PELATIHAN ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK GURU TK/KB GOLAN KABUPATEN MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v5i2.2611Keywords:
media, pelatihan, pembelajaran daring, dan zoom meetingAbstract
media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara gratis pada pembelajaran jarak jauh. Masalah muncul, ketika pendidik kurang menguasi aplikasi zoom meeting sebagai media pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih guru-guru memanfaatkan Zoom Meeting sebagai media pembelarang daring. Langkah-langkah kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan perencanaan bersama tim, kemudian persiapan kegiatan, dan yang terakhir adalah pelaksanaan pelatihan. Guru berlatih melalui tahapan yang diinstruksikan mulai dari sederhana menuju rumit sesuai kebutuhan sekolah. Tahapan yang dilakukan antara lain mengunduh aplikasi zoom, Sign Up zoom, Join Zoom dan Membuat Meeting Sendiri di Zoom. Respon guru sebagai peserta cukup baik sehingga semuanya mampu menguasai materi dan berhasil mengerjakan Latihan yang diberikan.References
Falahi, A., J. H. (2021). Pelatihan Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Layanan Konferensi Dalam Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Ajibaho. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAJU UDA Universitas Darma Agung MEDAN, 2(1), 76–86.
Haqien, D., A. A. R. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan)., 5(1), 51–56.
Kusmiat, H., S. L. (2021). Pelatihan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Tk Al Ikhlas 256. FLEKSIBEL Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19–31.
Munasiah. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Educatio, 7(3), 1163–1169.
Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital, 593–607.
Sandiwarno, S. (2021). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yessi Yunitasari, Inung Diah Kurniawati, Estuning Dewi Hapsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).