PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. SATRIA NUSANTARA JAYA

Authors

  • Muhammad Rizal Nur Irawan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Minat Beli Konsumen.

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang kualitas produ, harga dan promosi terhadapminat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya..Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Satria Nusantara Jaya, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 100 konsumen yang dihitung dari rumus slovin. Analisis dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner, kemudian Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik,uji regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F. dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan  Y = -2,629 + 0,060 X1 + 0,825 X2 + 0,092 X3 + e. Hasil uji t Uji parsial telah dilakukan dan dihasilkan thitung lebih besar daripada ttabel (X1 = 2,339>1,660. X2 = 26,450>1,660. X3 = 3,015<1,660. Sehingga dapat diketahui  bahwa semua variabel bebas meliputi: kualitas produk, harga dan promosi  mepunyai pengaruh persial terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Dan uji simultan telah dilakukan, dihasilkan Fhitung lebih besar daripada Fabel (817,149>3,09). Sehingga dapat diketahui  bahwa kualitas produk, harga dan promosi  mempunyai pengaruh simultan terhadap minat beli konsumen PT. Satria Nusantara Jaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andalusi,Ratih (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium. J. Madani. Vol. 1, 307.

Annisa Putri Sabrina, Nur. Elpawati.dan Achmad Tjachja Nugrah. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Di Jakarta Barat . Jurnal Agribisnis, Vol. 12.150.

Aswan, Hidayat. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Minat Bell Ulang Pelanggan Voucher Isi Ulang XL di Universitas Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. 2 (5): 59-78.

Daud, I., Defriansyah, D., & Welyy. (2016). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya. Jurnah Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2(2), 89–102.

Daud, Muhaimin. Andi Artono Dan Eni Prastiti (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Sepeda Motor Honda (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Kadiri). JIMEK.Volume 1. 70.

Dennisa, Eugenia Andrea dan Suryono Budi Santoso. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang. Journal Of Management. Volume V; 3-3.

Diyagitama, Ahmad Aziz. Hadi Sumarsono dan Naning Kristiyana (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hp Samsung Di Artomoro Celluler. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi Vol. 3 No. 1 April 2019 hal 58 – 65

Faisol, Akhmad. 2016. Pengaruh Budaya, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Belanja Konsumen di Pasar Soponyono. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No 2.

Fakhru Rizky Nst, Muhammad Dan Hanifa Yasin (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14. 137.

Hermanto dan Rendy Saputra (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal Vol.15 (No. 1 )

Hidayat, Andrian dan Hartanto, Gustin (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. Vol 2. 17.

Iriyanti, Emik. Nurul Qomariah dan Akhmad Suharto. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening: pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. Volume II; 1-7.

Karundeng, Nikita. Johny A.F. dan Kalangi Olivia Walangitan (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.8.84.

Latief, Abdul (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.7. 92-95.

Meutia,Rahmi (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Studi Kasus pada Produk Oriflame di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Keuangan. Vol.6.772.

Nurcahyo, Eko. Agus Hermani dan Ngatno. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Harian Suara Merdeka: Studi Kasus pada Pelanggan di Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Pitri Nainggolan, Nora dan Heryenzus (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 19. 43-54.

Putranto, Arif Dwi. Suprihatmi Sri Wardiningsih dan Suprayitno. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Moderasi: Studi pada Pelanggan Brownies Amanda Surakarta Cabang Nusukan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Volume XVIII; 3-464.

Risnawati (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perumahan Komplek Amd Permai Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen. Vol. 2. 45.

Rusmawati DJ,Yunni (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Karanggeneng Lamongan). Media Mahardhika. Vol. 17 Vol. 17.464.

Septiani, Fauziah (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). J. Mandiri., Vol. 1.278.

Septiani,Fauziah (2018). Pengaruh Promosi Dan Produk Terhadap Minat Beli (Pada Pt. Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). J. Madani. Vol. 1.401.

Soedjono, Tegowati, & Wininatin Khamimah (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Dan Layanan Purna-Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Akuntansi & Manajemen. Vol.3. 25.

Sumarsono, Rizkhi, Achmad Firdiansjah dan Harianto Respati (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Madlyson Di Distro Aztekline Tulungagung. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, Volume 8 Nomor 1.

Tjia, Heru Sucianto. Suharno dan M.Amin Kadafi . (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian: pada PT Duta Kreasi Tehnik Samarinda. Kinerja. Volume XIV; 2-94.

Wardoyo, Dwityas Adi Kusumo dan Saryadi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Majalah SWA Melalui Variabel Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus pada Pelanggan Majalah SWA di DKI Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis.

Yessenia dan Febsri Susanti (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Tehadap Minat Beli Konsumen Di Mulia Elektronik Di Kota Padang. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Alma, B. (2016). Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Alfabeta, 205.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Daud, M., Artono, A., & Prastiti, E. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS KADIRI). JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(1).

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware TOTO Di Kota Denpasar. Udayana University.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Global Marketing Management 14 th Edition. In Management Decision (14 th, Vol. 48, Issue 8). Prentice Hall/Financial Times. https://doi.org/10.1108/00251741011076816

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. In England: Pearson Educationn Limited. https://app.luminpdf.com/viewer/99cAGZGug6i5d4dsL

Mowen, J. C., & Minor, M. (2006). Understanding consumer behavior: A framework. Thomson.

Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 41–54.

Nasution, M. F. R. (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2).

Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69–84.

Septiani, F. (2018). PENGARUH PROMOSI DAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(2), 399–415.

Stanton, W. E. M., Etzel Michael, J., & Walker Bruce, J. (2007). Fundamentos de marketing. Mc Graw Hill, 581.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23–36.

Wibowo, M. K. (2016). edisi ke 3, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-30

How to Cite

Irawan, M. R. N. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. SATRIA NUSANTARA JAYA. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140–156. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097