Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Financial Performance Dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel I Ntervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei)

Authors

  • Syaiful Bahri STIE ASIA Malang
  • Febby Anggista Cahyani STIE ASIA Malang

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kinerja ligkungan terhadap corporate financial performance dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria (1) sampel penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2014. (2) perusahaan manufaktur yang melaporkan corporate social responsibility (CSR) periode 20132014. (3) perusahaan manufaktur yang telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) tahun 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah statistic deskriptif dengan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan analisis jalur. Uji hipotesis menggunakan alat statistik berupa koefisien determinasi dan uji t.Hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi  ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan, kinerja lingkungan berpengaruh terhadap CSR, CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan uji hipotesis menggunakan analisis jalur menunjukkan secara langsung CSR dapat memediasi hubungan antara  kinerja lingkungan dengan CSR.

 

Kata kunci : kinerja lingkungan, corporate financial performance (CFP) dan corporate social performance (CSR), PROPER

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Fr. R. R. 2006, Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.

Al-Tuwajiri, dan Sulaiman. 2004. The Relation Among Environmental Disclosure, Environmental Performance, dan Economic Performance: A Simultenaous Equation Approach. Accounting Environment Journal.USA. 5-10.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baroroh, Niswah. 2010. Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005 - 2008. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Daniri, Mas Achmad. 2008. Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Darwin, Ali. 2004. Akuntabilitas, Kebutuhan, Pelaporan dan Pengungkapan CSR bagi Perusahaan di Indonesia. Edisi III. September-Desember

Ermayanti, Dwi Kinerja Keuangan Perusahaan. http://www.google.com (20 Desember 2015)

Fitriyani. 2012. Keterkaitan Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Finansial. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I dan Chariri, A 2007. Teori Akuntansi. Semarang. Badan Penerbit UNDIP

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Global Reporting Initiative. 2000. G3 Sustainbility Reporting Guidelines: Reporting Principles and Standart Disclosures.

Hadi, Noor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Januarti, Indira dan Dini Aprianti. 2005. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Maksi, Vol. 5, No.2, Hal 227 – 243 Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2016. Pedoman CSR Bidang Lingkungan. Mentri Negara Lingkungan Hidup.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2014. Proper Periode 2013-2014 Edisi Pengumuman Proper. Sekretariat Proper Kementrian Lingkungan Hidup.

Permana, Virgiwan Aditya. 2012. Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karekteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Diponegoro Journal Of Accounting Volume1, Nomor 2.

Pramelasari, Yosi Meta. 2010 . Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Rahiemah, Aldilla Noor. 2009. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility dan Kinerja Finansial. Universitas Airlangga.

Rahmawati, Ala. 2012. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan CSR sebagai Variabel Intervening. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rawi dan Munawir Muchlish. 2010. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusi, Leverage, dan Corporate Social Responsibility. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Tanggung jawab sosial : Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di BEJ. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan. Medan. USU Digital Library.

Sudaryanto. 2011. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan dengan CSR sebagai Variable Intervening. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Suharto, Edi. 2008. Corporate Social Responsibility: What is and Benefits For Corporate. www.policy.hu/suharto

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suratno, Ignatius Bondan, dkk. 2006. Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance. Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang

Titisari, Kartika Hendra. 2009. Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan. Dinamika Manajemen, Vol. 1, No. 1, November. Surakarta: FE UNIBA.

Ulum, Ihyaul. 2009. Intellectual Capital: Kinerja dan Kajian Empiris. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Undang-undang no 40 tahun 2007. Perseroan Terbatas. Bapepam

http://www.menhl.go.id

http://idx.co.id

http://sahamok.com

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Bahri, S., & Cahyani, F. A. (2017). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Financial Performance Dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel I Ntervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2). https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.11