PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT NYERI PADA IBU NIFAS POST OPERASI SECTIO CAESAREA (SC)

Authors

  • Anis Sukowati Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Bram Mustiko Utomo Universitas Kadiri
  • Barirah Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Fistakul Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Siswi Wulandari Program Studi Sarjana Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v4i2.4521

Abstract

Penyebab utama anemia kurang besi tampaknya adalah karena konsumsi zat besi yang tidak cukup dan absorbsi zat besi yang rendah dari pola makanan, memberikan tablet besi 60 mg/hari dan dilakukan penyuluhan gizi ibu hamil dan menyusui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsumsi gizi seimbang dan usia dengan kejadian anemia gravidarum pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Kertosono Tahun 2022.

Metode yang digunakan analitik korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh ibu hamil trimester III sebanyak 49 ibu hamil, dengan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Hb meter sahli dan angket yang berupa cheklist. Untuk mencari ada tidaknya hubungan antara konsumsi gizi seimbang dan usia dengan kejadian anemia pada ibu hamil (tribulan I dan tribulan III) menggunakan uji kolerasi Spearman Rank (Rho).

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang kuat dengan arah hubungan positif (+) antara konsumsi gizi seimbang dengan kejadian anemia gravidarum pada ibu hamil trimester III dan ada hubungan yang kuat dengan arah hubungan positif (+) antara usia dengan kejadian anemia gravidarum pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Kertosono Tahun 2022.  Responden diharapkan dapat memahami tentang Anemia serta berupaya untuk meningkatkan kesehatan selama hamil untuk menunjang terjaminya kesehatan ibu terutama kesehatan bayi.

References

Andarmoyo,(2017). Konsep dan keperawatan nyeri.ar-ruzz media. Yogyakarta. Ashriady.(2022). Aplikasi terapi komplementer di kebidanan. Media sains Indonesia.Bandung.

Bahrudin,(2017). Patofisiologi nyeri.vol.13 no. 1.juni. jurnal ilmu kesehatan dan kedokteran keluarga.

Betik ,(2020).pengaruh music terhadap nyeri. Vol 16, No.2, Oktober, Jurnal Ilmiah Keperawatan

Dayat, (2018). Terpi music.suryana dayat independent, Bali.

Eka, (2020).Pijat Refleksi dan Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea,vol. 1 no 22. Oktober. Journal of holistic and health secienas.

Irfan, 2019. menjalani kehamilan dan persalinan yang sehat. PT gran media utama. Jakarta.

Judha, (2022). pengaruh music terhadap nyeri post sectio secarea.vol. 2 no 4, Jurnal kesehatan.

Kapitan (2021). Keperawatan pada ibu intranatal.media sains Indonesia, bandung.

Kevin A.P, dkk ,(2016). Pengaruh music terhadap nyeri. Vol. 2, No. 2 September. Journal of Holistics and Health Sciences.

Lanto, i.a, (2021), engaruh kegel exercise terhadap intensitas nyeri perenium pada ibu post partum di puskesmas puwatuk kendari. volume 1 no 2. Jurnal Indonesia sehat : health Indonesia jurnal.

Wulandari, Siswi. (2022). Konseling Mobilisasi Post Sectio Caesarea. CV. Pena Persada Utama. Purwokerto.

Wulandari, S., Utomo, B. M., Laili, F., Novita, K., & Sucma, R. (2023). ANALISA FAKTOR PSIKOSOSIAL IBU DENGAN KEJADIAN POST PARTUM BLUES. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 14(1), 148-153

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-03-30

How to Cite

Sukowati, A., Utomo, B. M., Barirah, Fistakul, & Wulandari, S. (2023). PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT NYERI PADA IBU NIFAS POST OPERASI SECTIO CAESAREA (SC) . Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 4(2), 172–176. https://doi.org/10.30737/jumakes.v4i2.4521

Issue

Section

Articles