INOVASI PROGRAM PELAYANAN TANPA KONTAK FISIK (LAPAK ASIK) DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3288Abstract
Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya aktivitas manusia, mengakibatkan terhambatnya proses pelayanan publik. Dengan terus mengikuti perkembangan zaman, maka BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan program berbasis teknologi yakni Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) guna melakukan pelayanan yang optimal di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat atribut inovasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam melaksanakan program Lapak Asik ini dengan menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Rogers yang memiliki 5 indikator yakni Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, dan Kemudahan Diamati. Metode yang digunakan yaitu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat indikator yang ada maka program yang telah dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung memiliki seluruh atribut inovasi dengan berjalannya proses pelayanan yang kembali optimal di masa Pandemi Covid-19. Namun, penelitian ini juga menemukan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Lapak Asik di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung seperti kendala internal yakni server down, dan kendala eksternal berupa ketidaksiapan sarana peserta dalam menggunakan inovasi.
Kata Kunci: Inovasi; Pelayanan Publik Digital; LAPAK ASIK; BPJS Ketenagakerjaan.
References
Agostino, D., Arnaboldi, M., & Lema, M. D. (2020). New development: COVID-19 as an accelerator of digital transformation in public service delivery. Public Money and Management, 1–4. https://doi.org/10.1080/09540962.2020.1764206
Alim, M. N., Haning, M. T., & Syahribulan, S. (2020). Inovasi Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1–14. https://doi.org/10.31947/jakpp.v6i1.8558
BPJS Ketenagakerjaan. (2020). Lapak Asik. Bpjsketenagakerjaaan.Go.Id.
Chen, J., Walker, R. M., & Sawhney, M. (2019). Public Service Innovation : A Typology Public Service Innovation : A Typology. Public Management Review, 00(00), 1–22. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1645874
Dibra, M. (2015). Rogers Theory on Diffusion of Innovation - The Most Appropriate Theoretical Model in the Study of Factors Influencing the Integration of Sustainability in Tourism Businesses. Procedia, 195(Social and Behavioral Sciences), 1453–1462. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.443
Fayyadh, M. (2021). Inovasi Pelayanan E-Ktp Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19.
Fontana, A. (2011). Innovate We Can! Cipta Inovasi Sejahtera.
Gabryelczyk, R. (2020). Has COVID-19 Accelerated Digital Transformation? Initial Lessons Learned for Public Administrations. Information Systems Management, 37(4), 303–309. https://doi.org/10.1080/10580530.2020.1820633
Jarke, J. (2021). Co-creating Digital Public Services for an Ageing Society (Vol. 6). http://link.springer.com/10.1007/978-3-030-52873-7
Pebriani, V., & Rohman, A. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Gesit Aktif Merakyatnya Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Gampil) Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 122.
Polanunu, A. B. D., & Rijal, N. K. (2021). Menuju Good Governance: Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri Jawa Timur. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 1. https://doi.org/10.52423/neores.v3i1.18108
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations : Third Edition. In The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation (Third). A Division of Macmillan Publishing Co., Inc. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198845973.013.23
Susanto. (2010). 60 Management Gems.
Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 263–274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.