dan Elektrokimia Sebagai

Media Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa Sma/ Ma Kelas Xii Semester 1.

Lantanida Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1406

Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., &

Pratiwi, R. D. (2016). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia

Studio 7. Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, Dan Inovasi

Pembelajarannya, 946–952.

Sidebang, R., Napitupulu, R., & Simaremare, H. (2021). Daring Pendidikan Pembelajaran

Tematik Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( Pgsd ) Di Universitas Hkbp

Nommensen Pematangsiantar. Proseding Seminar Nasioal, 1(1), 1–7.

https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/3

Sinarwati, N. K. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya

Parisudha untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan

Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 46(3), 229–237.

Sudjana, N., & Rivai. (1997). Media Pengajaran. Sinar Baru.

Vioshka, Y. (2021). Improving Mathematics Cognitive Learning Outcomes Through the

Application of Bandicam Video to Class X Senior High School Students in

Kampar Regency. Journal of Educational Sciences, 5(4), 665–677.

https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.5.4.p.665-677

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles