INOVASI PROGRAM PELAYANAN TANPA KONTAK FISIK (LAPAK ASIK) DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Chiesa Rizki Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung
  • Ani Agus Puspawati Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung
  • Dodi Faedlulloh Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampu

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3288

Abstract

Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya aktivitas manusia, mengakibatkan terhambatnya proses pelayanan publik. Dengan terus mengikuti perkembangan zaman, maka BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan program berbasis teknologi yakni Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) guna melakukan pelayanan yang optimal di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat atribut inovasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam melaksanakan program Lapak Asik ini dengan menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Rogers yang memiliki 5 indikator yakni Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, dan Kemudahan Diamati. Metode yang digunakan yaitu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat indikator yang ada maka program yang telah dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung memiliki seluruh atribut inovasi dengan berjalannya proses pelayanan yang kembali optimal di masa Pandemi Covid-19. Namun, penelitian ini juga menemukan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Lapak Asik di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung seperti kendala internal yakni server down, dan kendala eksternal berupa ketidaksiapan sarana peserta dalam menggunakan inovasi.

Kata Kunci: Inovasi; Pelayanan Publik Digital; LAPAK ASIK; BPJS Ketenagakerjaan.

Author Biography

Chiesa Rizki, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung

Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Agostino, D., Arnaboldi, M., & Lema, M. D. (2020). New development: COVID-19 as an accelerator of digital transformation in public service delivery. Public Money and Management, 1–4. https://doi.org/10.1080/09540962.2020.1764206

Alim, M. N., Haning, M. T., & Syahribulan, S. (2020). Inovasi Klaim Elektronik Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1–14. https://doi.org/10.31947/jakpp.v6i1.8558

BPJS Ketenagakerjaan. (2020). Lapak Asik. Bpjsketenagakerjaaan.Go.Id.

Chen, J., Walker, R. M., & Sawhney, M. (2019). Public Service Innovation : A Typology Public Service Innovation : A Typology. Public Management Review, 00(00), 1–22. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1645874

Dibra, M. (2015). Rogers Theory on Diffusion of Innovation - The Most Appropriate Theoretical Model in the Study of Factors Influencing the Integration of Sustainability in Tourism Businesses. Procedia, 195(Social and Behavioral Sciences), 1453–1462. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.443

Fayyadh, M. (2021). Inovasi Pelayanan E-Ktp Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19.

Fontana, A. (2011). Innovate We Can! Cipta Inovasi Sejahtera.

Gabryelczyk, R. (2020). Has COVID-19 Accelerated Digital Transformation? Initial Lessons Learned for Public Administrations. Information Systems Management, 37(4), 303–309. https://doi.org/10.1080/10580530.2020.1820633

Jarke, J. (2021). Co-creating Digital Public Services for an Ageing Society (Vol. 6). http://link.springer.com/10.1007/978-3-030-52873-7

Pebriani, V., & Rohman, A. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Gesit Aktif Merakyatnya Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Gampil) Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 122.

Polanunu, A. B. D., & Rijal, N. K. (2021). Menuju Good Governance: Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri Jawa Timur. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 1. https://doi.org/10.52423/neores.v3i1.18108

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations : Third Edition. In The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation (Third). A Division of Macmillan Publishing Co., Inc. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198845973.013.23

Susanto. (2010). 60 Management Gems.

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 263–274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488

Downloads

PlumX Metrics

Published

12-09-2022

How to Cite

Rizki, C., Puspawati, A. A., & Faedlulloh, D. (2022). INOVASI PROGRAM PELAYANAN TANPA KONTAK FISIK (LAPAK ASIK) DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(2), 333–352. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3288