Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jasa Servis Ahass Rizky Motor Prambon Nganjuk)

Authors

  • Rizki Reza Putranto
  • Sasi Utami Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Rinto Nur Bambang

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v2i2.549

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on customer satisfaction Honda AHHAS Rizky Motor Prambon services through tangible dimensions, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The study population is visitors who serve at Honda AHHAS Rizky Motor. The sample used 92 respondents taken with the Non-Probability Sampling technique with the Accidental Sampling approach. From the results of this study it can be seen that the variable tangibility and empathy have no effect on customer satisfaction, while the variable reliability, responsiveness, assurance significantly influence customer satisfaction. Simultaneously the service quality dimension influences customer satisfaction by 77.2%

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa servis Honda AHHAS Rizky Motor Prambon melalui dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Populasi penelitian yaitu pengunjung yang servis di Honda AHHAS Rizky Motor. Sampel menggunakan 92 responden yang diambil dengan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel tangibility dan emphaty tidak memberikan pengaruh kepada kepuasan konsumen, sedangkan variable reliability, responsiveness, assurance berpengaruh secara siginifikan kepada kepuasan konsumen. Secara simultan dimensi kualitas pelayan berpengaruh kepada kepuasan konsumen sebesar 77,2%

References

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Aryani Dwi, Febrina Rosinta. 2010. "Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan". Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi UI, Vol 17 No.2 hal 114-126 ISSN: 0854-3844.

Dwi A.A., Sunarti. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo)." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Universitas Brawijaya, Vol. 51 No. 2.

Eswika N, Istiatin. 2015. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo." Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01. ISSN : 1693-0827.

Felix R. 2017. "Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda". Glocal International Development Studies, Hebrew University of Jerusalem an open access journal, Israel. Vol 6 Issue 1 No.1000246. ISSN: 2167-0234.

Ida Ayu, Jatra. 2015. "Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur." E-Jurnal Manajemen UNUD, Vol. 4 No. 7. ISSN: 2302-8912.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ( SERVICE QUALITY ) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT . SUCOFINDO, 1(2).

Pangastuti, R. L. (2018). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBCâ€). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 198. https://doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.43

Putra, Y. P., & Ruhamak, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E- Satisfaction pada Pengguna E-Banking di Kota Kediri, (Senima 3), 432–440.

Rambat, L., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua. Jakarta.

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Satriyono, G., & Ruhamak, M. D. (2017). ANALISIS KESENJANGAN ANTARA EKSPEKTASI KONSUMEN TERHADAP PERSEPSI JASA PELAYANAN (Studi Kasus pada Bengkel Cat dan Las Mobil Warna Indah di Kediri). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 142. https://doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.39

Yunanto, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Askes Di PT ASKES Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3

Sekaran Uma dan Roger Bougie. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. Penerbit : John Wiley & Sons.

Sunarto. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV Ngeksigondo Utama.

Tjiptono, Fandy dan Chandra G. 2011. Service Quality and Satification. Yogyakarta : Andy.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Quality and Satification. Yogyakarta : Andy.

Wahyudi, Setyo Tri. 2017 Statistika Ekonomi Konsep, Teori dan Penerapan. Universitas Brawijaya Press.

Wisnalmawati. 2011. Kepuasan Konsumen Bengkel Motor Ahass 1605 Seturan YOGYAKARTA Berdasarkan Dimensi Mutu Pelayanan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Gunadarma No. 3 Jilid 13.

http://triatmono.info/ [diakses tanggal 01/01/2019]

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-21

How to Cite

Putranto, R. R., Utami, S., & Bambang, R. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jasa Servis Ahass Rizky Motor Prambon Nganjuk). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(2), 182–197. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i2.549

Issue

Section

Articles