Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri)

Authors

  • Lolyka Dewi Indrasari Program Studi Teknik Industri,Fakultas Teknik,Universitas Kadiri.

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.71

Keywords:

Indomaret, loyality, Consument, satisfaction

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of the availability of goods, price, location, communication mix, and the design and appearance of consumer repurchase stores in Indomaret Bandar Kediri. The population in this study are all consumers who have made purchases at Indomaret Bandar. The sampling technique used was purposive sampling, with 100 respondents, data were collected using a questionnaire as the main instrument, and the questionnaire used a Likert scale to measure respondents' answers. Path analysis is used to identify the relationship between retail marketing mix and consumer repurchase decisions. Regression analysis using the stepwise method produces 3 main predictor variables that can be used to measure Indomaret customer loyalty. The three variables are satisfaction, merchandise, and promotion. The simultaneous test results presented produce a sig value of 0,000. This value is smaller than the research error level used which is 0.05 (5%), so the conclusions that can be drawn are satisfaction, merchandise, and promotions variables simultaneously have a significant effect on customer loyalty.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara persedian barang, harga,lokasi, bauran komunikasi serta desain dan tampilan toko pembelian ulang konsumen di Indomaret Bandar Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Indomaret Bandar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument utama, dan kuisioner menggunakan skala Likert untuk mengukur jawaban responden. Analisis jalur digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara bauran pemasaran ritel dan keputusan pembelian ulang konsumen. Analisis regresi dengan metode stepwise menghasilkan 3 variabel prediktor utama yang dapat digunakan untuk mengukur loyalitas pelanggan indomaret. Ketiga variabel tersebut adalah kepuasan, merchandise, dan promosi. Hasil uji serentak yang disajikan menghasilkan nilai sig sebesar 0.000. Nilai ini lebih kecil dari tingkat kesalahan penelitian yang digunakan yaitu 0.05 (5%), sehingga kesimpulan yang dapat diambil adalah variabel kepuasan, merchandise, dan promosi berpengaruh signifikan secara serentak terhadap loyalitas pelanggan.


References

H. N. Utami, I. Fauzi, and A. Firdaus, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis,†J. Ecodemica, 2018.

B. R. Londhe, “Marketing Mix for Next Generation Marketing,†Procedia Econ. Financ., 2014.

N. A. Wahab, L. F. A. Hassan, S. A. M. Shahid, and S. N. Maon, “The Relationship Between Marketing Mix And Customer Loyalty In Hijab Industry: The Mediating Effect Of Customer Satisfaction,†Procedia Econ. Financ., vol. 37, no. 16, pp. 366–371, 2016.

W. O. Lee and L. S. Wong, “Determinants of Mobile Commerce Customer Loyalty in Malaysia,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 224, no. August 2015, pp. 60–67, 2016.

T. S. Erdil and O. Özdemir, “The Determinants of Relationship between Marketing Mix Strategy and Drivers of Export Performance in Foreign Markets: An Application on Turkish Clothing Industry,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 235, no. October, pp. 546–556, 2016.

S. Ariffin, J. M. Yusof, L. Putit, and M. I. A. Shah, “Factors Influencing Perceived Quality and Repurchase Intention Towards Green Products,†Procedia Econ. Financ., vol. 37, no. 16, pp. 391–396, 2016.

L. Indrasari, “Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri),†JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, p. 47, 2017.

R. Hapsari, M. Clemes, and D. Dean, “The Mediating Role of Perceived Value on the Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction: Evidence from Indonesian Airline Passengers,†Procedia Econ. Financ., vol. 35, no. October 2015, pp. 388–395, 2016.

A. Fayshal, H. Medyawati, M. Pemasaran, U. Gunadarma, and F. Ekonomi, “Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok,†Asuransi dan Manaj. Resiko, 2013.

Wikipedia, “Indomaret,†Wikipedia, 2016. .

O. Baso and I. Sappaile, “Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Likert Dengan Pendekatan Distribusi Z,†J. Pendidik. dan Kebud., 2007.

