STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM BATIK DESA KLAMPAR KABUPATEN PAMEKASAN DALAM PERSPEKTIF KEBIJKAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Nur Fathin Luaylik Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Madura
  • Rina Nur Azizah Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Madura
  • Erina Saputri Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.2458

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik  Desa Klampar , Kabupaten Pamekasan  saat ini  masih belum   mendapatkan peluang besar  memasarkan produknya secara berkelanjutan menggunakan teknologi informasi. Keterbatasan akses  pemasaran serta perbedaan persepsi antara pengerajin dengan Dinas UMKM Kabupaten Pamekasan terus terjadi. Banyaknya UKM Batik Desa Klampar, tidak mau menghadiri pelatihan sehingga memilih menjalnkan usahanya secara mandiri. Akses dan pemberian rekomendasi peminjaman modal sangat terbatas,akhirnya  penyaluran bantuan berupa pinjaman modal tidak tepat sasaran. Dimana kriteria penerima bantuan  pinjaman modal sebetulnya sudah dmasuk dalam kategori UKM mandiri bukan tipe berkembang. Hasil penelitian  dianalisis menggunakan teori pemberdayaan dari Suharto (2009), indikator teori yaitu  Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, Pemungkinan,dan Pemeliharaan . wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkkan data. Penentuan informan  menggunakan teknik Purporsive sampling. Hasil penelitian tiap indikator teori secara keseluruhan strategi pemberdayaan cukup baik, namun masih terus memerlukan regulasi (kebijakan) berkelanjutan dari pemrintah Kabupaten Pamekasan supaya bisa meningkatkan kesempatan lebih besar pengerajin memasarkan hasil produksinya secara berkelanjutan (suistainable policy).

 

Kata Kunci: Kebijakan berkelanjutan; UKM Batik; Pemberdayaan.

References

Aulia,N.A.,Hasan, M.Dinar,M.,Ahmad,M.I.S., &Suartiningsih,T(2021).Bagaimana literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Berpengaruh Terhadap Keberkanjutan Usaha Pwdagang Pakaian., Journal of Economic Eucation and Enterpreneurhip Studies, 2(1),110-126.

Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045. Economics and Development Analysis, 1(1), 75–86.

Lukiana,N.,& Darmawan,K.(2022).PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA IKRO KECIL MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID-19.E-Amal:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1),84-90.

Nurhalita,s.(2022).PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM DI KABUPATEN LANGKAT.Maro; Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1), 84-90.

Rahmayani, A. S., & Aslinda, A. (2021). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Makassar Strategy for Empowering Micro, Small and Medium Enterprises at the Makassar City Cooperatives and SMEs Office. Jurnal Aktor, 1(1), 13–24.

Rapitasari, D., & Soehardi, S. (2021). Strategi Pemberdayaan Umkm Jatim Dalam Menghadapi Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 77. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.986

Rohmah, N. (2017).Pemberdayaan Usaha ikro Kecil dan Menngah (UMKM)Pada Lembaga Inkubator bisnis baznas.UIN Syarif Hodayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi,2017.

Rosita,I.,&Simanjuntak,H. I. R. F.(2022),Efektivitas Program Pemberdayan Usaha Mikro Kecil Mennegah(UMKM) Di Kecamatan Sngai Sembilan Kota Dumai.I Jurnal Niara,1493), 259-265.

Saputra, I. N. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Ciamis. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Satriyo, B. G., Fasa, M. I., Fachri, A., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2022). ANALISIS PERAN PERBANKAN DALAM PENGGUNAAN E- BUSINESS DIGITAL TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM MILENIAL DI INDONESIA DIMASA COVID-19. 8(1), 99–108.

Setyaningrum, W. (20218).manajemen Strategi Penerintah Daerah Dalam Meningkatkan Investasi Pada Central Business District di Kabupaten kediri.Mediasosian (,Vol.2(2), hal 49-56.

Setyariningsih, E., & Utami, B. 2022) PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DI DESA SEGUNUNG KECAMATAN DLANGGU MOJOKERTO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1 (4),39-44.

Sudantoko, D. (2011). STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA SKALA KECIL BATIK DI PEKALONGAN Oleh : Djoko Sudantoko. 6(1), 29–45.

Sudarsono, A., Hidayatullah, R., Latifah, S., & Hotima, S. H. (2020)UMKM Go Digital Sebaga Adaotasi Pemasaran Usaha Kerupuk Pentol Dua Jaya di Masa Pandemi COVD-19.Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 2(2), 70-80.

Suharto, M., Ardhianto, D. T Ismail, A. I., & Prameswari, n. S (2017. PelatihnPengelolaan Website Toko Online Bagi UMKM di Kawasan Pasar Tradisional Klewer Surakarta Sebagai Strategi Mengjadapi MasyarakT Eonomi Asean )MEA). Demandia: Jurnal Dsain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Perikanann, 229-245.

Sunariani, N. N., Gorda, A. A. N. O. S., & Mahaputra, I. I. D. M. R.(2017).Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) melalui program binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 221-236.

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, Volume 29(No. 1 Juni), hlm.4.

Ziswaf, K. M., Studi, P., Dakwah, M., Ilmu, F., Dan, D., Komunikasi, I., & Hidayatullah, U. I. N. S. (2017). PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) PADA LEMBAGA.

Zuhri., A. D. A., Alim, A. H., & Sahal, A. El.(2022). I Pemberdayaan UMKM pada Sektor Pemasaran Melalui Kampung Festifval di Kelurahan Pegirian. 1, 87-98.

Downloads

PlumX Metrics

Published

12-09-2022

How to Cite

Luaylik, N. F., Azizah, R. N., & Saputri, E. (2022). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM BATIK DESA KLAMPAR KABUPATEN PAMEKASAN DALAM PERSPEKTIF KEBIJKAN BERKELANJUTAN. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(2), 315–332. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.2458