Analisis Faktor-Faktor yang Mendasari Perilaku Kecurangan Akademik

Authors

  • I Gde Agung Wira Pertama Warmadewa University
  • I Putu Budi Anggiriawan

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v7i2.2826

Keywords:

Kecurangan Akademik, Fraud Pentagon, Self-esteem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pengaruh fraud pentagon dan self-esteem pada perilaku kecurangan akademik. Terdapat beberapa faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan tindak kecurangan. Berdasarkan Crowe’s Fraud Pentagon Model, terdapat lima elemen yang mendorong seseorang melakukan kecurangan yang terdiri dari elemen tekanan, peluang, rasionalisasi, kompetensi, dan arogansi. Sifat kepribadian diyakini mampu mempengaruhi perilaku seseorang salah satunya self-esteem. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Warmadewa dan Universitas Mahasaraswati. Hasil uji instrumen menyatakan bahwa instrumen penelitian telah valid dan reliabel. Uji asumsi klasik menunjukan bahwa penelitian ini telah memenuhi asas normalitas, terbebas dari heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Hipotesis diuji dengan analisis regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa peluang, rasionalisasi, dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku kecurangan akademik. Hasil berikutnya menunjukan bahwa self-esteem berpengaruh negative dan signifikan pada perilaku kecurangan akademik. Berbanding terbalik dengan tekanan dan arogansi yang justru berpengaruh tidak signifikan pada perilaku kecurangan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfiana, M., & Sholikhah, N. (2021). Fraud Diamond Dan Literasi Ekonomi Sebagai Determinan Perilaku Kecurangan Akademik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1623–1637. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/658

Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. (2021). ONLINE LEARNING DISHONESTY AT THE BEGINNING OF THE COVID-19. 19(1), 66–83.

Cushman, F. (2019). Rationalization is rational. Behavioral and Brain Sciences, 1. https://doi.org/10.1017/S0140525X19001730

Damayanti, N. N. S. R. (2019). The Effect of Work Engagement and Self-Efficacy on Job Burnout of Credit Analyst. International Journal of Applied Business and International Management, 4(3), 113–120. https://doi.org/10.32535/ijabim.v4i3.689

Hendricks, B. (2004). Academic Dishonesty : A Study in the Magnitude of and Justifications for Academic Dishonesty Among College Undergraduate and Graduate Students. In Jurnal of College Student Development (Vol. 5, Issue 3).

Marks, T. J. (2014). Playing Offense in a High-Risk Environment (Issue November).

Muhsin, Kardoyo, & Nurkhin, A. (2018). What Determinants of Academic Fraud Behavior? From Fraud Triangle to Fraud Pentagon Perspective. KnE Social Sciences, 3(10), 154. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3126

Purnamasari, D., & Irianto, G. (2013). Analisis Pengaruh Dimensi fraud Triangle terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Saat Ujian dan Metode Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2(2), 1–25.

Rangkuti, A. A. (2011). Academic Cheating Behaviour of Accounting Students : A Case Study in Jakarta State University. Proceedings 5th Asia Pacific Conference on Educational Integrity, 105–109. https://docplayer.net/27121639-Academic-cheating-behaviour-of-accounting-students-a-case-study-in-jakarta-state-university.html

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133

Sagoro, E. M. (2013). Pensinergian Mahasiswa, Dosen, Dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 54–67. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691

Sharma, S. (2006). Emotional stability of visually disabled in relation to their study habits. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 32(1), 30–32.

Shon, P. C. H. (2006). How College Students Cheat On In-Class Examinations: Creativity, Strain, and Techniques of Innovation. Plagiary: Cross-Disciplinary Studies in Plagiarism, Fabrication, and Falsification, 1(10), 1–20. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:How+College+Students+Cheat+On+In-Class+Examinations:+Creativity,+Strain,+and+Techniques+of+Innovation#0

Silverman, S. B., Johnson, R. E., Mcconnell, N., & Carr, A. (2012). Arrogance : A Formula for Leadership Failure. The Industrial-Organizational Psychologist, 50(1), 21–28.

Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169

Tanesini, A. (2018). Arrogance, anger and debate. Symposion, 5(2), 213–227. https://doi.org/10.5840/symposion20185217

Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Uher, J. (2017). Open Peer Commentary and Authors’ Response. European Journal of Personality, 31(5), 529–595. https://doi.org/10.1002/per.2128

Widyastuti Y, Rahmawati A, Purnamaningrum YE. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya

Wolfe, D. T., & Hermanson, D. R. (2004). The FWolfe, D. T. and Hermanson, D. R. (2004) ‘The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud: Certified Public Accountant’, The CPA Journal, 74(12), pp. 38–42. doi: DOI:raud Diamond : Considering the Four ElemWolfe, D. T. and Hermanson, D. R. The CPA Journal, 74(12), 38–42.

Yulianto, A., Dahriyanto, L. F., Wijayanti, R., & Adininggar, P. (2020). The Effect of Fraud Pentagon and Academic Procrastination Dimensions Towards Academic Dishonesty of Students of Social Science in Senior High School of Semarang. 464(Psshers 2019), 1158–1169. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.251

Yusof, Mohamed Khair, Ahmad Simon, J. (2013). The Macrotheme Review. A Multidisciplinary Journal of Global Macro Trends, 2(4), 144–160.

PlumX Metrics

Published

2022-08-31

How to Cite

Pertama, I. G. A. W., & Anggiriawan, I. P. B. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mendasari Perilaku Kecurangan Akademik. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 7(2), 184–195. https://doi.org/10.30737/ekonika.v7i2.2826