PENGARUH PEMBERIAN STIMULUS SENI MELUKIS DENGAN TEKNIK POINTILIS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v1i2.751Abstrak
ABSTRAK
Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan atau fungsi semua sistem organ tubuh sebagai akibat bertambahnya kemampuan atau maturitas fingsi sistem organ tubuh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian stimulus seni melukis (finger painting) dengan teknik pointilis terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Nidzamiyah Kota Kediri tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental dengan pendekatan one group pre test post test. Populasi yang diteliti adalah sebagian anak kelompok B di taman kanak-kanak Nidzamiyah Kota Kediri berjumlah 24 anak dengan teknik simpel random sampling diperoleh sampel 14 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian kemudian dianalisa dengan menggunakan Wilcoxon signed rank. Hasil penelitian perkembangan anak sebelum diberikan seni melukis (finger painting) dengan teknik pointilis sebagian besar (71%) perkembangaan tidak sesuai sebanyak 10 anak, setelah diberikan seni melukis bahwa seluruhnya (100%) perkembangan anak sesuai 14 anak. Hasil analisis menunjukan ada pengaruh pemberian stimulus seni melukis dengan teknik pointilis terhadap perkembangan motorik hslus anak kelompok B di taman kanak-kanak Nidzamiyah Kota Kediri Tahun 2020 dengan hasil p-Value=0,000 yang berarti lebih kecil dari α= 0,05 dengan demikian dapat dikatakan Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian stimulus seni melukis dengan teknik pointilis terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 5-6 tahun ditaman kanak-kanak Nidzamiyah Kota Kediri Tahun 2020. Diharapkan para pendidik anak usia pra sekolah dapat menjadikan seni melukis dengan teknik pointilis sebagai upaya meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak.
Kata kunci : seni melukis, teknik pointilis, perkembangan motorik halus anak prasekolah
Â
Â
Â
Â
ABSTRACT
The development ( development is increase the amount of ability or the functions of all the system of organs of the body as a result of increasing ability or maturitas function the system of organs of the body .The purpose of this research is to know the influence of the provision of a stimulus the art of painting ( the finger painting with pointilis technique to the development of a preschool children motor is smooth at six year-old in a kindergarten nidzamiyah city kediri the year 2020 . Design research used is research pre experimental with the approach one group pre test post test .A population that is based on the research of some of the children group b in a kindergarten nidzamiyah kediri city a total of 24 children with simple technique random sampling obtained 14 respondents sample .Research instrument that is used is the questionnaire .The results of the study then were analysed by using wilcoxon signed rank . The results of the study the development of the baby before it was given the art of painting ( the finger painting with pointilis technique the majority ( 71 % ) development not in accordance as many as 10 children , the art of painting that all of them after ( 100 % ) the development of the baby in accordance 14 children .The results of the analysis showed there an effect the provision of the arts of painting pointilis technique a stimulus to the development of children Motor smooth group b in a kindergarten nidzamiyah city kediri the year 2020 with the results of p-value = 0,000 which means smaller than α= 0.05 thus it can be said ho were rejected and h1 accepted which means it can be concluded that there an effect the provision of the arts of painting pointilis technique a stimulus to the development of a preschool children motor is smooth at six year-old in the park a child nidzamiyah city kediri the year 2020 . It is expected that the educator of all children aged between preschool supposed to make the arts of painting by applying a technique pointilis as an effort to increase the development of smooth motor to go on in science .
Key words: the arts of painting , the technique of pointilis , the development of smooth motor of preschool children.
Referensi
Afiffudin & Khotimah, N., 2014. Pengaruh Kegiatan Seni Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Pp. 1-6.
Andrimeda, F., 2012. Pengaruh Kegiatan Seni Finger Painting Terhadap Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Kelompok B Di Tk Pembangunan Dsn. Lawan Ds. Kedungwangi Kec. Sambeng Kab Lamongan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume I, Pp. 1-21.
Anies Listyowati, D., 2016. Finger Painting. Jakarta: Erlangga For Kids.
Anonim, 2011. Latih Motorik Halus Dengan Mengancingkan Baju. [Online]
AvailableAt:Http://Health.Kompas.Com/Read/2011/05/02/10070730/Latih.Motorik.Hal[Accessed 30 10 2019].
Ari Sulistyawati, S., 2015. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Cempakawati, I., 2016. Hubungan Stimulasi Perkembanganterhadap Perkembangan Anakusia 0-5 Tahun. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.
