PENGARUH INTERAKSI MACAM PUPUK KANDANG DAN DOSIS TERHADAP PARAMETER-PARAMETER PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI

Junaidi Junaidi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


RINGKASAN

Percobaan tentang penggunaan macam-macam pupuk kandang dan dosis pupuk kandang  pada tanaman padi ini dilaksanakan di Jawa Timur Kabupaten Kediri, tepatnya di desa  Tempel wetan, Kecamatan Loceret,   dengan ketinggian tempat kurang lebih 56 meter dari permukaan laut. Waktu penelitian dimulai bulan  5  Maret sampai dengan 15  Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui adanya interaksi macam pupuk kandang dan dosis  terhadap  hasil tanaman padi,   sedangkan hipotesisnya adalah  diduga  terjadi interaksi antara perlakuan macam  pupuk kandang dan dosis pupuk kandang.  

Penelitian ini merupakan percobaan  dua factor, factor pertama terdiri dari dua level, factor kedua terdiri dari empat level dan diulang tiga kali. Dari delapan kombinasi perlakuan tersebut dilakukan pengulangan tiga kali. Pengacakan penempatan petak-petak perlakuan dalam satuan percobaan dilakukan dengan melakukan pengacakan kedelapan kombinasi perlakuan tersebut dalam setiap blok. sesuai dengan “Rancangan Acak Kelompok (RAK), sehingga diperlukan tiga blok dan masing-masing blok terdiri dari delapan kombinasi perlakuan”.  “Untuk dapat menjawab pertanyaan yang ada dalam tujuan penelitian, maka dilakukan pengamatan terhadap parameter-parameter pertumbuhan dan hasil.  Untuk mengetahui adanya pengaruh perlakuan terhadap parameter-parameter pertumbuhan dan hasil dilakukan analisis ragam terhadap data hasil pengamatan.  Selanjutnya dilakukan uji beda nyata terkecil 5 % (BNT 5 %) untuk mengetahui perlakuan-perlakuan yang berbeda nyata.” Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pertama Perlakuan macam pupuk kandan tidak saling mempengaruhi dengan perlakuan dosis pupuk kandang (tidak terjadi interaksi), terhadap pertumbuhan dan hasil padi. Kedua, Pertumbuhan dan produksi tidak dipengaruhi oleh macam pupuk kandang, Pemberian jumlah pupuk kandang 30 ton/ha menghasilkan   pertumbuha dan hasil yang terbaik.

Kata kunci: Pupuk Kandang, Padi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonymous, 1992. Pertumbuhan dan Morphologi Tanaman Padi. Aksi Agraris Kanisiuy. Yogyakarta.

Anonymous, 2009. Budidaya Tanaman Padi. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Aceh dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Aceh.

Bobihoe J, 2007. Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi Sawah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian . Jambi;

Grist. 1960. Budidaya Tanaman Padi. Kanisius. Yogyakarta.

Jamil A et all, 2016. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Padi Jajar Legowo Super. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta;

Soemartono, Bahrin Samad, dan R. Hardjono, 1977. Bercocok Tanaman Padi. Yasaguna. Jakarta.

Suharsono dan Nugroho S, 2013. Pedoman Budidaya Beras Organik dengan System og Rice Intensification (SRI). Tim Ahli Kabupaten Jombang.

Surowinoto S, 1982. Teknologi Produksi Padi Sawah dan Gogo. Intitut Pertanian Bogor. Bogor


Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.