STRATEGI PENINGKATAN LITERASI NUMERASI BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SD SESUAI TUNTUTAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Lusi Susanti Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Universitas Negeri Padang
  • Anisah Anisah Universitas Negeri Padang
  • Widiawati Widiawati Departement of Educational Administration, Faculty Of Educationa, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6148

Keywords:

Independent Curriculum, Digital-Based Learning, Numeracy Literacy , 21st Century Learning

Abstract

Pembelajaran literasi numerasi menjadi salah satu bagian pokok dari kurikulum merdeka dan sebagai bekal keterampilan yang harus dimiliki siswa SD. Namun, dilapangan ditemukan data rendahnya literasi numerasi siswa berdasarkan AKM. Maka melalui pendekatan user requirement perlu dilaksanakan pelatihan dan pendampingan pengembangan kemampuan literasi numerasi kepada guru SD untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi numerasi guru yang dilaksanakan dengan berbasis digital. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru tentang literasi numerasi. Kegiatan ini dilaksanakan bagi seluruh guru SD Negeri di Kec. Lareh Sago Halaban, dengan jumlah peserta 35 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah. Kegiatan pengabdian ini terselenggara dengan baik. Peserta antusias dalam setiap aktivitas. Peserta pun menyatakan bahwa mereka mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan baru dengan adanya kegiatan pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat respon positif peserta terhadap pelatihan dimana persentase capaian tentang efektivitas pelaksanaan pelatihan adalah 90,63%. Dari aspek kemampuan peserta pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan peserta dari 80,58% menjadi 89.09%.

Author Biographies

Lusi Susanti, Universitas Negeri Padang

Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan

Nurhizrah Gistituati, Universitas Negeri Padang

Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan

Anisah Anisah, Universitas Negeri Padang

Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158.

Ar, M. M., Aini, K., & Hidayatillah, Y. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 111–125.

Asri, A., Mustamin, M., Nooviar, M. S., Deviv, S., Munir, N. S., Arifuddin, M. S., Akhmad, N. F., & Dewi, A. F. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKSIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2354–2366.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Cao Thi, H., Le, T. A., Tran Ngoc, B., & Phan Thi Phuong, T. (2023). Factors affecting the numeracy skills of students from mountainous ethnic minority regions in Vietnam: Learners’ perspectives. Cogent Education, 10(1), 2202121.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan pembuatan buku digital berbasis kvisoft flipbook maker bagi para guru di smk ti udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103.

Gal, I., Grotlüschen, A., Tout, D., & Kaiser, G. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field. Zdm, 52, 377–394.

Gervasoni, A. (2000). Problem solving enhances children’s numeracy learning. Australian Primary Mathematics Classroom, 5(4), 12–14.

Göbel, S. M., Watson, S. E., Lervåg, A., & Hulme, C. (2014). Children’s arithmetic development: It is number knowledge, not the approximate number sense, that counts. Psychological Science, 25(3), 789–798.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Merkley, R., & Ansari, D. (2016). Why numerical symbols count in the development of mathematical skills: Evidence from brain and behavior. Current Opinion in Behavioral Sciences, 10, 14–20.

Munahefi, D. N., Lestari, F. D., Mashuri, M., & Kharisudin, I. (2023). Pengembangan kemampuan literasi numerasi melalui pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 663–669.

Raghubar, K. P., & Barnes, M. A. (2017). Early numeracy skills in preschool-aged children: a review of neurocognitive findings and implications for assessment and intervention. The Clinical Neuropsychologist, 31(2), 329–351.

Sabidin, Z., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2017). A case study to identify level of numeracy competency among high achievers. Advanced Science Letters, 23(9), 8313–8315.

Shela, Y. P., & Mustika, D. (2023). Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2173–2180.

Suharto, T. (2024). Model Pengembangan Kompetensi Keprofesian Widyaiswara Berkelanjutan Dalam Era Digital. Prosiding PITNAS Widyaiswara, 1, 373–389.

Toll, S. W. M., Van der Ven, S. H. G., Kroesbergen, E. H., & Van Luit, J. E. H. (2011). Executive functions as predictors of math learning disabilities. Journal of Learning Disabilities, 44(6), 521–532.

Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Xiao, F., Barnard-Brak, L., Lan, W., & Burley, H. (2019). Examining problem-solving skills in technology-rich environments as related to numeracy and literacy. International Journal of Lifelong Education, 38(3), 327–338.

Zukhrufurrohmah, Z., & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan pengembangan instrumen berciri literasi numerasi dalam menyiapkan AKM pada guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249–260.

Downloads

PlumX Metrics

Published

12/10/2024

How to Cite

Susanti, L., Gistituati, N., Anisah, A., & Widiawati, W. (2024). STRATEGI PENINGKATAN LITERASI NUMERASI BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SD SESUAI TUNTUTAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Abdi Masyarakat, 8(1), 276–296. https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6148