MENGUKUR EFEKTIVITAS TAGLINE IKLAN TELEVISI MINUMAN RINGAN TEH BOTOL SOSRO DENGAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2014)

Gesty Ernestivita

Abstract


Abstract

                    Tagline is one way to make the customer always remember the product with the catchprase. Teh Botol Sosro is one of the products whose ads have a catchy tagline or catch phrase. In 2000 Teh Botol Sosro replaced his tagline with "Apapun Makanannya Minummnya Teh Botol Sosro" .This new line of Teh Botol Sosro creates a new image of the brand. The persuasive effects of this ad tagline are well attached to the Indonesian people. The subjects of this study are students of the Faculty of Economics Force 2014 because it has taken the subject of Marketing Management so it is considered the most appropriate to be a respondent. The sample of this study amounted to 76 students. The effectiveness of Teh Botol Sosro advertisement is very important to be researched and in this research the researcher chose Customer Response Index (CRI) method as its analysis tool. The response elements in CRI are awareness, comprehend, interest, intention, and action. In CRI, these five responses are interconnected and form a level or hierarchy. That is, the ad audience in generating a response is by passing level by response level starting from awareness as the basic response. The conclusions of this study indicate that according to CRI analysis, the Bottom Sosro Tea Bottle tagline version of "whatever the food is drinking sosro bottle tea" is considered very effective because the results show almost 100% valuation.

Keywords: Advertisement, Tagline, Customer Response Index

 

Abstrak

Tagline merupakan salah satu cara untuk membuat customer selalu mengingat produk dengan catchprasenya. Teh Botol Sosro adalah salah satu produk yang iklannya memiliki tagline atau catch phrase yang cukup menarik. Pada tahun 2000 Teh Botol Sosro mengganti tagline nya dengan “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.Tagline baru Teh Botol Sosro ini membuat image baru terhadap brandnya. Efek persuasif dari tagline iklan ini cukup melekat baik di masyarakat Indonesia. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 karena sudah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran sehingga dianggap paling sesuai untuk dijadikan responden. Sampel dari penelitian ini berjumlah 76 mahasiswa. Efektivitas iklan Teh Botol Sosro sangat penting untuk diteliti dan dalam penelitian ini peneliti memilih metode Customer Response Index (CRI) sebagai alat analisisnya. Elemen-elemen respon dalam CRI adalah awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intention (niat), dan action (tindakan). Dalam CRI, kelima respon ini saling berhubungan dan membentuk tingkatan atau hirarki. Artinya, audiens iklan dalam menimbulkan respon adalah dengan melewati tingkat demi tingkat respon mulai dari awareness sebagai respon dasar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menurut analisis CRI, tagline iklan Teh Botol Sosro versi “apapun makanannya minumnya teh botol sosro” dinilai sangat efektif karena hasil menunjukkan penilaian hampir 100%.

Kata Kunci: Iklan, Tagline, Customer Response Index


Keywords


Iklan; Tagline; Customer Response Index

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing In Business. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Aiwan, Tania Y. (2013). Efektivitas Pesan Iklan Televisi Tresemme Menggunakan Customer Response Index (CRI) pada Perempuan di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol 1, No.2.

Barry, Thomas E. (1987). The development of the hierarchy of effects: an historical perspective. Current Issues & Research in Advertising;1987, Vol. 10 Issue 2, p251.

Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and promotion: an integrated marketing communication perpective 8th ed. New York: McGraw-Hill.

Best, Roger J. (2012). Market-based management: strategies for growing customer value and profitability 6th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Catatan, Anek Negri. (2015). Pengertian Tagline, Contoh Tagline, Jenis Tagline. http://catatan-anaknegeri.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-tagline-contoh-tagline-jenis-tagline.html. Diakses pada 07 Agustus 2017.

Desti, Merni Rifma. (2012). Efektivitas Iklan Televisi dan Minat Beli (Studi Komperatif Mengenai Efektivitas Iklan Minute Maid Pulpy Orange dan Iklan Nutrisari di Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa FISIP USU). Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara, Vol 1, No.2

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Widjaja & Supraktino. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Hubungan masyarakat: suatu studi komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Goldsmith, Anna. (2010). A Conversation with Tagline Guru Eric Swartz. http://www.thehiredpens.com/a-conversation-with-tagline-guru-eric-swartz/. Diakses pada 07 Agustus 2017.

Gunawan, Lisa. 2014. Efektivitas Iklan Televisi Suzuki Karimun Wagon R di Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, Vol 2, No.3

Jaya, Hariyanto Than. (2014). Analisis Efektivitas Teknik Visual Iklan Televisi Rotoscope Instant Messanger MyPeople Terhadap Respon Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana, Vol 1, No.3

Kotler, Philip. (2012). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Public Relations Writing. Jakarta: Prenada Media Group.

Moriarty, Sandra. (2011). Advertising: Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenada Media Group.

Neuman, W. Lawrence. (2012). Basics of social research: qualitative and quantitative approaces. Boston: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Noviany dan Dharmayanti, Diah. (2014). Analisis Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah dengan Menggunakan Metode Customer Decision Model (CDM). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol 2. No.1

Wikipedia. (2016). Iklan Televisi. https://id.wikipedia.org/wiki/Iklan_televisi. diakses pada 07 Agustus 2017.

Wells, Burnett, & Moriarty. (2000). Advertising practice and principles 5th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Yuwono, Revica Febi. (2014). Efektivitas Iklan Jayanata di Surat Kabar Jawa Pos Terhadap Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, Vol 2. No.3




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 EKONIKA (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri (Ekonika) Indexed By :

 

 Flag Counter


KANTOR SEKRETARIAT :

Jl. Selomangleng No. 1 Mojoroto Kediri 64155

Gedung A Lantai 3 Ruang A311

email : jurnalekonika@unik-kediri.ac.id

ISSN :

ISSN (Print)    : 2502-9304

ISSN (Online) : 2581-2157

Creative Commons License
Ekonika (Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.