Program Pengembangan Produk Ekspor Pengusaha Camilan di Kota Blitar dan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Dwi Danesty Decca Sari(1*), Yupono Bagyo(2), Sri Indrawati(3), Siwi Dyah Ratnasari(4), Anang Amir Kusnanto(5),

(1) Program Studi Manajemen, STIE Malangkuçeçwara Malang
(2) Program Studi Manajemen, STIE Malangkuçeçwara Malang
(3) Program Studi Manajemen, STIE Malangkuçeçwara Malang
(4) Program Studi Manajemen, STIE Malangkuçeçwara Malang
(5) Program Studi Manajemen, STIE Malangkuçeçwara Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Program Pengembangan Produk Ekspor (PPPE) ini adalah untuk meningkatkan volume dan daya saing mitra PPPE.produk ekspor camilan. Mitra dari Program Pengembangan Produk Ekspor ini terdiri dari mitra I berlokasi di Kabupaten Tulungagung dan mitra II di Kota Blitar. Permasalahan yang dihadapi mitra I adalah belum terpenuhinya permintaan pasar disebabkan karena keterbatasan peralatan yang dimiliki oleh mitra, pengetahuan manajemen tentang savety produce masih kurang, kemampuan manajemen di bidang pembukuan, pemasaran, personalia, yang masih rendah, belum memiliki SOP (Standard Operasional Procedure) yang jelas, diversifikasi produk ekspor yang masih sedikit, belum menggunakan media internet untuk melakukan promosi produk. Permasalahan yang dihadapi mitra II, belum terpenuhinya permintaan pasar disebabkan karena keterbatasan peralatan yang dimiliki oleh mitra (kapasitas mixer yang kecil), kemampuan manajemen di bidang pembukuan, pemasaran, personalia, yang masih rendah, belum memiliki SOP yang jelas, produk yang dihasilkan belum memiliki SNI.

Metode pelaksanaan dari kegiatan PPPE adalah melalui pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan dilakukan dibidang keuangan, pemasaran dan produksi serta mensinergikan hubungan kerjasama antara mitra 1 dan mitra 2.

Luaran program ini adalah terjalinnya hubungan antar mitra, penyediaan peralatan, pembukuan laporan keuangan sesuai PSAK, keamanan operasional produksi, branding, adanya webb, dan kemasan produk yang lebih baik serta HAKI.


Full Text:

PDF

References


Ni Nyoman Resmi. 2011. Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menang Dalam Kompetisi Widyatech. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 10 No. 3 April 2011.

Wardani, Dyah Kusuma. Marimin dan Kasutjianingati. 2015. Strategi Peningkatan Kualitas untuk Pasar Internasional melalui Penerapan Manajemen Kualitas Total: Pembelajaran dari Produk Edamame Beku. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 12 No. 1, Maret 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jaim.v2i2.369

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jaim : Jurnal Abdi Masyarakat Index By :

 

Flag Counter