HUBUNGAN ANTARA ANTARA POLA ASUH DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK PRASEKOLAH USI 3-5

Authors

  • Galuh Pradian Yanuaringsih., SST., S.Pd., M.Kes (ID Scopus 57221737125) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri
  • siti aminah Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v3i2.4286

Abstract

Pada anak usia prasekolah mengalami perkembangan motorik yang pesat termasuk perkembangan motorik kasar. Pola asuh dan Status gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik kasar pada anak. Perkembangan motorik kasar akan berlangsung baik pada anak prasekolah yang mendapat pola asuh dan status gizi yang sesuai dengan kebutuhan anak pada usia tersebut. Untuk itu perlu Mengetahui Hubungan Antara Pola Asuh Dan Status Gizi Pada Anak Prasekolah Usia 3-5. Desain penelitian analitik dengan pendekatan expost fact. Variabel independen adalah pola asuh dan status gizi dan variabel dependen adalah perkembangan motorik kasar pada anak prasekolah usia 3-5 tahun. Populasi penelitian seluruh ibu yang mempunyai anak pra sekolah yang berusia 3-5 tahun . Teknik sampling yang digunakan adalah metode Simple Random Sampling dengan sampel sejumlah 53 orang. Instrumen penelitian menggunakan Antropometri berat badan / umur dengan timbangan dan  kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistic correlation coefficient dan Spearman Rank (Rho). Hasil penelitian dengan uji koefisien kontingensi diperoleh hasil Ï value 0,009 dengan tingkat signifikan 0,05. Artinya 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima Artinya ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan motorik kasar pada anak prasekolah usia 3-5 tahun dan uji statistik dengan menggunakan uji spearman’s Rank (Rho) di peroleh nilai Ï = 0,000 dengan (α=0,05) dapat dikatakan Ï < α HO di tolak dan H1 di terima. Artinya ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik kasar pada anak prasekolah usia 3-5 tahun diposyandu desa sebalor kecamatan bandung kabupaten tulungagung tahun 2022. Diharapkan dapat meningkatkan asuhan dan perawatan terhadap anak prasekolah tentang pola asuh dan status gizi yang baik dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar, sehingga anak dapat mencapai perkembangan motorik kasar yang optimal sesuai usianya.

 

   Kata Kunci: Pola Asuh, Status Gizi, Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah

Author Biography

Galuh Pradian Yanuaringsih., SST., S.Pd., M.Kes (ID Scopus 57221737125), Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri

Prodi Kebidanan

References

Achmad, Choirunnisa, Dera. (2013). Hubungan Antara Status Gizi Denga Perkembangan Motorik Kasar Anak Balita Di Rsud Tugurejo Semarang Tahun 2013, http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=44 diakses pada tanggal 20-01-2016

Almatsier, S. 2005. Penuntun Diet, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ating Somantri Dan Sambas Ali Muhidin (2007), Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Ayuningsih, Diah. (2010). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Larasati.

Departemen Kesehatan RI. 2006. Buku Kader Posyandu: Dalam Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. Jakarta: Depkes RI.

Departemen Kesehatan RI. 2007. Peta Kesehatan Indonesia 2007.

Jakarta: Depkes RI.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdi Karya

Djamarah, S. B. (2010). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga.

Jakarta: PT Renika Cipta

Endah. 2008. Aspek Perkembangan Motorik Dan Keterhubungannya Dengan Aspek Fisik Dan Intelektual Anak. Http;//Parentingislami.Wordpress.Com/2008/03/01/Aspek-Perkembangan-Motorik-Dan-Keterhubungannya-Dengan-Aspek-Fisik-Inteleektual-Anak/Diakses Pada Tanggal 25-02-2016

Hidayat, A.A. (2009). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Salemba Medika

Hurlock , E. (2007). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan : Erlangga

Mary E. Beck 2011. Ilmu Gizi Dan Diet. Yogyakarta : Andi Ofiset

Nasriyah,et.al.(2007). Hubungan Status Gizi Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Glagahwaru Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.

Nursalam (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan Ed. 2. Jakarta : Salemba Medika

Nurun Aryati Khasanah 2014. Hubungan Sikap Ibu Dengan Kesulitan Makan Dengan Status Gizi Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Desa Wonosari Ngoro Mojokerto http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=44 diakses pada tanggal 22-01-2016

Santrock, J. W. (2007). Remaja Jilid I. Jakarta:Erlangga

Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Rineka Jakarta: Rineka Cipta

Soekirman. 2009. Ilmu Gizi Dan Aplikasinya. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

Soetjiningsih. (2010). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supariasa, 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Wahyuningsih , Heni Puji Dkk, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Kebidanan . Yogyakarta: Fitramaya

Widjaya M. C. 2002. Mengatasi Diare dan Keracunan pada Balita. Jakarta: Kawan Pustaka.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-02-15

How to Cite

Yanuaringsih., SST., S.Pd., M.Kes (ID Scopus 57221737125), G. P., & aminah, siti. (2023). HUBUNGAN ANTARA ANTARA POLA ASUH DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK PRASEKOLAH USI 3-5. Jurnal Bidan Pintar, 3(2). https://doi.org/10.30737/jubitar.v3i2.4286