IMPLEMENTASI PENGADAAN BARANG DAN JASA MELALUI SISTEM KATALOG ELEKTRONIK (E-PURCHASING) DI KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Imam Fachrudin Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri
  • Imron Fanani Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i2.5349

Keywords:

pengelolaan barang dan jasa publik, Impelementasi Kebijakan Publik, E-Pu

Abstract

Kebijakan pengadaan barang dan jasa telah beralih yang dulu dilakukan secara konvensional menjadi elektronik. Pengadaan barang dan jasa secara elektronik dapat dilakukan melalui E-Tendering dan E-Purchasing. Di Pemerintah Kabupaten Kediri salah satu pelaksana kebijakan pengadaan barang dan jasa adalah Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Penelitian ini akan Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pengadaan barang dan jasa melalui sistem katalog elektronik (e-purchasing) di lingkungan BPKAD Kabupaten Kediri. Selain itu, menjelaskan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pengadaan Barang dan Jasa Melalui Sistem Katalog Elektronik (E- Purchasing) di Kabupaten Kediri pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi yang diterapkan oleh BPKAD Kabupaten Kediri sudah cukup lancar karena masing-masing implementasi telah dijalankan sesuai dengan prosedur dan dapat dijabarkan sebagai berikut Pertama, efektivitas penggunaan e-purchasing dalam efisiensi pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri terlaksana dengan baik. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi penggunaan e-purchasing dalam efisiensi pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. Adapun faktor pendukung utama penggunaan e-purchasing adalah komunikasi. Selanjutnya, faktor penghambat yang memiliki pengaruh besar terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan terdiri dari beberapa “kesulitan teknis” tersebut antara lain: SDM tenaga teknis yang belum menguasai aplikasi e-Purchasing. Pergantian pejabat pengadaan ataupun PPK juga berpotensi menghambat pelaksanaan program ini. Selain itu, ketersediaan stock yang sesuai sepesifikasi dan kebutuhan yang terbatas dan lokasi vendor.

References

Cahyadi, A. (2016). PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good) Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02).

Dama, Y., Rotinsulu, T. O., & Walewangko, E. N. (2021). PENGARUH IMPLEMENTASI E-PURCHASING, AKSES PASAR, DAN PERSAINGAN BISNIS TERHADAP PRINSIP AKUNTABEL PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara). JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH, 21(3), 96–116.

EDWARD III, G. C. (1980). Implementing public policy. Congressional Quarterly Press.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Lestyowati, J. (2018). Analisis Permasalahan E-Purchasing Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Satuan Kerja (STUDI KASUS SATKER KEMENTERIAN KEUANGAN). Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1), 669–695.

Moleong Lexy, J. (2000). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Posdakarya, Bandung.

Santos, M. G. P. (2018). Public Policies for Inclusive Development and Innovation: Landmark Legislation and Trends in Indonesia, Malaysia, The Philippines, Thailand, and Vietnam. UNIID-SEA Inc.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Supriaddin, N. (2018). Pengaruh Penerapan E-Tendering dan E-Purchasing Terhadap Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa. SIGMA: Journal of Economic and Business, 1(1), 72–77.

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The policy implementation process: A conceptual framework. Administration & Society, 6(4), 445–488.

PlumX Metrics

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles