Model Penerimaan Teknologi dalam Penggunaan LMS Virlenda

Authors

  • Yitno Utomo Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Afiff Yudha Tripariyanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Diyah Ayu Setiyorini Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Adi Buana Suarabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v6i1.2854

Keywords:

LMS, TAM, Thecnology, VIRLENDA

Abstract

LMS (Learning Management System) 'Virlenda' is one of the options of PGRI University Adi Buana Surabaya in developing modern learning (e-learning). The LMS Virlenda 'will be studied whether to have an effect on the variable specified by using the Technology Acceptance Model (TAM). There are 4 variables studied, namely the  perceived usefulness (X1), perceived ease of use (X2), Internet access (X3), and actual usage (Y1). Researchers took 174 sample students of LMS users 'virlenda'. The study also uses data analysis technique with the Structural Equation Model (SEM) approach with AMOS Graphics count tools for Technology Accepted Model (TAM) modeling. The results show that the technology acceptance model accepts the effect of perceived usefulness with actual usage with CR = 3.118 or CR > 1.96 for a significance level of 5% and the resulting p-value is 0.002. The technology acceptance model does not accept the effect of perceived ease of use on actual usage because CR = -0.475 or CR 1.96 for a significance level of 5% and the resulting p-value is 0.634. And the technology acceptance model accepts the effect of internet access on actual usage with CR = 2.633 or CR > 1.96 for a significance level of 5% and the resulting p-value is 0.008.

LMS (Learning Management System) VIRLENDA menjadi salah satu pilihan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam mengembangkan pembelajaran secara modern (e-learning). LMS VIRLENDA ini akan diteliti apakah memiliki pengaruh terhadap variabel yang ditentukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Terdapat 4 variabel yang diteliti, yaitu persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan (X2), akses internet (X3), dan penggunaan sesungguhnya (Y1). Penelitii mengambil 174 sampel mahasiswa pengguna LMS ‘VIRLENDA’. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisa data dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan alat bantu hitung AMOS Graphics untuk pemodelan Technology Accepted Model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan model penerimaan teknologi menerima pengaruh persepsi kegunaan dengan penggunaan sesungguhnya dengan CR = 3,118 atau CR >1,96 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai p-value yang dihasilkan adalah 0,002. Model penerimaan teknologi tidak menerima pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan sesungguhnya dikarenakan CR = -0,475 atau CR ≤ 1,96 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai p-value yang dihasilkan adalah 0,634. Dan model penerimaan teknologi menerima pengaruh akses internet terhadap penggunaan sesungguhnya dengan CR = 2,633 atau CR > 1,96 untuk taraf signifikansi 5% dan nilai p-value yang dihasilkan adalah 0,008.

References

A. A. Qonita, Sulton, and Y. Soepriyanto, “PERSEPSI KEGUNAAN , KEMUDAHAN DAN AKSESIBILITAS TERHADAP PENERAPAN SIPEJAR MENGGUNAKAN MODEL TAM ( TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ),†J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 140–148, 2019.

N. Asman, Studi Kelayakan Bisnis (pedoman memulai bisnis di era industri 4.0). Indramayu: CV Adanu Abimata, 2020.

S. Jamal, “ANALISIS SCHOOLOGY MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA SISWA TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN,†J. Nalar Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 117–124, 2019.

A. Nico, Y. Hari, and Darmanto, “KAJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING,†Semin. Nas. Ilmu Terap., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018.

S. S. Lee and Wella, “Analisis Technology Acceptance Model Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa,†J. Sist. Inf. (ULTIMA InfoSys), vol. IX, no. 2, pp. 70–78, 2018.

C. K. Murni and R. Harimurti, “PENGARUH E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERANGKAT KERAS JARINGAN KELAS X TKJ 2 PADA SMK NEGERI 3 BUDURAN, SIDOARJO,†J. Inf. Technol. Educ., vol. 01, pp. 86–90, 2016.

E. R. Lestari, F. L. Ardianti, and L. Rachmawati, “Firm performance model in small and medium enterprises (SMEs) based on learning orientation and innovation,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 131, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1755-1315/131/1/012027.

S. Y. Yulfianti and R. M. Dewi, “Efek Learning Management System Berbasis Google Classroom dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa,†J. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 491–502, 2021.

H. Praherdhiono, Z. Abidin, E. P. Adi, Y. Prihatmoko, Suryadi, and Y. Soepriyanto, “Learning Design for Strengthening of Learner Self-Concept,†Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 285, no. Icet, pp. 141–145, 2018.

S. H. Alshammari, M. B. Ali, and M. S. Rosli, “The Influences of Technical Support , Self Efficacy and Instructional Design on the Usage and Acceptance of LMS : A Comprehensive Review,†J. Educ. Technol., vol. 15, no. 2, pp. 116–125, 2016.

D. Fecira, T. Mohd, and K. Abdullah, “ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),†J. Ekon. Sosia Hum., vol. 02, no. 04, pp. 35–50, 2020.

R. N. Rahmawati and I. M. Narsa, “ACTUAL USAGE PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),†J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 127–136, 2019.

Y. Utomo, I. Sudarso, and Lukmandono, “PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGUKUR PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN DIGITALISASI YELLOW PAGES ( Studi kasus pada Perusahaan MD. Media Surabaya ),†Semin. Int. dan Konf. Nas. IDEC 2016, pp. 194–203, 2016.

S. M. Ratri, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE OLEH GURU SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),†Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) ( Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta ),†JUTEI, vol. 1, no. 2, pp. 85–95, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.20.

D. Napitupulu et al., “Analysis of Technology Acceptance Model (TAM) on E-Learning System,†Int. Conf. Educ. Technol. (2017 ICEduTech), vol. 144, pp. 247–251, 2018.

R. N. Rahmawati and I. M. Narsa, “Intention to Use e-Learning : Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM),†Ris. J. Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 260–269, 2019.

M. F. Rumba, F. A. Wara, and T. W. Mado, “Technology Acceptance Model Untuk Penggunaan E-learning di Universitas Nusa Nipa Maumere,†J. Komput. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.35508/jicon.v7i2.2189.

M. Khabibullah, “PENGARUH MEDIA DAN PROMOSI PEMASARAN TERHADAP PEMANFAATAN JASA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI OLEH MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUDDIN GRESIK,†QIEMA (Qomaruddin Islam. Econ. Mag., vol. 5, no. 2, pp. 106–123, 2019.

F. Ulfa, Ruslan, and Muliadi, “Analisis Unjuk Kerja Akses Internet di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,†J. Mediat., vol. 1, no. 1, pp. 50–53, 2018.

PlumX Metrics

Published

2022-10-29

How to Cite

Utomo, Y., Tripariyanto, A. Y., & Setiyorini, D. A. (2022). Model Penerimaan Teknologi dalam Penggunaan LMS Virlenda. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 6(1), 62–78. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v6i1.2854

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)