ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AMANDA BROWNIES CABANG SIDOARJO

Nawari MM(1*),

(1) universitas islam darul 'ulum lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

               This research was conducted in a company engaged of snack foods amanda brownies branch sidoarjo. The purpose of this study to determine the effect of product quality and service quality on purchase decisions and to determine the most dominant influence of independent variables on the dependent variable. From the results of multiple regression analysis can be taken the regression equation as follows: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Based on the magnitude of the coefficient of determination ( ) is known that the variable contribution of product quality and service quality on the purchase decision is 0.309 or 31% Based on the results of the calculation simultaneously or the test F shows F count = (21.704)> Ftable (3.09) and the result of signification is 0,000 <0,05, so the independent variable has a significant influence on the dependent variable. While the partial calculation or t test shows the significance of 0.000 and t arithmetic 4,514 means that the quality of the product influence the purchase decision with the significance of 0,000 <0.05 and t count (4.541)> t table (0.677). And the result of t test shows sig. 0.000 and t count 2,931 mean that service quality influence on purchasing decision with signification equal to 0,000 <0,05 and t count (2,931)> t table (0,677). So, it can be concluded that the product quality is the most dominant influence on purchasing decisions with a t value of 4.541.

Keywords: product quality, service quality, purchase decision

 

ABSTRAK

Penelitian dilakukan di perusahaan makanan ringan amanda brownies cabang sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil analisis regresi berganda diambil persamaan regresinya sebagai berikut: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Berdasarkan besarnya koefisien determinasi ( ) diketahui bahwa, besaran kontribusi variabel kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,309 atau 31%. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan atau uji f menunjukkan F hitung = (21.704) > F tabel (3,09) dan hasil signifikasinya adalah 0,000 < 0,05, jadi variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Sedangkan pada perhitungan secara parsial atau uji t menunjukan signifikasi  0,000 dan t hitung 4,514 yang berarti Kualitas produk  berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (4.514) > t tabel (0,677). Dan hasil dari uji t menunjukan sig. 0,000 dan t hitung 2.931 yang berarti kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (2.931) > t tabel (0,677). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 4.514.

Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, keputusan pembelian


Keywords


kualitas produk; kualitas layanan; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Arikunto suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rinika Cipta. Jakarta

Ghozali imam. (2005) Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro. Semarang

Hardiyanti Ratih, 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran, Pagilaran, Universitas Diponegoro. Semarang.

Irianti E. Qomariyah N. dan Suharto A, 2016. Pengaruh kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada depot mie pangsit jember, jurnal manajemen dan bisnis indonesia vol 2. no.1hal.4

Kotler, P dan G. Amstrong. 2008 Marketing an introduction. Ninth Edition.New. Prentice Hall. New Jersey

Kotler, P dan C. Keller.2008 Manajemen Pemasaran (edisi ketiga belas). PT. Indeks Jakarta

Kotler, P dan C. Keller. (2011). Marketing Management, edisi ke tiga belas, Erlangga Jakarta

Nasir Moh. (2014). Metode Penelitian cet. kesembilan. Ghalia Indonesia. Bogor

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta Bandung

Tjiptono, Fandy (2006). Manajemen Jasa. Edisi ke satu, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.42

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ekonika : Jurnal ekonomi universitas kadiri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Index By :


 

Free counters!

Creative Commons License

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.