S. R. A. Hendri Sukatjo, “Analiosa Marketing Mix-7P(Produk, Price, Promotion, Place, partisipant, Process, dan Physical Evidence ) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya,†J. Mytra Ekon. dan manjemen Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 216–228, 2010.

H. (Universitas B. N. Hartono, K. (Universitas B. N. Hutomo, and M. (Universitas N. Mayangsari, “PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN †DENGAN MENETAPKAN ALUMNI DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA SEBAGAI OBJEK PENELITIAN Hendry Hartono ; Karyana Hutomo ; Marshelia Mayangsari,†Binus Bus. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 882–897, 2014.

F. S. Adhaghassani, “STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) 7P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) di CHERRYKA BAKERY TUGAS,†Progr. Stud. Pendidik. Tek. BOGA Fak. Tek. Univ. NEGERI YOGYAKARTA 2016, vol. 2002, no. 1, pp. 35–40, 2016.

B. B. Ateba, A. Maredza, K. Ohei, P. Deka, and D. Schutte, “Marketing mix: It’s role in customer satisfaction in the South African banking retailing,†Banks Bank Syst., vol. 10, no. 1, pp. 83–91, 2015.

R. Sukamto and D. B. Lumintan, “The Impact of Marketing Mix towards Customer Loyalty Mediated by Customer Satisfaction of Blackberry Indonesia,†vol. 3, no. 2, pp. 316–324, 2015.

B. Saidani and I. K. R Sudiarditha, “Marketing Mix-7Ps: The Effect on Customer Satisfaction,†J. Pendidik. Ekon. Dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 72–86, 2019.

P. Sudhana, L. Lukmandono, and R. Prabowo, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan,†Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 38–44, 2019.

P. S. A. Dewi and N. W. S. Suprapti, “MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo),†Matrik J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, p. 87, 2018.

A. Nugraha, S. H. Sutjahjo, and A. A. Amin, “Analisis Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Jakarta Selatan,†J. Pengelolaan Sumberd. Alam dan Lingkung. (Journal Nat. Resour. Environ. Manag., vol. 8, no. 1, pp. 7–14, 2018.

R. S. Windira, Hubungan persepsi visual gambar patologi bahaya merokok pada bungkus rokok dengan perilaku merokok pada remaja di SMKN 2 Jember. 2016.

Karinovid, “Pengertian Bauran Pemasaran,†karinov id, 2016. [Online]. Available: https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/. [Accessed: 13-Sep-2019].

M. Y. R. N. D. R. Yuliana, “The Influence of Reliatation Safety and Healthy Work to Work Productivity Employees at PT PLN (Persero) Jawa Barat and Banten,†Int. J. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 701–707, 2013.

M. P. Dr. Whidmurni, “Penelitian Kuantitatif,†Pemaparan Metod. Kuantitatif, 2017.

Suliyanto, Metode Penelitian Bisnis, 1st ed. Andi Publisher, 2018.

Sugiyono, “Teknik Pengumpulan Data,†Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, p. 137, 2014.

I. Etikan, “Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling,†Am. J. Theor. Appl. Stat., 2016.

S. A. Aziz, R. Musa, and S. A. Rahman, “Theorizing Islamic Retail Experiential Value in Predicting Total Islamic Experience Quality: A Hypothesised Model,†Procedia Econ. Financ., vol. 37, no. 16, pp. 453–459, 2016.

A. D. . Janie, “Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS,†in Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS, ISBN: 978-., A. I. S, Ed. Semarang: Semarang University Press Semarang, 2012, p. 52 hal.

A. Field, Discovering statistics using IBM SPSS statistics. 2013.

A. D. . Janie, “Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS,†in Statistik Deskripstif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS, 2012.

A. Kelana Putera and Wahyono, “Management Analysis Journal Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen,†Manag. Anal. J., vol. 7, no. 1, 2018.

Y. Yusriadi, “Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Cepat Saji O’Chicken Di Pekanbaru,†J. Ilm. Ekon. Dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 71–77, 2018.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2017-11-10

How to Cite

Indrasari, L. D. (2017). Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.71

Issue

Section

Articles