Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Seks Bebas Pada Remaja Di SMAN 1 Sukomoro Tahun 2023

Authors

  • Sevia Indriani Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Anis Nikmatul Nikmah Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Betanuari Sabda Nirwana Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Weni Tri Purnani Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5187

Abstract

Pengetahuan seks bebas sangatlah penting untuk remaja dalam meminimalisir resiko remaja melakukan hubungan seks pra nikah. Namun, berdasarkan hasil survey pendahuluan pengetahuan seks bebas pada siswa di SMAN 1 Sukomoro Tahun 2023 dari hasil wawancara dengan 15 siswa didapatkan 10 (67%) siswa memiliki pengetahuan kurang mengenai bahaya seks bebas. salah satu solusi untuk menambah pengetahuan siswa tentang bahaya seks bebas dengan memberikan penyuluhan melalui media audiovisual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan pada remaja tentang bahaya seks bebas. penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen dengan rancangan penelitian one grup pretest posttest.

Populasi penelitian ini sebanyak 306 siswa dan jumlah sampel 73 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini pengaruh penyuluhan bahaya seks bebas dengan menggunakan media audiovisual, sedangkan variabel dependennya pengetahuan tentang bahaya seks bebas pada remaja sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang bahaya seks bebas. hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sesudah diberikan penyuluhan tentang bahaya seks bebas Sebagian besar responden (95,9%) memiliki tingkat pengetahuan baik. Penelitian ini menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95% (a = 0,05) didapatkan p-value = 0,000. Hasil tersebut lebih kecil dari nilai a = 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga, dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh penyuluhan seks bebas menggunakan media audio visual. Saran untuk peneliti selanjutnya meneliti dengan metode lain yang terbaru.

References

Chanif K dan Iis D, (2021). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Seks Bebas Remaja. Kesehatan Masyarakat STIKES Surya Global Yogyakarta. Jurnal Delima Harapan.

Eko Hendri dkk, (2018). Efektifitas Penyuluhan Seks Bebas Menggunakan Video Dan Gambar Terhadap Pengetahuan Seks Bebas Pada Remaja. Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa

Isnaeni dan Shafirra N. (2022). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Akibat Seks Bebas Pada Remaja Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 28 Bekasi. Malahayati Nursing Journal.

Kusuma Rose, 2017. Mencegah Seks Bebas, Narkoba, & HIV/AIDS. Sleman: Ar- Ruzz Media.

Lisnawati, N. S. L. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di cirebon. Jurnal Care, 3(1), 1–8. http://www.mendeley.com/research/faktorfaktor-yang-berhubungan-denganperilaku-seksual-remaja-di-cirebon

Lusiana Gultom dkk, (2022). Penyuluhan Tentang Kespro Dan KTD Dengan Media Interaktif Pada Remaja Putri Di Sekolah Talitakum. Poltekkes Kemenkes Medan. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian.

Naedi. (2012). Gambaran tingkat pengetahuan seks bebas pada remaja kelas XI di sma negeri I cileungsi kabupaten bogor. In Naskah Publikasi. Universitas Indonesia.

Noor Mohamad, (2010). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satudelapan.

Nurhapipa, Alhidayati, G. A. (2017). Faktor -Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual. JOMIS (Journal Of Midwifery Science), 1(2), 54–65.

Saputriningrum, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual Terhadap Persepsi Remaja Tentang Seks Bebas Pada Siswa SMK. Program Study Keperawatan, 30, 1–12.

Saputri, Y. I., & Hidayani, H. (2016). Faktor - faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seks Pra Nikah Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(4), 52–62. https://doi.org/10.33221/jikm.v5i4.19

Saskia Sinta, (2015). Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Sulaiman Hamidah,. Dkk, (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja p engasuhan Anak Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya PT.

Suryadi Ahmad, (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Jilid II. Sukabumi: Jejak Publisher

Rosmawati. (2014/2015). Pengaruh layana informasi tentang pendidikan seks terhadap peningkatan seks sehat siswa XI IPS SMA 2 SIAKULU. Fakultas Keguruaan Universitas Riau.

Rosy Fdan Esti N, (2021). Pemanfaatan Penyuluhan Dengan Media Audiovisual, Untuk Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Infeksi Menular Seksual. Stikes Guna Bangsa, Depok. Jurnal Ilmu Kebidanan.

Telly K dan Yuliana, (2017). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Melalui Audio Visual Dengan Hasil Pengetahuan Setelah Penyuluhan Pada Remaja Sma Negeri 2 Pontianak Tahun 2017. Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak.

Warta dkk, (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Siswi SMA Negeri 5 Simeulue Barat Kabupaten Simeulue Tahun 2022. Universitas Muhammadiyah aceh. Journal of health and medical science.

Wawan A dan Dewi M. (2010). Teori dan pengukuran,Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

WHO, sexually transmitted infections (STIs)., https://www-who- int.translate.goog/news-room/fact-sheets/detail/sexually-transmitted- infections-(stis) Di rujuk pada 25 Mei 2023.

Yutifa, H., Dewi, A. P., & Misrawati. (2015). Hubungan paparan Pornografi Melalui Elektronik Terhadap Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, 2(2), 1141–1148

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-10-31

How to Cite

Indriani, S., Nikmatul Nikmah, A., Nirwana, B. S., & Purnani, W. T. (2023). Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Seks Bebas Pada Remaja Di SMAN 1 Sukomoro Tahun 2023. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5187

Issue

Section

Articles