HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 1-2 TAHUN

Authors

  • Sutrisni Sutrisni
  • Hindun Mardiana
  • masadi masadi

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5148

Abstract

Pola asuh pemenuhan nutrisi adalah praktek dirumah tangga yang diwujudkan dengan tersedianya pangan dan perawatan kesehatan serta sumber lainnya untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan anak. Pola asuh pemenuhan nutrisi yang tidak baik dapat menyebabkan anak menjadi kurang gizi. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara pola asuh gizi dengan status gizi balita usia 1-2 tahun di Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Metode dalam penelitian ini adalah korelasi dilakukan secara cross sectional, populasinya ibu dan balita usia 1-2 tahun, sampelnya 95 responden, dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Instrumen dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi, analisa data dilakukan dengan uji korelasi spearman dengan tingkat kemaknaan yang digunakan 0,05.

Berdasarkan hasil uji statistik d ada Hubungan Antara Pola Asuh Gizi Dengan Status Gizi Balita Usia 1-2 Tahun di Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul kabupaten Kediri. Kekuatan korelasi dinyatakan oleh  cukup dengan arah hubungan positif (+) artinya semakin tinggi pola asuh gizi maka semakin baik status gizi balita usia 1-2 tahun.

Ada hubungan antara pola asuh gizi dengan status gizi balita usia1-2 tahun di Desa Padangan Kecamatan Kayen kidul Kabupaten Kediri. Diharapkan masyarakat khususnya responden untuk menggali informasi tentang pola asuh gizi yang benar sehingga akan meningkatkan status gizi balitanya.

 

Kata kunci: Pola asuh gizi, status gizi balita.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-21

How to Cite

Sutrisni, S., Mardiana, H., & masadi, masadi. (2023). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 1-2 TAHUN . Jurnal Bidan Pintar, 4(2). https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5148