PENGARUH PENDIDIKAN TUMBUH KEMBANG ANAK ASIA 6-36 BULAN MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA IBU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MRICAN KOTA KEDIRI TAHUN 2019

Penulis

  • khofidhotur rofiah khofi universitas kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2387

Kata Kunci:

Khofidhotur_R

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Masa  anak-anak adalah masa keemasan bagi perkembangan anak (golden age) yang dalam tindakannya sering meniru orang tua. Namun, orang tua masih memiliki pengetahuan dan kemampuan stimulasi perkembangan yang kurang, dimana 90% ibu tidak mengetahui tentang stimulasi perkembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pendidikan tumbuh kembang anak usia 6-36 bulan melalui media booklet  terhadap pengetahuan dan kemampuan stimulasi perkembangan.

 

Metode: Desain penelitian ini adalah quasy experimentaldengan  rancangan pretest posttest control group designdengan kelompok kontrol menggunakan media powerpoint. Populasi dari penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak gangguanstimulasiperkembanganusia 6-36 bulan di wilayah Kerja PuskesmasMricanKota Kediri tahun 2019 yang berjumlah 38orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, sehingga didapatkan 36 responden yang terdiri dari 18 orang kelompok eksperimen dan 18 orang kelompok kontrol. Instrumen Penelitian adalah booklet,powerpoint, kuesioner dan lembar observasi. Analisis data berupa analisis deskriptif, prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Saphiro Wilk dan Homogenitas, uji hipotesis menggunakan paired T test, independent T test, dan Uji Manova.

 

Hasil penelitian: analisis Paired Sample T test pengetahuan menunjukkan bahwa nilai kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai mean pretest 74,54, mean posttest89,58, dan signifikansi 0,000. Hasil uji Independent T Test pengetahuan didapatkan pvalue 0,031. Hasilanalisis Paired Sample T test kemampuan stimulasi menunjukkan bahwa nilai kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai mean pretest 20,56, mean posttest 24,33, dan signifikansi 0,000. Hasil uji Independent T Test kemampuan stimulasi didapatkan pvalue 0,008. Hasil uji Manovavariable luar sumber informasi pengetahuan menunjukkan bahwa nilai pvalue 0,019 dan Partial Eta Squared 0,282. Hasil Uji Manova efektivitas booklet dan Powerpoint menunjukkan bahwa booklet dapat meningkatkan pengetahuan tumbuh kembang sebesar 85,2% dan kemampuan stimulasi sebesar 71,4%, powerpoint dapat meningkatkan pengetahuan tumbuh kembang sebesar 78,9% dan kemampuan stimulasi sebesar 63,5%.

 

Kesimpulan:Booklet pendidikan tumbuh kembang dapat mempengaruhi secara signifikan peningkatan pengetahuan dan kemampuan stimulasi perkembangan. Diharapkan booklet yang telah dikembangkan dapat digunakan oleh tenaga kesehatan khususnya bidan dalam melakukan pendidikan tumbuh kembang.

 

Kata Kunci:booklet, pengetahuan, kemampuan, stimulasi perkembangan, tumbuh kembang

Biografi Penulis

khofidhotur rofiah khofi, universitas kadiri

kebidanan

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abbasi, P., Charandabi, S.M.A, Mirghafourvand, M. (2017). Comparing the Effect of Educational Software and Booklet on Knowledge Level Regarding Labor Pain Management: A Randomized Controlled Clinical Trial. International Journal of Women’s Health and Reproduction Sciences. Vol. 5, No. 3, July 2017, 218–223.

Afifah, Perdani, & Utami. (2018). Karakteristik Stimulasi Ibu dan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 0-3 Tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Majority. Volume 7. Nomor 2 Maret 2018. 150-154

Azwar, S. (2011) Sikap Dan Perilaku Dalam Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012) Metode Penelitian (pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Collin. (2015). Webster’s New World College Dictionary, 4th Edition. New York: Houghton Mifflin Harcourt.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Destiani, R., Yani, ER., & Yanuarini, TA. (2017). Kemampuan Ibu Stimulasi Untuk Perkembangan Bayi Usia 3-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Puhjarak Kota Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 6 No. 1, Nopember 2017.

Dinkes Kota Kediri. (2019). Hasil Pelayanan SDIDTK Anak Usia 0-59 Bulan di Kota Kediri tahun 2018. Kediri: Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Hariyadi, B., Sistiarani, C., Munasib, Yuniarno, S. (2017). Pengenalan Kepada Tokoh Masyarakat Tentang Stimulasi Penggunaan Gadget Aman Pada Anak Balita Di Karangpucung Purwokerto Selatan. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers.

IDAI. (2013). Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak diakses tanggal 10 Februari 2019.

Imtihana, M. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biology Education. Vol 3 No 2

Intika, T. (2018). Pengembangan Media BookletScience For Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1), (2018) 10-17.

Jurana. (2017). Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toddler) Di Kelurahan Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. MEDIKA TADULAKO, Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 4 No. 3 September 2017

Kemenkes RI. (2016). Buku SDIDTK Bab 1-V. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. www.kemkes.go.id diakses tanggal 10 Februari 2019.

Kemenkes. (2015). Profil Anak Indonesia 2015. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. . www.kemenpppa.go.id diakses tanggal 10 Februari 2019.

Kusumaningtyas & Wayanti. (2016). Faktor Pendapatan DanPendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara ForikesVolume VII Nomor 1, Januari 2016.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. www.kemkes.go.id diakses tanggal 10 Februari 2019.

Mahendra, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Wiyung 1/453 Surabaya. JPGSD Volume 05 Nomor 01 Tahun 2018

Maulina, EIN., Makhfudli,. & Ulfiana, E. (2014). Perbedaan Peran Ibu Dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah Pada Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Wilayah Kerja Puskesmas Banyu Urip Surabaya. Jurnal Pendidikan Ners.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia Volume III No. 2

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurfathiyah. (2014). Pengaruh Penggunaan Ilustrasi Dan Bahasa Pada Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani Di Kabupaten Muara Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains Volume 16, Nomor 1, Januari – Juni 2014

Nursalam. (2016). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rosela, ES., Hastuti, TP, & Triredjeki, H. (2017). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 5Tahun Di Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 12, No.1 Maret 2017

Rukmana, H.I. (2018). Kelayakan Media BookletSubmateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol 7, No 2 (2018).

Santi. (2016). Peningkatan Kemampuan Ibu Stimulasi Stimulasi Perkembangan Makan Picky Eater. Dunia Keperawatan. Volume 4 No.2, September 2016: 71-81.

Sari, IPTP. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 9, Nomor 2, November 2013

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Saomah, A. (2014). Permasalahan-permasalahan Anak dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

Simamora. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Siswanta. (2015). Informasi Kesehatan di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 13, Nomor 3, September - Desember 2015

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sumiyati. (2016). Stimulasi Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden. Jurnal LINK, 12 (2), 2016, 91 - 95

WHO. (2018). Developmental disabilities among children younger than 5 years in 195 countries and territories, 1990–2016: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2016.

Yanto, DTP. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Volume 19 Number 1, 2019

Yuniarti, S & Andriyani, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R.A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jenderal Achmad Yani (SNIJA) 2017 Cimahi, 20 Desember 2017

PlumX Metrics

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

khofi, khofidhotur rofiah. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN TUMBUH KEMBANG ANAK ASIA 6-36 BULAN MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA IBU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MRICAN KOTA KEDIRI TAHUN 2019. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 3(2), 171–196. https://doi.org/10.30737/jumakes.v3i2.2387

Terbitan

Bagian

Articles