PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI KEPUASAN KONSUMEN SERTA NIAT PEMBELIAN ULANG PADA PRODUK GADAI EMAS IB BAROKAH DI BANK JATIM CABANG SYARIAH SURABAYA

Arys Firmansyah(1*),

(1) universitas airlangga surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Lingkungan perbankan terus menerus mengalami perubahan dengan semakin bermacam-macam model bisnis yang harus dijalankan sehingga dapat berpengaruh kepada perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk adalah salah satu perbankan BUMD terkemuka di Indonesia. Salah satu adanya perubahan yang dilakukan oleh Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk adalah membuat Unit Usaha Syariah atau yang lebih dikenal dengan nama Bank Jatim Syariah untuk melayani pasar syariah di Indonesia. Sampai dengan tahun 2019, Bank Jatim Syariah telah memiliki 8 kantor cabang yang terletak di Jawa Timur.  . Bank Jatim Syariah memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan salah satunya adalah Gadai Emas IB Barokah. Produk Gadai Emas IB Barokah mendapat sambutan hangat oleh masyarakat yang membutuhkan penyediaan dana dengan agunan berupa emas perhiasan ataupun emas batangan. Proses pemasaran yang telah dilakukan oleh Bank Jatim Syariah terhadap produk Gadai Emas IB Barokah masih minim dalam evaluasi dari berbagai faktor. Salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan dari sisi produk, harga dan lokasi dari Gadai Emas IB. Dalam proses evaluasi terhadap sisi produk, harga dan lokasi terhadap Gadai Emas IB Barokah, Bank Jatim Syariah diharapkan dapat diketahui kepuasan konsumen terhadap produk Gadai Emas IB Barokah serta menimbulkan adanya niat pembelian ulang oleh para konsumen secara terus menerus.


Keywords


produk,harga, lokasi, kepuasan konsumen, niat beli

Full Text:

PDF

References


Agyapong, K. (2016). The Effect of Marketing Strategy on Consumer Satisfaction: Distance Education Perspective. International Journal of Innovative and Research Development, 6(7), 133–139. https://doi.org/: 10.24940/ijird/2017/v6/i7/JUL17020

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Ehsani, Z., & Ehsani, M. (2015). Effect of Quality and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Service Science, Management and Engineering, 1(5), 52–56.

Kana, T. (2018). The Effect of Location and Facilities Services User Satisfaction Container Loading and Unloading in Port of Indonesia IV (Persero) Branch Merauke. International Journal of Social Science and Business, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i1.11900

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). New Jersey: Pearson Prentoice Hal.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Global Edition. New York: Pearson Education Limited.

Lovelock, C., & Wright, L. K. (2005). , 2011, Managemen Pemasaran Jasa(Terjemahan), PT Indeks (GRAMEDIA GROUP) Jakarta. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Palmer, A., & Keown-McMullan, C. (2000). Equity and repurchase intention following service failure. Journal of Services Marketing, 14(6), 513–528. https://doi.org/10.1108/08876040010347624

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, 30, 59–68.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Palanggan Puas ? Tak Cukup ! Yogyakarta: Andi.

Varga, A., Dlačić, J., & Vujičić, M. (2014). Repurchase intentions in a retail store - exploring the impact of colours. Ekonomski Vjesnik, 27(2), 229–244.

Zeithaml, V. A., & Bitner, B. (2000). Service Marketing: Integrating Customer Focus (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Inc.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2006). Services marketing: integrating customer focus across the firm (4th ed.). Boston, MA: McGraw-Hill/Irwin.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1086

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 

Free counters!

Creative Commons License

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.