PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v7i2.5122Keywords:
Aplikasi Canva , Keterampilan Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Abad 21Abstract
Gaya belajar peserta didik harus berubah baik dari segi cara mengajar sekaligus penyiapan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu usaha yang seharusnya dilakukan oleh pendidik adalah dengan menyajikan pembelajaran mengunakan media interaktif melalui pemanfaatan perkembangan teknologi salah satunya melalui aplikasi canva. Namun belum semua mereka memiliki keterampilan dan kemampuan dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva tersebut. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Labuah Gunuang, Kec. Lareh Sago Halaban, dengan pesertaterdiri dari seluruh guru SD Negeri yang berjumlah 34 orang. Kegiatan terlaksana sesuai rencana dan target. Seluruh peserta mengikuti setiap kegiatan pelatihan dengan fokus, semangat dan antusias. Hasil pengukuran terhadap efektivitas pelaksanaan kegiatan pengabdian menunjukkan capaian 93,1%. Hasil evaluasi terhadap tingkat pemahaman peserta pelatihan diperoleh bahwa tingkat pemahaman peserta pelatihan berada pada persentase 97,06% dan kemampuan dalam menggunakan media canva dalam membuat media pembelajaran berada pada capaian 95,10
References
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227 DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227
Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, Muh. Rahmat, Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa ..., 1, 143–151. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16867
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–82. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5050
Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Ter-bimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pen-didikan Fisika Indonesia 6, no. 1
Kurniawan, D. candra, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mmata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4, 119–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia JenjangSMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahma Elvira Tanjung, D. F. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaram pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751 DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33
Suyasa, P.W.A., Divayana, D.G.H., & Adiarta, A. (2017). Pemberdayaan Teknologi Open Source Dalam Pembuatan Modul Digital Bagi Para Dosen di Lingkungan STIKES Buleleng. Jurnal Widya Laksana, 6 (2), 120-129.
Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. PaperKnowledge . Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Widiawati Widiawati, Hanif Alkadri, Yulianto Santoso, Fifin WildanahAuthors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).