QUALITY EDUCATION IN ACHIEVING THE SDGS IN INDONESIA

Authors

  • Ahmad Luthfi Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang
  • Wibisono Poespitohadi Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang
  • I Made Arie Widyasthana Wartana Putra Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang
  • Dinda Iga Mawarni Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6396

Keywords:

Pendidikan berkualitas, SDGs, kesenjangan pendidikan, pembangunan berkelanjutan, sistem pendidikan Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan hak dasar yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan pembangunan suatu bangsa. Di Indonesia, pendidikan berkualitas memainkan peran krusial dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-4 yang menekankan pendidikan inklusif dan setara. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, tantangan yang dihadapi, seperti ketimpangan akses antara daerah perkotaan dan pedesaan, rendahnya kualitas guru, serta keterbatasan infrastruktur, terus menghambat progres tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran pendidikan berkualitas dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan utama dan kebijakan yang dibutuhkan untuk mencapai pendidikan yang merata dan berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan pustaka, penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan berkualitas memiliki peran strategis tidak hanya dalam peningkatan kapasitas akademik, tetapi juga dalam pembentukan karakter, pengentasan kemiskinan, dan penguatan ketahanan sosial. Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi lintas sektor dan kebijakan yang berpihak pada inklusivitas dan pemerataan akses pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan komitmen yang kuat dan pendekatan yang terintegrasi, Indonesia memiliki potensi untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik, menghasilkan generasi yang terampil, kreatif, dan inovatif, serta siap menghadapi tantangan global serta berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan

References

Alifah, S. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN EDUCATION IN INDONESIA AND ABROAD: ADVANTAGES AND LACKS (Vol. 5, Issue 1).

Amanulloh, M. J. A., & Wasila, N. F. W. (2024). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 33–58. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-3

Anggraini, D., & Nugraheni, S. (2024). MENUJU PENDIDIKAN BERKELANJUTAN_ IMPLEMENTASI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGS) DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Ayuningtyas, I. (2021). KETIMPANGAN AKSES PENDIDIKAN DI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 117–129. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2128

Elfert, M. (2019). Lifelong learning in Sustainable Development Goal 4: What does it mean for UNESCO’s rights-based approach to adult learning and education? International Review of Education, 65(4), 537–556. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09788-z

Erviana, E. H., & Nugraheni, N. (2024). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DALAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1, 156–164.

Fadil, K., & Isna Alfaien, N. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEWUJUDKAN SUISTANABLE DEVELOPMENTS GOAL’S. In Attadib: Journal of Elementary Education (Vol. 7, Issue 2).

Gordon, S. R., & Mwavita, M. (2018). Evaluating the international dimension in an undergraduate curriculum by assessing students’ intercultural sensitivity. Studies in Educational Evaluation, 59, 76–83. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.03.005

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur.

Hera Ramadani, D., & Nugraheni, N. (2024). UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MENCAPAI TARGET SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 126–132.

Hidayat, A. (2017). Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan Sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Jurnal Justisi Hukum, 2.

Lederman, N. G., Zeidler, D. L., & Lederman, J. S. (2023). HANDBOOK OF RESEARCH ON SCIENCE EDUCATION Volume III.

Magfiroh, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Upaya Peningkatan Pendidikan berkualitas di Indonesia. https://doi.org/10.5281/zenodo.11127154

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Nurhuda, H. (2024). MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN NASIONAL; FAKTOR-FAKTOR DAN SOLUSI YANG DITAWARKAN NATIONAL EDUCATION PROBLEMS; FACTORS AND SOLUTIONS OFFERED.

Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional. In Jurnal Sinestesia (Vol. 12, Issue 2). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/277

Ramadhan, A. (2023). Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan | 161 Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sasmiharti, J. (2023). MANFAAT SOSIAL EKONOMI DARI PENDIDIKAN GRATIS DI MASYARAKAT. . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1.

Schwab, K. (2019). Insight Report. In World Economic Forum (Issue June).

Somani, P. (2023). Lifelong Learning and Professional Development.

Stevani, A. M., & Nugraheni, N. (2024). Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Optimalisasi Literasi Digital, 2(4), 216–222. https://doi.org/10.5281/zenodo.11158152

Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). "Transformasi Pendidikan Ekonomi Dalam Membangun Inovasi Model Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PROSPEK

Suteja, J. (2024). Pendidikan Berkualitas Untuk Mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2045. In Online) SENAKOMBIS (Vol. 1). https://eprosiding.embiss.com/index.php/senakombis/index

Triatmanto, B. (2021). MENGGAGAS PERCEPATAN PENCAPAIAN SUSTAINABILITY DEVELOPMENT GOAL’S (SDG’S) (dengan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia).

Zulyanto, A. (2022). Pendidikan Dan Pengentasan Kemiskinan Dalam Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). CONVERGENCE THE JOURNAL OF ECONOMIC DEVELEMPOMENT, . CONVERGENCE : THE JOURNAL OF ECONOMIC DEVELOPMENT, 4, 32–40.

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

QUALITY EDUCATION IN ACHIEVING THE SDGS IN INDONESIA. (2025). Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 9(1), 175-190. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6396

Similar Articles

1-10 of 117

You may also start an advanced similarity search for this article.