Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Thrifting Yang Di Moderasi Brand Awareness

Authors

  • Mordekhai Hamonangan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
  • Lukiyana Lukiyana Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v9i1.4745

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Brand Awareness, Minat Beli, UMKM

Abstract

This investigation aims to test and assess the impact of service quality and product quality on purchase intention, considering brand awareness as a moderating factor. The data collection methodology involved using a simple random sampling approach through the distribution of research questionnaires. The research findings show a positive and statistically significant correlation between quality and purchase intention. The impact of product quality on purchase intention is positive and statistically significant. The impact of brand awareness on purchase intention is positive and statistically significant. Customers' familiarity with a brand may decrease over time, but it remains influential. It can be a moderating factor in the relationship between service quality and the likelihood of purchasing. Improving and regulating the relationship between product quality and purchase intention can be facilitated by increasing brand awareness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesi, F. P., & Setiadi, Y. W. (2023). Pengaruh kualitas produk, fasilitas dan kualitas layanan terhadap minat beli konsumen sampono per-fumery. Prosiding Seminar Nasional Business Corporate, 2(1), 23–29.

Agung, S. T. I. E. S. (2022). Filosofi dan Konsep Inti Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran (Strategi Dan Orientasi Pasar), 33.

Ambodale, A. P., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh E-service Quality Terhadap Minat Pengguna Ulang Pengguna Aplikasi Bukalapak Di Provinsi Jawa Barat. EProceedings of Management, 8(5).

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., Widiati, E., Irawan, P., Ratih, S. D., & Ismail, R. S. (2023). Manajemen Pemasaran.

Ashriana, A. N., Fitriyani, Z. A., & Pratiwi, E. C. (2023). Pengaruh Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Caption Home Mojokerto. Jurnal Ekobistek, 12(1), 495–499.

Bahrunsyah, M. A. (2018). Pengaruh Bauran Promosi dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Topi Kulit Eervoleather. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 37–46.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dewantara, Y. F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang di Union Deli Grand Indonesia. Journal Fame: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(2).

Dini, S. L., Nofranita, W., & Sari, L. F. (2023). Brand Ambassador dan Brand Image Pada Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pengguna Smartphone Samsung di Kota Padang). Ensiklopedia of Journal, 5(3), 294–300.

Hadi, H. A., & Sholihah, D. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Motor Yamaha Nmax di Wilayah Kota Bekasi. Veteran Economics, Management & Accounting Review, 1(2), 84–97.

Hariyanto, H., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(9), 1784–1795.

Herlina Tarigan, M. (2023). Brand Loyalty, Brand Awareness, dan Brand Image. Manajemen Pemasaran (Artificial Intelligence Marketing), 157.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk penelitian pendidikan. Prenada Media.

Kasih, A. T., Dewi, N. A. S., Kuntari Budiyati, A. P., & Damayanti, V. F. K. (2023). Pengaruh Kemasan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, 1.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.

Mulyanto, J. J. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pokpiah Surabaya Di Wilayah Surabaya Barat. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(1), 1–8.

Napitupulu, E., & Lukiyana, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Taksi Blue Bird Group Jakarta. Media Manajemen Jasa, 5(2).

Nuryana, H. T. A. W. A., & Ryan, R. S. I. A. (2022). Analisis Peran Service Quality Dan Brand Awareness Dalam Meningkatkan Consumer Satisfaction Pada Industri Ritel Food & Beverage (Studi Kasus Foodpedia). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3).

Prasetyo, R. F. S., & Rahimudin, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Penumpang Lion Air Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), 548–556.

Prastowo, S. L., & Rahmadi, R. (2023). Apakah Brand Awareness Mampu Memoderasi Promosi, Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian? Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 153–168.

Primadasari, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Forum Ekonomi, 23(3), 413–420.

Putri, I. A. (2023). Minat Beli Produk Preloved (Second-Hand) Fashion Di Kalangan Generasi Z. Universitas Negeri Jakarta.

Rizal, A. (2023). Pengaruh E-Wom, Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Pada Mahasiswa. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UIN JAKARTA.

Rohma, A. F. N., Arifin, R., & Arsyianto, M. T. (2023). Pengaruh Product Placement, Brand Awareness, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlett (Studi Kasus Pada Drama Korea Today’s Webtoon Dikalangan Mahasiswa S1 Unisma). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Samsudin, A., Hidayat, R., Manurung, Z. M., Ayu, A. W., Prameswari, M. A., & Restiatin, R. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Desain Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Emas. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–631.

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286–290.

Setiawan, R. N. B., & Sunyoto, D. (2022). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep dan Psikologi Bisnis).

Sidi, A. P. (2023). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 480–493.

Susanto, Y., Amroni, A., & Lukita, C. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Minuman Chatime di CSB Mall Kota Cirebon. Jurnal Witana, 1(1), 70–77.

Syachrony, M. I., Hamdan, H., & Ilhamalimy, R. R. (2023). The Effect of E-Service Quality, Website Quality, Promotion, and E-Trust on Repurchase Intentions at E-Commerce Shopee in DKI Jakarta. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 5(2), 193–205.

Taroreh, N., Sambul, S. A. P., & Kalangi, J. A. F. (2023). Pengaruh Sosial Media dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Pada Cokelat Sulamina di Kabupaten Kepulauan Sula. Productivity, 4(3), 393–398.

Utami, R. P. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan. Unimed.

Welda, E. A., Syahza, A., & Syabrus, H. (2022). The Effect Of Sales Promotion And E-Service Quality On Repurchase Intention Of Economic Education Students. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14017–14025.

Welsa, H., Cahyani, P. D., & Meidyansyah, F. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036.

Wicaksono, A. A., & Mashariono, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 7(7).

Widiastuti, S. A., Bintarti, S., & Wardani, M. K. (2023). Kualitas Pengalaman dalam Memoderasi Gaya Hidup, Kesadaran Merek dan Kualitas Rasa terhadap Revisit Konsumen Air Minum Kemasan Aqua. Journal on Education, 5(4), 16851–16865.

PlumX Metrics

Published

2024-04-30

How to Cite

Hamonangan, M., & Lukiyana, L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Thrifting Yang Di Moderasi Brand Awareness. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 9(1), 230–248. https://doi.org/10.30737/ekonika.v9i1.4745

Issue

Section

Articles