HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK PRA SEKOLAH DESA SEBALOR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.30737/jubitar.v1i1.489Abstrak
Pola asuh dan Status gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik kasar pada anak. Perkembangan motorik kasar akan berlangsung baik pada anak prasekolah yang mendapat pola asuh dan status gizi yang sesuai dengan kebutuhan anak pada usia tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Hubungan Antara Pola Asuh Dan Status Gizi Pada Anak Prasekolah Usia 3-5 tahun.  Desain penelitian analitik korelasi.  Populasi penelitian seluruh ibu yang mempunyai anak pra sekolah yang berusia 3-5 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah  Simple Random Sampling dengan sampel sejumlah 53 responden. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistic correlation coefficient dan Spearman Rank (Rho). Hasil penelitian pola asuh dengan perkemban morotik kasar didapatkan hasil (0,004 < 0,05).. Artinya ada hubungan antara Pola Asuh dan Status Gizi dengan perkemban motorik didapatkan hasil (0,000 < 0,05) . Artinya ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik kasar pada anak prasekolah usia 3-5 tahun. Diharapkan orang tua memperhatikan pola asuh dan status gizi yang baik pada  anak prasekolah sehingga dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar, sehingga anak dapat mencapai perkembangan motorik kasar yang optimal.
Referensi
Ayuningsih, Diah. (2010). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Larasati.
Departemen Kesehatan RI. 2007. Peta Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta: Depkes RI.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdi Karya
Djamarah, S. B. (2010). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT Renika Cipta
Nursalam (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan Ed. 2. Jakarta : Salemba Medika
Soekirman. 2009. Ilmu Gizi Dan Aplikasinya. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional