PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN TEHNIK KOLASE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK DEWI SARTIKA KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016

Penulis

  • Dessy Lutfiasari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri
  • Siti Aminah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri
  • Dinda Nur Choiriyah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v1i1.741

Abstrak

Salah satu aspek penting pada proses perkembangan anak prasekolah adalah perkembangan motorik karena merupakan kecerdasan dan emosi sosial. Terdapat faktor yang memengaruhi perkembangan motorik halus antara lain status gizi, riwayat kelahiran, pola asuh, stimulasi dan kesehatan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan tehnik kolase terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah di tk dewi sartika kecamatan mojoroto kota kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental, dengan teknik pengambilan sampel purposive. Uji statistic menggunakan  mann withney. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, hampir setengah 6 (42,6%) responden memiliki perkembangan motorik halus suspek sebelum perlakuan, dan sebagian besar responden 10 (71,4%) memiliki perkembangan motorik halus yang normal setelah dilakukan tehnik permainan kolase. Hasil dari uji mann withney menunjukkan nilai p value < α (0,025< 0,05), sehingga terdapat pengaruh pemberian permainan tehnik kolase terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah di tk dewi sartika kecamatan mojoroto kota kediri. Hasil penelitian ini diharapkan tehnik permainan kolase menjadi bagian pembelajaran, agar anak mendapatkan stimulus yang baik untuk melatih koordinasi geraknya.

Biografi Penulis

Dessy Lutfiasari, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Siti Aminah, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Dinda Nur Choiriyah, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri, Jl. Selomangleng no. 1 Kota Kediri

Referensi

Ambarwati. 2012. Asuhan Kebidanan Bayi Balita. Yogyakarta: Indeks

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Celicy. 2008. Buku Saku Keperawatan Anak. Jakarta: Indeks

Depkes, RI. 2008. Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh kembang Anak di Tingkat pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta, Depkes RI Direktorat Jenderal PPM & PLP.

Dewi, VNL. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: Salemba Medika

Irianto. 2014. Ilmu Kesehatan Anak. Banndung : Alfabeta

Kamaril. 2007. Permainan kolase. Didapat dari: http://www.wikipedia.org. Diakses: 8 Oktober 2016

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas

Kozier. 2010. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Mayeski, M. 2011. Aktivitas-aktivitas Seni Kreatif. Jakarta:Indeks

Norlaila. 2010. Askeb Bayi dan Balita. Jakarta: Indeks

Norlyta. 2010. Pelatihan DDST II

Noviyanti. 2016. Pengaruh Permainan Teknik Kolase Dengan Bahan Manik-Manik Terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Taman Siswa Tuban Jawa Timur Tahun 2016. Skripsi. Universitas Kadiri: Bidan Pendidik

Prabowo. 2008. Psikologi Bermain. Didapat dari: http://www.ebookbrowsee.net. Diakses: 8 Oktober 2016

Revina. 2010. Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini. Didapat dari: http://www.bidanku.com. Diakses: 10 Oktober 2016

Ridha. 2014. Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riyadi. 2014. Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rumini. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama

Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Soetjiningsih & Ranuh Gde. 2015. Tumbuh Kembang Anak, ed.2. Jakarta.Penerbit buku Kedokteran EGC

Sujiono. 2012. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks

Sulistyaningsih. 2010. Pertumbuhan Fisik dan Motorik Didapat dari: http://www.anakku.net. Diakses: 1 Oktober 2016

Sumantri. 2008. Perkembangan Motorik Halus dan Kasar. Jakarta : Universitas Terbuka

Suryanti. 2013, Implementasi Pendidikan Anaka. Yogyakarta: Gavamedia

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rostakarya

Syahlan. 2014. Kebidanan Komunitas. Jakarta: Yayasan Bina Sumber Daya Kesehatan

Tedjasaputra, M.S. 2010. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wong. 2011. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC

Yuliani dkk. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

PlumX Metrics

Diterbitkan

2020-03-14

Cara Mengutip

Lutfiasari, D., Aminah, S., & Choiriyah, D. N. (2020). PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN TEHNIK KOLASE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK DEWI SARTIKA KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 1(1), 61–68. https://doi.org/10.30737/jumakes.v1i1.741

Terbitan

Bagian

Articles