ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG PAPAR UNTUK PERENCANAAN JALAN TOL KERTOSONO-KEDIRI

Authors

  • Endro Wibisono Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Shofwan Donny Cahyono Fakultas Teknik Universitas Widya Kartika
  • Adhi Muhtadi Fakultas Teknik Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i2.492

Keywords:

Traffic Performance, Degree of Saturation, Signal Intersection, Toll Planning

Abstract

The Papar intersection is a very congested route because the location is in the Kertosono-Kediri toll road planning area for the economic distribution of the Western and Southern East Java Provinces. There needs to be a traffic engineering management so that the intersection is not increasingly saturated. As a benchmark is the forecasting of traffic performance carried out for 2 years from 2019 to 2021. The intersection of the Simpang Papar due to the construction of the Kertosono-Kediri toll road will decrease the value of the DS by developing the Kertosono-Kediri toll road so that the DS value is below 1 (one). The lowest 2021 DS is 0.17, while the highest DS is 0.46. Based on the results of forecasting, the intersection of Papar after the construction of the Kertosono - Kediri toll road has increased the volume of traffic along with the growth in vehicle numbers. The lowest 2045 DS year is 0.94, while the highest DS is 2.51. The solution to dealing with traffic congestion in the year 2045 is by traffic monitoring, especially the signal settings and vehicle restrictions. 

Keywords : Traffic Performance, Degree of Saturation, Signal Intersection, Toll Planning


Persimpangan Papar adalah rute yang sangat padat karena lokasinya berada di area perencanaan jalan tol Kertosono-Kediri untuk distribusi ekonomi Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur Selatan. Perlu ada manajemen rekayasa lalu lintas agar persimpangan tidak semakin jenuh. Sebagai patokan adalah peramalan kinerja lalu lintas yang dilakukan selama 2 tahun dari 2019 hingga 2021. Persimpangan Simpang Papar karena pembangunan jalan tol Kertosono-Kediri akan menurunkan nilai DS dengan mengembangkan tol Kertosono-Kediri jalan sehingga nilai DS di bawah 1 (satu). 2021 DS terendah adalah 0,17, sedangkan DS tertinggi 0,46. Berdasarkan hasil peramalan, persimpangan Papar setelah pembangunan jalan tol Kertosono - Kediri telah meningkatkan volume lalu lintas seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan. Tahun 2045 DS terendah adalah 0,94, sedangkan DS tertinggi adalah 2,51. Solusi untuk menangani kemacetan lalu lintas pada tahun 2045 adalah dengan memonitor lalu lintas, terutama pengaturan sinyal dan pembatasan kendaraan.

Kata Kunci: Performa Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Persimpangan Sinyal, Perencanaan Tol


References

April Gunarto, A. I. C. K. (2019). Penelitian Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Bunga Pinus. UKaRsT, 3(1), 37. https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i1.351

Badan Pusat Statistik (2016). Kabupaten Kediri Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri. Kediri.

Candra, A I, Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2017). Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Kadiri. Semnastek, 4(2), 1–2. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Candra, Agata Iwan. (2018). STUDI KASUS STABILITAS STRUKTUR TANAH LEMPUNG PADA JALAN TOTOK KEROT KEDIRI MENGGUNAKAN LIMBAH KERTAS. UKaRsT, 2(2), 11.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonseia (PKJI). Jakarta.

McShane, William R. & Roess, Roger P. (1990). Traffic Engineering. Pearson Higher Education, Inc. New Jersey.

Miro, Fidel (2004). Perencanaan Transportasi Untuk Perencana dan Praktisi. Erlangga.

Jakarta. Oglesby, Clarkson H dan Hicks. R. G, 1998, “Teknik Jalan Raya“, Jakarta: Erlangga.

Wibisono, RE., Muhtadi, A., & Cahyono MSD., (2019). “Kajian Analisis Lalulintas Simpang Bersinyal di By Pass Krian Untuk Perencanaan Pelebaran Jalan dan Fly Overâ€. Ge- STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, Vol.02, No.01, Maret 2019, hal : 9-15.

Pradipta, R. E., Purba, T., Wicaksono, Y. W. Y., & k Idriastuti, A. (2017). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Flyover Di Bundaran Kalibanteng. Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(1), 263-274.

Budi, S., Sihite, G., Indriastuti, A. K., & Priyono, E. Y. (2017). PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDASARKAN PKJI 2014 DAN PENGAMATAN LANGSUNG (Studi Kasus: Simpang Jl. Brigjend Sudiarto/Jl. Gajah Raya/Jl. Lamper Tengah Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(2), 180-193.

Khairunnisa, N. F., Yanti, A., Priyono, E. E. Y., & Supriyono, S. (2017). Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Simpang Di Jalan Layang Dan Bundaran Kalibanteng, Semarang Dengan Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang Simpang Bersinyal Terkoreksi. JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL, 6(2), 107-117.

Sraun, D., Rumayar, A. L., & Longdong, J. (2018). ANALISA KINERJA LALU LINTAS PERSIMPANGAN LENGAN TIGA BERSIGNAL DI MANADO (Studi Kasus: Persimpangan Jalan RE Martadinata). JURNAL SIPIL STATIK, 6(7).

Kristanto, H. S. (2013). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Bangak di Kabupaten Boyolali) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-12

How to Cite

Wibisono, E., Cahyono, M. S. D., & Muhtadi, A. (2019). ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG PAPAR UNTUK PERENCANAAN JALAN TOL KERTOSONO-KEDIRI. UKaRsT, 3(2), 113–120. https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i2.492

Issue

Section

Articles