PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN BAKAR ALTERNATIF DARI LIMBAH PERTANIAN

Authors

  • Andri Dwi Cahyono Universitas Kadiri
  • Imam Mustofa
  • Rendy Kurnia Dewanta Universitas Kadiri
  • Dita Riyanto Putro Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/janka.v2i1.4369

Abstract

Efektivitas merupakan suatu tujuan dalam setiap kegiatan bisnis, suatu kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir limbah produksi. Memanfaatkan limbah tongkol jagung menjadi bahan bakar merupakan salah satu tujuan efektivitas dalam bisnis pertanian khususnya komoditas jagung. Tahapan pembuatan briket sebagai bahan bakar alternatif adalah sebagai berikut: tongkol jagung dikarbonasi dengan menggunakan tungku pengarangan. Selanjutnya, briket direkatkan pada tongkol jagung yang sudah terkarbonasi dan dicetak dalam bentuk silinder atau cetakan tersendiri. Sebagai tahap finalisasi, dilakukan aktivasi kimiawi dengan menambahkan larutan natrium hidroksida. Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari peserta. Peserta mendapatkan ilmu dan ketrampilan yang dapat memberdayakan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sengkut, Kabupaten Nganjuk.

Author Biography

Andri Dwi Cahyono, Universitas Kadiri

Fakultas Teknik

References

Amin, A., Sitorus, S., & Yusuf, B. (2016). PEMANFAATAN LIMBAH TONGKOL JAGUNG (Zea mays L.) SEBAGAI ARANG AKTIF DALAM MENURUNKAN KADAR AMONIA, NITRIT DAN NITRAT PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN TEKNIK CELUP. Jurnal Kimia Mulawarman, 13.

Chandra Pramana, A., Nur Rahmadi, A., Ruhamak, D., Listiyaningrum, in, Amara Alif Sitoresmi, F., & Wahyu Prihardina, O. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN PERANGKAT DESA DALAM TATA KELOLA KEARSIPAN DI DESA SENGKUT KABUPATEN NGANJUK.

Pramesti, Y. S., Kristanto, B., Pratama, H., Com, [ Yasintasindy@gmail, Program, ], Mesin, S. T., Nusantara, U., & Kediri, P. (2021). Seminar Nasional & Call Paper Fakultas Sains dan Teknologi (SENASAINS 1 st (Vol. 1, Issue 1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-02-22

Issue

Section

Articles