ANALISIS PROSES MUTASI PROMOSI JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN GOWA

Authors

  • Edyanto Edyanto

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.641

Abstract

Abstract

The most prominent employee transfer activity in Gowa Regency is in the context of promotion and transfer to distribute employees evenly in the ranks of Offices, Agencies and Offices in Gowa Regency. The type of research that is considered appropriate in this research is descriptive method with a qualitative approach. The research data collection was carried out based on observations, interviews and documents. The data analysis technique used in this study is a taxonomic analysis technique, which is to form a detailed and in-depth analysis in discussing a theme or subject matter. This taxonomic analysis is used to describe in detail the process of transferring a promotion to a civil servant position at the Regional Civil Service Agency Office of Gowa Regency. Based on the research results, in terms of the transfer of civil servants, the government has very broad authority. Only echelon II appointments need to get approval from the top-level government, and Sekwilda appointments that get approval from the local DPRD. The procedures for transferring employees differ according to the position of the transfer. For transfer due to promotion, it has been determined based on the applicable laws.

Keywords: Movements; Promotion of Position; Civil Servants


Abstrak

Aktivitas mutasi kepegawaian yang paling menonjol di Kabupaten Gowa adalah dalam rangka promosi jabatan dan pemindahan dalam rangka distribusi pegawai secara merata di jajaran Dinas, Badan dan Kantor di Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada observasi, interview dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis taksonomis (taxonomis analysis), yaitu membentuk analisis secara rinci dan mendalam dalam membahas suatu tema atau pokok permasalahan. Analisis taksonomi ini digunakan untuk menjabarkan secara rinci proses mutasi promosi jabatan pegawai negeri sipil di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil penelitian, dalam hal mutasi pegawai negeri sipil, maka kewenangan yang ada pada pemerintah sangat luas. Hanya pengangkatan eselon II yang perlu mendapatkan persetujuan dari pemerintah tingkat atasnya, dan pengangkatan Sekwilda yang mendapatkan persetujuan dari DPRD setempat. Prosedur untuk mutasi pegawai, berbeda sesuai dengan kedudukan dari mutasi tersebut. Untuk mutasi karena promosi, maka telah ditetapkan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

 

Kata Kunci: Mutasi; Promosi Jabatan; Pegawai Negeri Sipil

References

Agustina, D. M., Sunarto, M. J. D., & Jatmiko, K. 2013. Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Diklat Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Akuntansi, 2(2), 1–6.

Bratakusumah, D. S. 2001. Otonomi penyelenggaraaan pemerintahan daerah: Deddy Supriady Bratakusumah, Dadang Solihin. Gramedia Pustaka Utama.

Fanhar, F. T. M. 2016. Kewenangan Penjabat Kepala Daerah Dalam Melaksanakan Mutasi Kepegawaian Dikota Bandar Lampung.

Judas, A. 2013. Mutasi Dan Promosi Jabatan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo Dan Maluku Utara Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1219–1228. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2895

Karyana, A. 2014. Pengantar Ilmu Administrasi.

Krippendorf, K. 2004. Content Analysis : An Introduction To Its Methodology. Sage Publication.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Pratamaputra, N. A. A., Hidayah, N. A., & Waspodo, B. 2010. Sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan dengan model ahp pada biro kepegawaian di sekretariat Negara Republik Indonesia. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 3(1).

Putro, B. S., & Sugiyarti, S. R. 2012. Kemandirian Pengelolaan Mutasi Pns Antar Daerah Dalam Era Otonomi Daerah. Transformasi, 14(22).

Rahman, M. 2017. Ilmu Administrasi (Vol. 1). Sah Media.

Sani, S. 2016. Sejarah Perkembangan Otonomi Daerah Di Indonesia. Jurnal Criksetra, 5(9), 79–83. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dih/article/view/278

Sarwono, E. 2011. Dan Dana Alokasi Umum ( Dau ) Terhadap Belanja Daerah Pada Kabupaten / Kota Se Indonesia Tahun Anggaran 2010-2011.

Satoto, S. 2004. Pengaturan Eksistensi dan Fungsi Badan Kepegawaian Negara. Universitas Airlangga.

Wahyudi, J. 2014. Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Kajian Pra Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur). Jurnal Administrasi Publik Dan Birokrasi, 1(3), 72259.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2002

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Edyanto, E. (2019). ANALISIS PROSES MUTASI PROMOSI JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN GOWA. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.641

Issue

Section

Articles