PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN MEMANDIKAN BAYI PADA IBU PRIMIGRAVIDA TERHADAP PENGETAHUAN MEMANDIKAN BAYI USIA 0-7 HARI

Penulis

  • Kicki Nurul Waqit Dea Universitas Kadiri
  • Halimatus Saidah Universitas Kadiri
  • Siswi Wuladari Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1078

Kata Kunci:

Primigravida, Pendidikan memandikan bayi, pengetahuan memandikan bayi

Abstrak

Memandikan bayi dengan benar merupakan suatu pengetahuan  yang harus dimiliki seorang ibu dalam merawat bayi. Permasalahan di masyarakat banyak ibu hamil khususnya primigravida“belum“mengetahui cara memandikan bayi yang benar. Solusi untuk meningkatkan pengetahuan memandikan bayi adalah diberi pendidikan tentang memandikan bayi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan  memandikan bayi pada ibu primigravida terhadap pengetahuan memandikan bayi usia 0-7 hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-eksperiment dengan dengan menggunkan model One Group PretestPostets Desain. Teknik Pengambilan Sampel yaitu total sampling dengan jumlah 17 sampel. Pengolahan data menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan dengan taraf signifikasi (α)0,05. Hasil penelitian menunjukan sebelum diberika  Pendidikan 29,4 % memiliki pengetahuan baik, 47,1% memiliki pengetahuan cukup dan 23,5% memiliki pengetahuan kurang. Setelah diberikan pendidikan menunjukan 88,2 % memiliki pengetahuan baik, 0% memiliki pengetahuan cukup dan 11,8% memiliki pengetahuan kurang. Hasil uji Wilcoxon signed rank didapatkan Ï = 0,003< 0,05 berarti  berarti ada pengaruh  pendidikan  tentang memandikan bayi terhadap pengetahuan pada ibu primigravida. Semakin baik pengetahuan ibu dalam memandikan bayi maka akan memunculkan kesadaran ibu untuk memandikan bayi dengan“benar. Diharapkan tenaga kesehatan memberikan pendidikan tentang memandikan bayi pada ibu primigravida untuk meningkatkan pengetahuan baik pada kelas ibu hamil maupun pada kegiatan yang lain. 

 

Kata Kunci:  Primigravida, Pendidikan memandikan bayi, pengetahuan memandikan bayi

Biografi Penulis

Halimatus Saidah, Universitas Kadiri

Kebidanan D.IV

Siswi Wuladari, Universitas Kadiri

Kebidanan

Referensi

Alawiyah, dan A. (2018) ‘Related factors with the way of mother babies in the working area of technical implemementation unit of the services, public health center bantarkalong sub district tasikmalaya district in 2017’, Jurnal bidang ilmu kesehatan, 11(1), pp. 728–735.

Aprillia (2016) Hipnostetri: Rileks, Nyaman, dan Aman Saat Hamil. jakarta: Trans Media.

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI., Rineka Cipta.

Azwar, S. (2013) ‘Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya’, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Best et al. (2019) ‘The sexual health and wellbeing of vulnerable groups in Scotland ’:, International Journal of Environmental Research and Public Health, 9(May), pp. 14–18.

Bobak, D. (2005) Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: Egc.

Bobak, L. (2015) Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: Egc.

Cahyono, Y. N. U. R. (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Memandikan Bayi Pada Ibu Hamil Di Desa Wirogunan Kecamatan Kartosuro. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Danis, M. (2013) Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Jakarta: EGC.

Dewi, vivian nanny lia (2010) Asuhan neonatus bayi dan anak balita, Asuhan neonatus bayi dan anak balita.

Dian, A. (2014) Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Bayi dan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Elizabeth B, H. (2015) Psikologi Perkembangan . Jakarta: Erlangga.

Friedman, dkk (2014) Buku Ajar Keperawatan Keluarga . Jakarta: EGC.

Hidayah, et all (2015) ‘Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Nifas Primipara Tentang Memandikan Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Lulut Banjarmasin’, Jurnal Dinamika Kesehatan, 6(2), pp. 41–53.

Impartina (2016) ‘Pendahuluan Asuhan masa nifas penting diberikan pada ibu dan bayi . Demikian halnya dengan masa neontus juga merupakan masa krisis dari kehidupan Kompetensi merupakan landasan dasar karakteristik orang dan berpikir , menyamakan situasi , dan lama . Memand’, Rakernas Aipkema 2016, pp. 30–33.

Lestaluhu, V., Indrawan, I. W. A. and Andarini, S. (2018) ‘Peningkatan Keterampilan Primigravida Dalam Merawat Bayi Dengan Penerapan Kombinasi Metode Buzz Group Dan Modelling’, Journal Nursing Care and Biomolecular, 3(1), p. 27.

Lucie, S. (2005) Teknik Penyuluhan dan Pemberdaya Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lukmawati, D. (2017) ‘Pengaruh penyuluhan memandikan bayi terhadap cara ibu dalam memandikan bayinya di desa sumberejo kecamatan gampengrejo kabupaten kediri’, Juke, 1(2), pp. 64–70.

Ma’rufah (2019) Konseling Memandikan Bayi Terhadap Keterampilan Memandikan Bayi Usia 0-1 Bulan. Stikes Surya Mitra Husada.

Maryunani, A. (2014) Ilmu Kesehatan Anak dalam Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.

Notoatmodjo, S. (2010) Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam (2013) Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam (2015) Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2, Salemba Medika.

Pepi Hapitria, R. P. (2017) ‘Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Multimedia dan Tatap Muka terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Asi dan Menyusui’, Jurnal Care, 5 no 2, pp. 156–167.

Prasetyono (2013) Buku Pintar Pijat Bayi. Yogyakarta: Buku Biru.

Priyono (2010) Merawat Bayi Tanpa Baby Sitter. Yogyakarta: Media Pressindo.

Rohmana dan Tat (2018) ‘Merawat Bayi Dengan Status Kesehatan Bayi Post Perawatan Nicu Di Rsud’, Chmk Nursing Scientific, 2(April), p. 10.

Rukiyah (2012) Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. jakarta: Trans Info Medika.

Siswanto, H. (2016) Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Sugiyanto, E. P. and Prasetyo, C. H. (2018) ‘Hubungan Tingkat Kemampuan Dalam Merawat Diri Dan Bayinya Dan Bayinya Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida Trimester Ke Tiga’, Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 1(2), p. 83.

Sugiyono (2018) Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Varney, H. (2010) Buku Ajar Asuhan Kebidanan Edisi 4. Jakarta: EGC.

Virgia, V. (2013) ‘Pengaruh Penyuluhan Memandikan Bayi Terhadap Cara Ibu Dalam Memandikan Bayi’, Jurnal Keperawatan & Kebidanan - Stikes Dian Husada Mojokerto, pp. 43–48.

Walsh, L. (2014) Buku Ajar Asuhan Komunitas. Jakarta: Jakarta.

PlumX Metrics

Diterbitkan

2020-10-31

Cara Mengutip

Waqit Dea, K. N., Saidah, H., & Wuladari, S. (2020). PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN MEMANDIKAN BAYI PADA IBU PRIMIGRAVIDA TERHADAP PENGETAHUAN MEMANDIKAN BAYI USIA 0-7 HARI. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1078

Terbitan

Bagian

Articles