PENGARUH PENYULUHAN TENTANG DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM DENGAN KEIKUTSERTAAN PASANGAN USIA SUBUR MELAKUKAN IVA

Authors

  • Halimatus Saidah universitas kadiri
  • Gilang Dewanti
  • Adisty Dwipayanti
  • Eva Dianingtyas Ariyani
  • Sudirman Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5252

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh adanya masalah tentang masih tingginya kejadian kanker leher Rahim akan tetapi kesadaran masyarakat melakukan deteksi dini kanker leher Rahim masih sangat rendah.Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher rahim terhadap keikutsertaan PUS melakukan pemeriksaan IVA di Kelurahan Semampir Wilayah Kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri Tahun 2023

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Preeksperime  dengan desain penelitian One Group Pre Test Post Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua PUS di Kelurahan Semampir Wilayah Kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri Tahun 2023. Teknik sampling penelitian ini adalah Quota Sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher rahim pada PUS sebagai variabel bebas (X) sedangkan keikutsertaan PUS melakukan pemeriksaan IVA sebelum (Y1) dan sesudah (Y2) diberi penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher rahim sebagai variabel tergantung. Instrumen yang digunakan adalah daftarhadir. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat dengan Uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruh PUS tidak ikut serta dalam melakukan pemeriksaan IVA sebelum diberi penyuluhan yaitu 80%, sebagian besar PUS ikut serta dalam melakukan pemeriksaan IVA yaitu 66,7%. Hasil analisis dengan uji Wilcoxon didapatkan sehingga H0 ditolakdan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher Rahim terhadap keikut sertaan PUS dalammelakukanpemeriksaan IVA.

Oleh karena itu tenaga kesehatan diharapkan untuk meningkatkan penyuluhan tentang detesi dini kanker leher rahim agar mengubah masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan organ reproduksinya.

Kata Kunci:  Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, IVA.

 

 

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-21

How to Cite

Saidah, H., Dewanti, G., Dwipayanti, A., Dianingtyas Ariyani, E., & Sudirman, S. (2023). PENGARUH PENYULUHAN TENTANG DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM DENGAN KEIKUTSERTAAN PASANGAN USIA SUBUR MELAKUKAN IVA . Jurnal Bidan Pintar, 4(2). https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5252