PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI

Authors

  • Imas Nurfauziah Nurfauziah Universitas Kadiri
  • Dessy Lutfiasari Universitas Kadiri
  • Siti aminah Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1235

Keywords:

Anemia, Pengetahuan, Remaja Putri

Abstract

Anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin lebih rendah dari normalnya. Anemia juga merupakan kondisi ketika terdapat defisiensi ukuran atau jumlah eritrosit dalam kandungan hemoglobin. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Ma’ruf pada 6 remaja putri diantaranya 4 mengalami anemia dan 2 tidak mengalami anemia, hasil survey menunjukkan kejadian anemia pada remaja putri di Pondok Al-Ma’ruf sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang anemia sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan pada remaja putri di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Kota Kediri Tahun 2020. Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan metode exspost facto. Teknik pengambilan sample besar sample yaitu 43 responden. Teknik pengolahan data menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan (α=0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar remaja mengalami peningkatan pengetahuan tentang anemia sesudah diberikan penyuluhan. Berdasarkan hasil analisa didapatkan Ï value : 0,000, artinya Ï>α 0.05 dan Z= -5,175 disimpulkan ada perbedaan  antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pencegahan anemia pada program UKS terhadap siswi di Pondok Pesantren Al Ma’ruf bekerja sama dengan institusi terkait, seperti Puskesmas untuk memberikan penyuluhan tentang anemia dan pemberian tablet Fe pada remaja putri.

 

Kata kunci: Anemia, Pengetahuan, Remaja Putri

References

Adriani. 2016. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arinda V. 2018. Dampak Jangka Panjang dan Jangka Pendek Anemia pada Remaja Putri. Hello Sehat Medical Review Team.

Arumsari. 2011. Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Remaja Putri. Jakarta: Alfabet

Cahyaningsih. 2011. Terjadinya Perubahan dari Masa Kanak-Kanak ke Masa Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol. 3 No. 1.

Depkes. 2018. Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. 2018. Prevelensi Anemia di Kabupaten Kediri di Siswa Kelas 7 SMPN Ngasem. Dinas Kesehatan Kediri.

Henderson. 2013. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika

Kemenkes RI. 2010. Ketentuan Umum penggunaan standar Antropometri WHO, 2005. Jakarta : Kemenkes RI.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nuraini. 2014. Akibat Terjadinya Anemia pada Remaja. Jakarta : Hikmah

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Riskesdas. 2018. Prevelensi anemia di Indonesia. Profil kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Rohim, A. 2016. Perbedaan Pengetahuan Anemia Pada Remaja Putri Setelah Diberi Pendidikan Dengan Metode Ceramah Tanpa Media Dan Ceramah Dengan Media Buku Cerita. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 7. No.3.

Siahaan, N.P. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Anemia pada Remaja Putri di Wilayah Kota Depok Tahun 2011. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Sumarni. 2016. Konsumsi Tablet Tambah Darah untuk Mencegah Kejadian

Downloads

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2020-10-31

How to Cite

Nurfauziah, I. N., Lutfiasari, D., & aminah, S. (2020). PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.30737/jumakes.v2i1.1235