Pengaruh Pemberian Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Pemahaman Dalam Berhitung Perkalian Sederhana Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanah Bumbu
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5189Keywords:
Anak, Tunarungu, Media Pembelajaran, Kartu Bergambar, PerkalianAbstract
Latar Belakang anak tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran, baik sebagian maupun seluruhnya yang sangat berdampak dalam kehidupannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung perkalian sederhana anak tunarungu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pre experimental desain. Sampel dalam penelitian sebanyak 11 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilxocon.
Hasil penelitian sebelum diberikan media kartu angka bergambar terdapat hampir seluruhnya (81,8%) kemampuan berhitung perkalian sederhana anak tunarungu kurang dan sesudah diberikan sebagian besar (63,6%) kemampuan berhitung perkalian sederhana anak tunarungu baik. Penelitian ini menggunakan uji wilxocon menunjukan nilai p-value 0,002 (<0,05) yang artinya terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung perkalian sederhana anak tunarungu. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh pemberian media kartu angka bergambar terhadap peningkatan pemahaman dalam berhitung perkalian sederhana anak tuna rungu di sekolah luar biasa SLB Negeri Tanah Bumbu tahun 2023. Disarankan kepada pihak SLB Negeri Tanah Bumbu untuk dapat memanfaatkan media kartu angka bergambar sebagai media pengembangan pembelajaran dalam berhitung perkalian sederhana pada anak tunarungu.
References
Atmaja , B. P. (2019). Pengaruh Brain Gym Terhadap Kemampuan Kognitif Memori Jangka Pendek Pada Anak Tunagrahita di SLB Negeri Tanah Bumbu. Jurnal ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan)
Hafriani. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur dengan Menggunakan ICT. Jurnal Ilmiah Didaktika. (Vol. 22, No. 1 (2021)
Handayani, T. (2019). Peraturan Perundangan dan Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Masyarakat Indonesia. (Volume 39, No. 1, Juni 2019)
Juniawan, H. (2021). Pengaruh Media Flashcard (Kartu Bergambar) Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di SDLB Negeri Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021. NSJ (Nursing Science Journal), doi:https://doi.org/1053510/nsj.v212.81
Pratita, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Parameter (Volume 25 No. 2 Tahun 2018). DOI : doi.org/10.21009/parameter.252.04