Analisis Pengetahuan Konsumen tentang Green Marketing pada Produk Kopi Work Coffee Indonesia

Authors

  • Nabilla Istiqomah Padjadjaran University
  • Zumi Saidah Padjadjaran University
  • Erna Rachmawati Padjadjaran University
  • Pandi Pardian Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.30737/agrinika.v6i2.2265

Keywords:

marketing mix, green marketing, coffee shop, consumer knowledge

Abstract

Responding to environmental problems that occur in all countries in the world, marketing management science responds by developing the concept of green marketing which is now starting to be applied by companies as a marketing strategy as well as corporate responsibility for environmental problems. The application of green marketing by greenpreneur may indirectly affect consumer behavior, ranging from awareness, knowledge, to purchasing decision behavior. Work Coffee Indonesia is one of the greenpreneur that implements green marketing in Bandung. This research aimed to examine and analyze consumer knowledge of the application of green marketing by Work Coffee Indonesia. The research respondents were 100, taken by the accidental sampling method, which are consumers of Work Coffee Indonesia. The results of the questionnaire were taken as primary data and analyzed using quantitative descriptive analysis. The analytical tool used in this research was descriptive statistical analysis. The results showed that consumers have good knowledge about green marketing through the dimensions of green products and green places, namely understanding of raw materials, packaging, and environmentally friendly production waste and understanding of green distribution channels identified through spatial design.

 

Merespons kondisi permasalahan lingkungan yang melanda hampir seluruh negara di dunia, keilmuan manajemen pemasaran mengembangkan konsep green marketing yang saat ini mulai banyak diterapkan oleh perusahaan sebagai strategi pemasaran sekaligus bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap permasalahan lingkungan. Penerapan green marketing oleh pengusaha hijau atau greenpreneur secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku konsumen, mulai dari kesadaran, pengetahuan, hingga perilaku keputusan pembelian. Work Coffee Indonesia merupakan salah satu greenpreneur yang menerapkan konsep green marketing di Kota Bandung. Penelitian ini ditujukan untukmengkaji dan menganalisis pengetahuan konsumen terkait pendekatan green marketing yang diterapkan oleh Work Coffee Indonesia di Kota Bandung. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang, diambil dengan metode penarikan sampel accidental sampling, yang mana merupakan konsumen Work Coffee Indonesia. Hasil kuesioner diambil sebagai data primer dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan konsumen memiliki pengetahuan baik terkait pendekatan green marketing yang dilakukan oleh Work Coffee Indonesia melalui dimensi green products dan green places, yakni pemahaman akan bahan baku, kemasan, serta limbah produksi ramah lingkungan dan pemahaman akan saluran distribusi hijau yang diidentifikasikan melalui desain tata ruang.

Author Biographies

Nabilla Istiqomah, Padjadjaran University

Sosial Ekonomi Pertanian

Zumi Saidah, Padjadjaran University

Sosial Ekonomi Pertanian

Erna Rachmawati, Padjadjaran University

Sosial Ekonomi Pertanian

Pandi Pardian, Padjadjaran University

Sosial Ekonomi Pertanian

References

Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja pressindo.

Amanda, T., Nurmalina, R., & Jahroh, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Waroeng Hotplate Odon Bogor. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 9(1).

Amin, M. Al, & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6).

Artini, W., & Lisanty, N. (2020). PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK TEMPE DI SENTRA PRODUKSI KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR. Jurnal Agrinika : Jurnal Agroteknologi Dan Agribisnis, 4(1). https://doi.org/10.30737/agrinika.v4i1.797

Bui, M. H. (2005). Environmental marketing: A model of consumer behavior. Loyola University New Orleans. Association of Collegiate Marketing Educators, 20.

Devi, S. R. M., & Hartono, G. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik. Agric, 27(1). https://doi.org/10.24246/agric.2015.v27.i1.p60-67

Dewi, N. K., & SE, G. A. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang). Sumber, 6(1), 26.

Fatmariani, F., & Febrianty, F. (2019). PKMS Greenpreneur: Pelatihan Desain Grafis Dengan Teknik Cutting Sticker Dalam Rangka Menjadikan Limbah/Barang Bekas Menjadi Bernilai Jual. Comvice: Journal of Community Service, 3(2), 19–28.

Fitriana, R., & Suprehatin, S. (2018). Aplikasi Theory of Planned Behavior Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Cair Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Indonesia Dan Malaysia. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 6(2), 143–152.

Grundey, D., & Zaharia, R. M. (2008). Sustainable incentives in marketing and strategic greening: the cases of Lithuania and Romania. Technological and Economic Development of Economy, 14(2), 130–143.

Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak Dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57–64.

Mahmoud, T. O., Ibrahim, S. B., Ali, A. H., & Bleady, A. (2017). The Influence of Green Marketing Mix on Purchase Intention: The Mediation Role of Environmental Knowledge. International Journal of Scientific & Engineering Research, 8(9), 1040–1048. https://doi.org/10.14299/ijser.2017.09.006

Nakhaei, A., & Kheiry, B. (2012). Investigating the Impact of Selected Factors on Consumer Green Purchase Intention. Jounal of Marketing Management, 7(15), 105–130.

Ottman, J. A., Stafford, E. R., & Hartman, C. L. (2006). Avoiding green marketing myopia: Ways to improve consumer appeal for environmentally preferable products. Environment: Science and Policy for Sustainable Development, 48(5), 22–36.

Paramitra, Y. (2019). Pengaruh Pemasaran Hijau, Citra Merek Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i1.269

Pickett-Baker, J., & Ozaki, R. (2008). Pro-environmental products: Marketing influence on consumer purchase decision. In Journal of Consumer Marketing (Vol. 25, Issue 5). https://doi.org/10.1108/07363760810890516

Prakosa, A. (2019). Generasi Third Wave Coffee: Perspektif Milenial terhadap Kopi Gelombang Ketiga. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 106–118.

Putripeni, M. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen The Body Shop Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1).

Rahman, F., Siburian, P. S., & A, G. N. (2017). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda. Forum Ekonomi, 19(1). https://doi.org/10.29264/jfor.v19i1.2118

Santoso, H., & Putri, E. A. (2015). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau di Semarang.

Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218.

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik. Jurnal Jibeka, 7(3), 47–53.

Siswanto, B. (2010). Perkembangan Konsep dan Penelitian Green Marketing: Analisis Pustaka. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 10(1).

Tjoanda, E., Fernandez, E. C. Y., & Kristanti, M. (2017). Pengaruh Green Marketing Hotel Terhadap Green Consumer Behaviour. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2).

Widayanti, S., Mafruha, A., & Amir, I. T. (2020). The Impact Of Green Marketing Mix On Consumer Purchasing Decisions At O-Jamur Restaurant Grand City Surabaya. International Conference on Agriculture, 1(01), 187–197.

Zulkifli, A. (2020). Green Marketing; Redefinisi Green Product, Green Price, Green Place, dan Green Promotion. Graha Ilmu.

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-09-2022

How to Cite

Istiqomah, N., Saidah, Z., Rachmawati, E., & Pardian, P. (2022). Analisis Pengetahuan Konsumen tentang Green Marketing pada Produk Kopi Work Coffee Indonesia. Jurnal Agrinika: Jurnal Agroteknologi Dan Agribisnis, 6(2), 176–190. https://doi.org/10.30737/agrinika.v6i2.2265

Issue

Section

Articles