PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JERUK LOKAL DAN IMPOR DI KOTA TASIKMALAYA

Dhea Karina(1), Ristina Siti Sundari(2*), Reny Hidayati(3),

(1) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(2) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(3) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Fruit commodity has high market demand and has economic value. One of them is a citrus fruit which has an excellent possibility to develop. Availability, continuity, and quantity of quality local fruit produced are still limited. Citrus encourages the entry of imported fruit in large quantities and of relatively good quality. The purpose of this study was to determine and analyze consumer preferences and behavior towards purchasing decisions of local oranges and imported citrus fruits in Tasikmalaya City and the attributes most considered by consumers in purchasing decisions for local oranges and imported citrus fruits in Tasikmalaya city. The quantitative research method was used on 90 respondents of local and imported citrus fruit consumers. The following analysis tools used in this study were multivariate analysis, Fishbein, and conjoin. Based on multivariate analysis results, it is known that Simultaneously and Partially Consumer Behavior influences the Purchase Decision on Local Citrus Fruits and Imported Oranges in Tasikmalaya. Based on the multi-attribute analysis of local oranges and imported oranges in Tasikmalaya, it is known that the value of consumer attitudes towards the attributes of imported citrus fruits is higher than local oranges, in addition, the results of the conjoint analysis, it is known that the most critical attributes according to consumers are different for local and imported oranges. Local oranges' attributes are considered essential regarding the trader's taste, peel color, price, aroma, and texture

Komoditas buah-buahan memiliki permintaan pasar yang tinggi dan bernilai ekonomis. Salah satunya adalah buah jeruk yang memiliki kemungkinan menguntungkan untuk dikembangkan. Ketersediaan, kualitas, kuantitas, kontinyuitas buah lokal yang dihasilkan belum dapat memenuhi kebutuhan penduduk yang terus meningkat. Sehingga pemenuhannya dengan mengimpor buah jeruk dari luar. Maka dilakukan penelitian untuk menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan membeli buah jeruk impor dan buah jeruk lokal di Kota Tasikmalaya, dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan untuk membeli buah jeruk lokal dan buah jeruk impor di kota Tasikmalaya. Metode penelitian kuantitatif terhadap konsumen buah jeruk lokal dan konsumen buah jeruk impor sebanyak 90 responden. Penelitian ini menggunakan analisis multivariat dan, Fishbein. Hasil analisis menunjukkan secara simultan dan parsial perilaku konsumen dapat mempengaruhi keputusan dalam membeli buah jeruk di Tasikmalaya. Sikap konsumen terhadap atribut buah jeruk lokal lebih rendah daripada buah jeruk impor. Bagi konsumen atribut rasa, warna kulit, harga, aroma, tekstur pada jeruk lokal merupakan hal sangat penting yang perlu diperhatikan oleh penjual.


Keywords


Jeruk, Impor, Lokal, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anisah, a., & hayati, m. (2017). Pengambilan keputusan petani untuk tetap berusahatani cabe jamu di kecamatan bluto, sumenep. Agraris: journal of agribusiness and rural development research, 3(2). Https://doi.org/10.18196/agr.3251

Darmawan, r. (2013). Pengalaman , usability , dan antarmuka grafis : sebuah penelusuran teoritis. Itb j. Vis. Art, 4(2), 95–102. Https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2013.4.2.1

Dharmmesta, b. S., & handoko, h. (2013). Manajemen pemasaran (bpfe-yogyakarta (ed.); pertama).

Direktorat jendral hortikultura. (2019). Produksi buah jeruk tahun 2019.

Dwiastari, k. Y., susrusa, k. B., & artini, w. P. (2019). Analisis preferensi konsumen terhadap buah jeruk impor dan buah jeruk lokal di kota denpasar, bali. Jurnal agribisnis dan agrowisata, 8(3), 391–400.

Hanif, z dan zamzami, l. (2012). Trend jeruk impor dan posisi indonesia sebagai produsen jeruk. Balitjestro, may, 1–11. Https://doi.org/10.13140/rg.2.1.4207.7601

Hartadi, r., hani, e. S., & kartika, n. D. (2010). Analisis perilaku konsumen buah di pasar tradisional dan pasar modern kecamatan kaliwates, kabupaten jember. Jurnal sosial ekonomi pertanian, 4(1), 24-36–36.

Hasan, a., & mahmudin. (2017). Metodologi penelitian (d. Novidiantoko & e. R. Fadilah (eds.); 1st ed.). Deepublish.

Hastjarjo, d. (2010). Sekilas tentang kesadaran ( consciousness ). Buletin psikologi, 13(2), 79–90.

Hutapea, k. (2018). Analisis sikap kepuasan konsumen terhadap buah jeruk lokal dan jeruk impor (studi kasus : pasar tradisional dan pasar swalayan di kota medan). Stindo profesional, iv, 140–153

Hartadi, R., Hani, E. S., & Kartika, N. D. (2010). Analisis Perilaku Konsumen Buah Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 24-36–36.

Idrus, M. S. (2013). Multivariate Data Analisis Dan Non Parametrik Statisik (pertama; M. Jannah, ed.). Sidoarjo: Zifatatama.

Nafisah, S. N., Suharno, S., & Tinaprilla, N. (2014). Sikap Dan Persepsi Konsumen Terhadap Jeruk Lokal Dan Jeruk Impor Di Pasar Modern Kota Bogor. Forum Agribisnis, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.29244/fagb.4.1.71-84

Simarmata, M. I. lestari, Sudarma, I. M., & Anggrenui, I. L. (2019). Persepsi Konsumen Terhadap Buah Jeruk Lokal dan Jeruk Impor di Kota Denpasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 449–459. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

SUSENAS. (2019). Pengeluaran untuk konsumsi penduduk indonesia per provinci. In 3 (pp. 1–138).

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/agrinika.v5i2.1648

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30737/agrinika.v5i2.1648.g1732

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.