Dawan, 2019. Teknik Pointilis (Pengertian, Teknik Menggambar Hingga Contoh – Contoh Gambar). [Online] Available At: Https://Ngertiaja.Com/Teknik-Pointilis/[Accessed 11 12 2019].
Depkes, 2012. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun. [Online] Available At: Http://Www.Depkes.Go.Id.[Accessed 30 10 2019].
Diyan Indrayan; Titi Legiati; Desi Hidayanti, 2019. Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan. Jurnal Kesehatan Prima, Volume 13, P. 116.
Dwi, Junita Dan Tri Asmawulan, 2010. Perkembangan Fisik, Motorik Dan. Surakarta: Ums.
Febriani, U., 2012. Karakteristik Perkembangan. [Online]
Available At: Http://Febrianiutami0711.Wordpress.[Accessed 30 10 2019].
Fikriyati, M., 2013. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yokyakarta: Laras Media Prima.
Gustiana, A., 2011. Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelompok B Tk Kartika Dan Tk Lab. Upi). Jurnal Pendidikan, Volume 2, Pp. 191-200.
Hasanah, N. &. A. N. M., 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Perkembanga Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Midpro, Volume 2.
Hasmawaty, 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Bermain Tradisional Akdende-Dende Pada Tk Yafgaeda Kota Makasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , Volume 1 No 2, Pp. 85-95.
Hastuti Marlina, R. R., 2019. Perkembangan Motorik Halus Balita Usia 3-4 Tahun Di Paud Se-Kecamatan Rengat Barat. Avicenna: Jurnal Ilmiah, Pp. 14-24.
Indah, H. N., 2018. Pengaruh Terapi Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak 4-5 Tahun. Kesehatan Skripsi Universitas Kadiri.
Kurnia, S. D., 2015. Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikanusia Dini, Volume 9 Edisi 2, Pp. 285-302.
Lamakadu, M. G. S., 2018. Pengaruh Kooperative Play Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Mojoroto Kota Kediri. Kediri: Skripsi Universitas Kadiri.
Melinda, 2013. Pengaruh Melukis Menggunakan Teknik Finger Painting Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Taman Kanak-Kanak. Ejournal Student Universitas Indonesia.
Novianti, N. G. D., 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B2 Semester Ii Tk Widya Santhi. E-Journal Pg-Paud : Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.
Ns. Rizki Cintya Dewi, Dkk, 2015. Teori & Konsep Tumbuh Kembang. Yogyakarta: Nuha Medika.
Nunung Nurjanah, Dkk, 2017. Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Di Tk At-Taqwa. Jurnal Keperawatan Bsi, Volume V No 2, Pp. 65-73.
Pertiwi, I., 2013. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ibnul Qoyyim Sleman. Yogyakarta: Digital E-Prints Uny.
Rini, H., 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Santrock, J., 2011. Masa Perkembangan Anak. Buku 1 Ed. Jakarta: Erlangga.
Saputra, Yudha M., 2010. Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Anak. Bandung: Fpok Upi.
Setianingrum, 2015. Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Haalus Anak. Jurnal Penddidikan .
Setiawati,S.S.,2014.[Online]Availableat:Https://Srisulissetiawati.Wordpress.Com/2014/03/25/Finger-Painting/[Accessed 3 11 2019].
Soetjiningsih; Ranuh , 2014. Tumbuh Kembang Anak. 2 Ed. Jakarta: Buku Kedokteran Egc.
Soetjiningsih, R., 2013. Tumbuh Kembang Anak. Ke-2 Ed. Jakarta: Egd.
Sri Yuniarti, S., 2015. Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita Dan Anak Pra-Sekolah. Bandung: Pt Refika Aditama.
Sudarko; Rumpis Agus, 2010. Metode Pengembangan Fisik. Yokyakarta: Fik Universitas Negeri Yogyakarta.
Sumantri, M., 2011. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Susanto, 2011. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Tk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tri Ratnaningsih, S.Kep., Ns., M.Kes, Dkk, 2017. Buku Ajar (Teori Dan Konsep) Tumbuh Kembang Dan Stimulasi Bayi, Toddler, Pra Sekolah, Usia Sekolah Dan Remaja. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Unicef, 2011. Adolescence An Age Of Opportunity. United Nations Children's. United Nations Children's.
Upton, P., 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Pt Gelora Aksara Pratama.
Wijaya, H., 2010. Titik Sebagai Dasar Penciptaan Karya Seni. Humaniora, Volume 1.
Wilyani, A., 2013. Manajemen Paud Bermutu. Yogyakarta: Gava Media.
Yuniarti, S., 2015. Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita Dan Anak Pra Sekolah. Bandung : Pt Refika Aditama.