PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART JL. JAKSA AGUNG SUPRAPTO NO.11 MOJOROTO-KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.316Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Alfamart Jl.Jaksa Agung Suprapto No.11Mojoroto Kediri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh Harga Secara Parsial terhadap Kepuasan Konsumen, (2) Bagaimanakah Pengaruhnya Kualitas Pelayanannya Secara Parsial terhadap Kepuasannya Konsumen, (3) Bagaimanakah Pengaruhnya Harganya dan Kualitasnya Pelayanannya Secara seluruh/Simultan terhadap Kepuasannya  Konsumen.  Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Afamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 11 Mojoroto-Kediri. Sampel digunakan dengan teknik incidental dan penarikan sampel menggunakan rumus Rao Purba sehingga diperoleh sampel 100 responden. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresiY = 2,914+ 0,502X1 + 0,052X2. Ada pengaruh antara harga secara parsial dengan nilai t = 7,645, ada pengaruh kualitas pelayanan secara parsial dengan nilai t = 3,162, ada pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan dengan nilai F = 65,870. Secara keseluruhan harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 57,6% sedangkan sisanya yaitu 34,13% dipengaruhi oleh variabel lain selain harga dan kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Â Kepuasan Konsumen
References
Agustina Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Penerbit Tim UB Press.
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. 2010. Metode Penelitian Edisi ke dua. BPFE. Yogyakarta.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaali,A.(2008). Skala Likert. Yogyakarta : Andi Offset.
Fadlika Yusli dan Harti. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumwn di Kolam renang Teuku Umar Bojonegoro. Jurnal Ekonomi.
Griffin, J. 2009. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Erlangga: Jakarta.
Ghozali,i. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali,i. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Expedisi di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 3. No.3
Indriyanto san Supomo. 2009. Metodologi Variabel Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Joko Untoro. 2010. Ekonomi. Jakarta: Kawah Media.
Kotler P. Dan K.L Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 edisi ke dua belas. Jakarta : Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ketigabelas. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Penerbit Erlangga : Jakarta.
Kristanti, D. (2018). Kebijakan Potongan Harga Dan Volume Penjualan, 16(2).
Lupiyoadi, R. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta.
Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi R. Dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Malik, Muhammad Ehsan, dkk. 2012. Impact of Brand image, Service Quality and price on customer satisfaction in pakitan telecomunication Sectpr International. Journal of business and social science.
Pongoh, Melyca Elisabeth. 2013. Kualitas pelayanan1, Kualitas produk dan Harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu As telkomsel dikota Manado. Jurnal Emba. Vol. 1 : hal 85-95.
Payne, A. 2010. Pemasaran Jasa. Edisi 1. Andi Offset. Yogyakarta.
Qin, dkk. 2010. Percerived Service Quality in fast food restaurants : empirical evidence from china. International Journal of Quality and Reliability Management. Volume 27. No. 4.
Rangkuty, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rao, Purba (2006). Measuring Customer Perception Through Factor Analysis.
Kristanti, D. (2018). Kebijakan Potongan Harga Dan Volume Penjualan, 16(2).
Yunanto, Y. (2017). Pengaruh Kualitias Peayanan Dan Disiplin Kerja Aryawan Biro Administrasi Umum Terhadap Kepuasan Mahasiswa, 15(2), 99–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.