Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri)

Lolyka Indrasari(1*),

(1) Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara persedian barang, harga,lokasi, bauran komunikasi serta desain dan tampilan toko pembelian ulang konsumen di Indomaret Bandar Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Indomaret Bandar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument utama, dan kuisioner menggunakan skala Likert untuk mengukur jawaban responden. Analisis jalur digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara bauran pemasaran ritel dan keputusan pembelian ulang konsumen. Analisis regresi dengan metode stepwise menghasilkan 3 variabel prediktor utama yang dapat digunakan untuk mengukur loyalitas pelanggan indomaret. Ketiga variabel tersebut adalah kepuasan, merchandise, dan promosi. Hasil uji serentak yang disajikan menghasilkan nilai sig sebesar 0.000. Nilai ini lebih kecil dari tingkat kesalahan penelitian yang digunakan yaitu 0.05 (5%), sehingga kesimpulan yang dapat diambil adalah variabel kepuasan, merchandise, dan promosi berpengaruh signifikan secara serentak terhadap loyalitas pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management. 7th ed. New York: Mc.Graw-Hill. Irwin.

Berman, Berry & Evans, Joel. R. (2007). Retail Management. 10th ed. United States of America. Pearson. Prentice Hall.

Kotler, P. Dan Armstrong, gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta:

Erlangga.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter