PENGARUH TEKNIK DEEP BACK MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA IBU BERSALIN KALA I FASE AKTIF

Authors

  • Ihrom Fatma Saputri Universitas Kadiri
  • Raffiky Sustamy Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5160

Abstract

Nyeri persalinan dapat berkurang dengan beberapa cara baik farmakologi dan non farmakologi. Pada non farmakologi dengan teknik teknik deep back massage juga salah satu teknik massage nyeri persalinan. Hasil survey ditemukan masih tingginya kejadian nyeri berat pada ibu bersalin kala I fase aktif di RS.Aura Syifa Kediri. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Teknik Deep Back Massage Untuk Mengatasi Nyeri Pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif.

Rancangan penelitian ini kuantitatif, analitik komparasi dengan pretest – posttest design (pre experimental design). Populasinya seluruh ibu bersalin kala I fase aktif di RS.Aura Syifa Kediri sejumlah 16 responden menggunakan teknik sampling accidental.

Hasil penelitian menunjukkan sesudah dilakukan teknik Deep Back Massage dapat disimpulkan ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan.

Berdasarkan hasil penelitian, teknik Deep Back Massage lebih efektif dalam menurunkan intensitas nyeri ibu bersalin kala I fase aktif.

 

Kata kunci : Teknik Deep Back Massage, intensitas nyeri kala I fase aktif, Ibu Bersalin

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-21

How to Cite

Saputri, I. F., & Sustamy, R. (2023). PENGARUH TEKNIK DEEP BACK MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA IBU BERSALIN KALA I FASE AKTIF . Jurnal Bidan Pintar, 4(2). https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5160