EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN DI DESA CINENGAH KECAMATAN RONGGA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Adji Priatna Anwar Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Admininstrasi Cimahi, Indonesia
  • Fitri Melawati Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Admininstrasi Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i1.5174

Keywords:

Efektivitas, Pengelolaan Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur Pedesaan

Abstract

Efektivitas pembangunan pada tingkat desa merupakan tuntutan bagi pengembangan desa yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perwujudannya perlu ditunjang oleh pengelolaan anggaran pembangunan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Termasuk ke dalamnya adalah efektivitas pengelolaan Dana Desa pada pembangunan infrastruktur perdesaan. Atas dasar tersebut, penelitian ini berusaha mengkaji Efektivitas Pengelolaan Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Perdesaan di Desa Cinengah Kecamtan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi...observasi,wawancara,dan..dokumentasi. Informan berjumlah 8.orang yang..ditetapkan..secara..purposif. Kemudian, analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari pembahasan hasil penelitian menyimpulkan bahwa.pengelolaan..Dana Desa dalam pembangunan infrastruktur perdesaan di Desa Cinengah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat sudah efektif, namun belum maksimal. Hal ini tampak dari aktivitas pembangunan yang sudah cukup memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat dengan kualitasnya yang baik, pelaksanaan pembangunan infrastruktur perdesaan yang sudah sesuai dengan rencana dalam RKPDes dan RPJMDes, pembangunan infrastruktur perdesaan telah dilaksanakan berdasarkan aspirasi masyarakat dan sudah memanfaatkan hasil perkembangan teknologi, adanya peningkatan kapasitas pegawai serta pengembangan sarana dan prasarana berdasarkan kebutuhan, sekalipun belum dilaksanakan secara merata.

References

Bellone, C. J. (1980). Organization Theory and The New Public Administration. Allyn and Bacon.

Bryant, & White, C. (1989). Manajemen Pembangunan untuk Negara Berkembang. LP3ES.

Cresswell, J. W. (2009). Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar

Dubnick, M. J. (2003). Accountabillity and Ethics Reconsidering The Realionship. Accountabillity and Ethics Reconsidering The Realionship, 6(International Journal of Organization Theory and Behavior).

Dwipayana, Ari; Eko, S. (2003). Membangun Good Governance di Desa. IRE

Elcock, H. (2005). Local Government (Third Edit). Routledge.

Fauzi, A. (2019). Efektivitas Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Gunung Kelambu Kecamatan Badri Kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Muhamadiyah Medan.

Marbun, B. N. (2008). Proses Pembangunan Desa. Erlangga.

Mc Andrew; Ichlasul Amal. (2001). Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pembangunan. PT Raja Grafindo.

Moleong, L. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Papasi, J. M. (1994). Administrasi Pembangunan. Pionir.

Parikesit. (2004). Landasan Kebijakan dan Strategi Pengembangan Infrastruktur Perdesaan. TKPIP Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Sedarmayanti. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusiadan Produlktivitas. Penerbit Mandar Maju.

Siagian, S. P. (2006). Administrasi Pembangunan. Gunung Agung.

Solihatul, F. (2019). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Kualitas Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah di Desa Madumulyorejo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Steers, R. M. (1985). Efektivitas Organisasi (Magdalena (ed.)). Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

PlumX Metrics

Published

2024-02-05