ANALISIS KINERJA PARKIR SEPANJANG JALAN WALIKOTA MUSTAJAB SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30737/ukarst.v1i1.81Abstract
Jumlah kendaraan yang meningkat di kota Surabaya membutuhkan lahan parkir yang mencukupi. Sepanjang ruas jalan protokol banyak dijumpai kendaraan parkir di tepi jalan. Larangan parkir masih dijumpai kendaraan parkir. Hal ini menunjukkan kebutuhan parkir sangat tinggi. Jalan Walikota Mustajab Surabaya menjadi salah satu objek penelitian parkir. Kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan tersebut sangat menganggu aktifitas lalu lintas. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kinerja parkir di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya.Tujuan dari studi ini adalah untuk mendapatkan solusi yang dapat ditawarkan untuk menanggulangi kejenuhan di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Metode yang mengunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan PedomanTeknik Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa pengamatan data lapangan yang terdiri dari data jumlah kendaraan parkir, durasi parkir dan volume lalu lintas, sedangkan data sekunder didapatkan dari peta ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Hasil analisis studi diperoleh ruas jalan Walikota Mustajab telah mengalami kejenuhan dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,31. Alternatif penanganan adalah membuat Off Street Parking, yang nilai derajat kejenuhannya berkurang sampai 0,85. Setelah diberlakukan Off Street Parking derajat kejenuhan menjadi berkurang. Selain itu dari segi karakteristik parkir pada ruas – ruas Jalan Walikota Mustajab diperoleh hasil volume parkir sebesar 544 mobil, dimana kapasitas parkir mencapai 58 Satuan Ruang Parkir. Akumulasi parkir terbesar didapatkan nilai sebesar 29 mobil dan durasi parkir terlama adalah 60 menit dengan nilai 22.30% pada ruas Jalan Walikota Mustajab. Pada jalan Walikota Mustajab ini sistem tarif parkir masih menggunakan sistem tarif tetap dengan harga Rp.1500,- untuk sepeda motor dan Rp.3000,- untuk mobil. Disarankan memperbanyak penyediaan fasilitas Off Street Parking seperti lahan kosong parkir Bangi Kopi Tiam yang memiliki paÂÂÂÂnjang 32 meter dan lebar 22 meter.
Â
Kata kunci : Kinerja parkir, MKJI, kapasitas jalanReferences
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia
Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Fasilitas Parkir, Jakarta.
Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.
Hobbs, FD., Perencanaan Teknik Lalu-Lintas, edisi kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Khisty, Jotin C, Lall, Kent B, Dasar- dasar Rekayasa Transportasi, jilid 2, Erlangga, Jakarta.
Munawar, Ahmad, 2005 Analisis Kebutuhan Parkir di Lingkungan Kampus UGM. Yogyakarta : Makalah Pada Simposium III FSTPT UGM.
Ofyar Z. Tamin, 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB.
Pignataro, 1973, Traffig Engineering–Theory and Practice, Prentice Hall, Inc. Traffic Planning And Design.
Sulistio, Harnen, Sri Wiwoho Mudjanarko, 2011, Scenario Of Parking Distribution With Intelligent Transportation Systems, International Journal of Academic Research 3.2.
Supriono, Joko, Sri Wiwoho Mudjanarko, 2016, Evaluasi Kinerja Parkir Di Rsu Haji Surabaya, E-Jurnal Spirit Pro Patria 1.2.
Warpani, P. Suwardjoko, 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bandung , Penerbit ITB.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) The copyright of published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscript. Therefore, the author needs to confirm that the copyright has been managed by the publisher with the Publication Right Form which must be attached when submitting the article.
(2) Publisher of U Karst is Kadiri University.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution-ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.