Perbandingan Edukasi Stunting Antara Media Audiovisual Dengan Media Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Stunting Usia 6-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Dar ul Azhar Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5188Kata Kunci:
Audiovisual, Balita, Booklet, Pengetahuan, Sikap, StuntingAbstrak
Stunting merupakan kondisi dimana anak mengalami tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan antara media audiovisual dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap ibu balita stunting usia 6-24 bulan. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental, non equivalent control group design. Sampel 20 responden dibagi 2 kelompok 10 responden media audiovisual dan 10 responden media booklet. Teknik yang digunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian sebelum dilakukan edukasi menggunakan media audiovisual tingkat pengetahuan (80.0%) cukup. Sesudah dilakukan edukasi tingkat pengetahuan (60.0%) baik. Sebelum dilakukan edukasi tingkat sikap (80.0%) negatif. Sesudah dilakukan edukasi tingkat sikap (80.0%) positif. Sebelum dilakukan edukasi menggunakan media booklet tingkat pengetahuan (80.0%) kurang. Sesudah dilakukan edukasi tingkat pengetahuan (50.0%) cukup. Sebelum dilakukan edukasi tingkat sikap (90.0%) negatif. Sesudah dilakukan edukasi tingkat sikap (70.0%) positif. Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney, didapatkan pengetahuan nilai p value 0,120 (>0,05) dan sikap didapatkan nilai p value 0,513 (>0,05) yang artinya tidak ada perbedaan antara media audiovisual dengan media booklet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan antara media audiovisual dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap. Disarankan kepada ibu balita untuk menerapkan pemberian gizi yang baik pada balita agar mencegah terjadinya stunting.
Referensi
Amahorseja, A. R., Suryanegara, W., & UtamaWija, I. B. E. (2019). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Orang Tua Balita Terhadap Kejadian Stunting. Jurnal Ilmiah Widya, 6(1), 1–6.
Amanda, R. D. (2021). Hubungan pemberian MP-ASI dan tingkat pendidikan terhadap kejadian stunting pada balita: literature review. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(2), 407–412.
Ambarwati. (2018). Efektifitas edukasi dengan media audiovisual terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang. 936–943.
Ani, M., Muyassaroh, Y., & Anggraeni, D. D. (2022). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Booklet Ranting Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Praktik Ibu dalam Merawat Balita Stunting. 13(02), 191–199. http://www.jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/301
Ekayanthi, N. W. D., & Suryani, P. (2019). Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3), 312. https://doi.org/10.26630/jk.v10i3.1389
Juniah, Apriliawati, A., & Sulaiman, S. (2020). Media Booklet Dan Audiovisual Efektif Terhadap Pengetahuan Orangtua Dengan Balita Stunting. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 60–65. https://doi.org/10.52657/jik.v9i2.1217
United Nations Children’s Fund (UNICEF). 2019. The State Of The World’s Children: Children Food And Nutrition. New York.