IMPLIKASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DALAM REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN KEIMIGRASIAN PADA KANTOR IMIGRASI TANJUNG PERAK

Authors

  • Shovy Mutiara Hiqmah Herzegovina Immigration Office of Tanjung Perak Surabaya
  • Caesar Demas Edwinarta Immigration Office of Tanjung Perak Surabaya
  • Marliana Eka Fauzia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang, Malang

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3181

Abstract

Pembangunan Zona Integritas merupakan program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) yang dilaksanakan pada tingkatan Unit Pelaksana Tugas (UPT) dan Unit Kerja Eselon I bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja birokrasi pemerintahan. Artikel ini merupakan hasil analisis terhadap implikasi pembangunan zona integritas dalam upaya pelaksanaan reformasi birokrasi terutama dalam bidang pelayanan publik di Kantor Imigrasi Tanjung Perak. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang disertai dengan analisis menggunakan teori sistem mengenai konsep reformasi birokrasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kantor Imigrasi Tanjung Perak telah berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang merupakan predikat tertinggi dalam proses pembangunan zona integritas yang menghasilkan reformasi birokrasi dalam aspek pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Tanjung Perak. Analisis terhadap dinamika pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Tanjung Perak ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi instansi yang sedang berproses dalam upaya pembangunan zona integritas sehingga dapat menghasilkan reformasi birokrasi dalam bidang pelayanan publik.

 

Kata Kunci: Zona Integritas; Pelayanan Publik; Reformasi Birokrasi; Imigrasi.

Author Biography

Shovy Mutiara Hiqmah Herzegovina, Immigration Office of Tanjung Perak Surabaya

Immigration Analyst of Immigration Office of Tanjung Perak

References

Asropi. (2008). Budaya Inovasi Dan Reformasi. Jurnal Ilmu Administrasi.

Danim, S. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. CV Pustaka Setia.

Fukuyama, F. (2017). State Building: Governance and World Order in the 21st Century. Profile Books.

Hapsari, J. dkk. (2019). Implementasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Di BBWS Pemali Juana Semarang. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Publik.

Harrison, L. (2016). Metodologi Penelitian Politik. Kencana.

Hidayat, S. & N. (2017). Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Pemerintah Bagi Masyarakat Dalam Mengatasi Musibah. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area.

Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM Di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, (2020).

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, (2020).

Kinasih, W. S. & Sujianto. (2022). Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru. Publika Jurnal Ilmu Administrasi Publik.

Li, S. dkk. (2017). The Impact of State Tort Reforms on Imaging Utilization. Journal of the American College of Radiology.

Mas’oed, M. & C. M. (2021). Perbandingan Sistem Politik. Gadjah Mada University Press.

Munawaroh. (2013). Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Intimedia.

Muriany, T. & V. S. R. (2021). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Tanimbar Selatan. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik Dan Bisnis.

Ramzi, S. (2011). Reformasi Birokrasi. Jurnal Fisip Umrah.

Rohman, A. & W. T. H. (2019). Reformasi Birokrasi & Good Governance. Intrans Publishing.

Saebani, A. & B. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Thoha, M. (2000). Reformasi Birokrasi Publik Pasca Orde Baru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Varma. (2012). Modern Political Theory Of Critical Survey. Vikas Publishing House.

Wahyu, R. P. E. (2022). Wawancara Dengan Rangga Prihadi Eka Wahyu Pada 25 Juli 2022.

Yin, R. K. (2018). Studi Kasus: Desain Dan Metode. Rajawali Press.

Yusuf, S. Y. & M. (2020). Reformasi Birokrasi Dalam Peningkatan Kualitas Implementasi Reformasi Birokrasi. BPSDM KUMHAM.

Downloads

PlumX Metrics

Published

12-09-2022

How to Cite

Herzegovina, S. M. H., Edwinarta, C. D., & Fauzia, M. E. (2022). IMPLIKASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DALAM REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN KEIMIGRASIAN PADA KANTOR IMIGRASI TANJUNG PERAK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(2), 277–298. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3181