Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v4i1.1464Keywords:
brand trust, brand image, kualitas pelayanan dan kepuasan pelangganAbstract
Tujuan penelitian ini memahami kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa pengiriman J&T Express Cabang Surakarta. Jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasinya tidak terhingga dan sampel 100 responden. Penelitian ini dengan SPSS 15 dengan analisis data, meliputi uji koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik,uji analisis linear berganda dan,uji hipotesis. Penelitian menunjukan hasil brand trust,brand image,dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan J&T Express Cabang Surakarta cara simultan berpengaruh positif signifikan dan brand trust terhadap kepuasan pelanggan cara parsial berpengaruh positif signifikan, brand image terhadap kepuasan.pelanggan cara parsial tidak berpengaruh signifikan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan.pelanggan J&T Express Cabang Surakarta cara parsial berpengaruh positif signifikan.References
Al-Thaff, Elmas Rahmaniah, dan Aniek Wahyuati. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Di Pandan.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.Vol.7, No. 7.
Almadea, Rury. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Nasabah (StudiPada Nasabah Produk Penghimpunan Dan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru).†Jom FISIP. Vol. 4, No. 2.
Gunardi, Charlie Giovani dan Rezi Erdiansyah. 2019. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku.†Prologia. Vol. 3, No. 2, pp. 456–63.
Hafizha, Salma, Abdurrahman dan Hanifa Sri Nuryani. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Kasus Pada Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar).†Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol. 2, No. 1.
Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2013. Marketing Managemet. New Jersey: Pearson Education.
Panjaitan, Januar Efendi dan Ai Lili Yuliati. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung.†DeReMa Jurnal Manajemen. Vol. 11, No. 2.
Rafidah dan Mila Dewi Lasika. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi.†Iltizam Journal Of Shariah Economic Research. Vol. 3, No. 22.
Rahmawati, Selvi, Asep M. Ramdan, Kokom Komariah. n.d. “Determinasi Emosional Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Skin Care Clinic.†E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. pp. 475–492.
Rizan. 2019. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Tangguh, Ghalih Galang, Edriana Pangestuti dan Inggang Perwangasa Nuralam. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GO-RIDE.†Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 61, No. 2.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia.
Tjiptono, F. 2015. Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua. Malang: Banyumedia Publishing.
Usvela, Efit, Nurul Qomariah dan Yohanes Gunawan. 2019. “Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife.†Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Vol. 5, No. 2, pp.300–312.
Windari, H. Cece, Rakhmat dan H. Ari Arisman. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya.†Jurnal Hexagro. Vol.4, No.1, pp. 7–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.