Pengaruh Harga, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Kediri

Authors

  • Ryan Wahyu Mukti
  • Desi Kristanti
  • Yudiarto Perdana Putra
  • Nursamsu Nursamsu

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik serta telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu kongkrit, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Kediri. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 50 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), observasi dan wawancara. Metode analisis data dengan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pada variabel harga dapat ditarik kesimpulan apabila t hitung > t tabel atau 2,342 > 1,677 maka variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Pada variabel lokasi dapat ditarik kesimpulan apabila t hitung > t tabel atau 3,380 > 1,677 maka variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (3) Pada variabel kualiats layanan dapat ditarik kesimpulan apabila t hitung > t tabel atau 4,072 > 1,677 maka variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) Berdasarkan uji secara bersama-sama (simultan), dapat disimpulkan dari f hitung > f tabel atau 26,840 > 2,58 bahwa variabel harga, lokasi dan pelayanan secara bersamaan (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang berarti antara uji F hitung dan F tabel berpengaruh kuat dan saling keterkaitan antara variabel independen dan dependen, maksudnya harga yang ditawarkan murah, lokasinya strategis dan pelayanan mempengruhi kepuasan palanggan

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods).†Bandung: Alfabeta.

Basuki, Agus Tri. 2017. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis.

Haq, Irfan Nurul. 2018. “Determination of Price and Customer Satisfaction.†Journal of Economicate Studies 1(2):97–108. doi: 10.32506/joes.v1i2.179.

Imran, Aditya, Irzad, Mochamad. 2018. “PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MAKANAN DI RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO ALAUDDIN KOTA MAKASSAR MOCH.†Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar 7.

Mira, Mira, Djunaedi Djunaedi, and Ria Lestari. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan (Pada Dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Dan Tangible) Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.†RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi 1(2):100–116.

Purwagusta, Ghea Verensia. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien.†Pakistan Research Journal of Management Sciences.

Rahmadi, Afif Nur. 2015. “Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Sport Center (Studi Kasus Mensana Sport Center Futsal Kediri).†Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) 7(1):37–45.

Satriyono, Gandung, and Desi Kristanti. 2018. “Pengaruh Kepuasan Pasien Pada Kualitas Layanan Rawat Inap Terhadap Niat Discharge against Medical Advice (Dama)(Studi Di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri).†Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 3(2):136–53.

Seran, Sirilius. 2020. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial. Deepublish.

Sukmawati, Rina. 2017. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GARDEN CAFE KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SKRIPSI.†111.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-05-31

How to Cite

Mukti, R. W., Kristanti, D., Putra, Y. P., & Nursamsu, N. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Kediri. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3775

Issue

Section

Articles