Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Vivo Smartphone Di Dino Cell Nganjuk

Nofi Monawati(1*), Gandung Satriyono(2), Nur Samsu(3),

(1) 
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The study aims to determine the effect of the marketing mix which includes products, prices, promotions and places partially or simultaneously on the purchase decision of the Vivo smartphone. This type of research uses qualitative and descriptive methods. Consumer research population based on the number of consumers coming. The sampling method used is the Hair et al. The research sample was 90 respondents. The sampling technique used is accidental sampling. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results of data analysis show that: (1) The product influences the purchasing decision of the Vivo smartphone with a tcount of 0.178 and a significant value of 0.36; (2) Price influences the decision to purchase a Vivo smartphone with a t-value of 0.275 and a significant value of 0.005; (3) Promotion influences the decision to purchase Vivo smartphone with a tcount of 0.254 and a significant value of 0.001; (4) Place influences the purchase decision of Vivo smartphone with a tcount value of 0.267 and a significant value of 0.002 (5) Marketing mix includes product, price, promotion and place simultaneously influences the purchase decision with a tcount of 24.797 and a significance value of 0.000. The coefficient of determination R2 of 0.517 can be interpreted that 51.7% of purchasing decisions are influenced by product, price, promotion and place variables while the remaining 48.3% is influenced by other variables of the study.

 

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh marketing mix yang meliputi produk, harga, promosi dan tempat secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Vivo smartphone. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Populasi penelitian konsumen berdasarkan jumlah konsumen datang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode Hair et al. Sampel penelitian ini 90 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian Vivo smartphone dengan nilai thitung 0,178 dan nilai signifikan sebesar 0,36; (2) Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian Vivo smartphone dengan nilai thitung 0,275 dan nilai signifikan sebesar 0,005; (3) Promosi  berpengaruh terhadap keputusan pembelian Vivo smartphone dengan nilai thitung 0,254 dan nilai signifikan sebesar 0,001; (4) Tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian Vivo smartphone dengan nilai thitung 0,267 dan nilai signifikan sebesar 0,002 (5) Marketing mix meliputi produk, harga, promosi dan tempat secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 24,797 dan nilai signifikansi 0,000. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,517 dapat diartikan bahwa 51,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel produk, harga, promosi dan tempat sedangkan sisanya 48,3% dipengaruhi oleh varaibel lain dari penelitian.


Full Text:

PDF

References


Arifin,Johar.(2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Gramedia.

Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto.(2008). Marketing Research “The smart Way to

Solve a problem.”

Dr. Khairani, M.Pd.(2016). Penelitian Geografi Terapan. Jakarta :Kencana.

Francois Vellas dan Lionel Becherel. 2008. Pemasaran Pariswisata Internasional Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta:Yayasan Obor Indosenia.

Hamdi,Asep Saepul E.Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi

Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Pangastuti, R. L. (2017). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming ( Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC ” ), 2(2), 198–213.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk air minum merk aqua. Jurnal EkoNika, 1(1), 38–49. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/4

Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan Ms Excel 2007 dan SPSS 17.

Jakarta:Gramedia.

Nizar Sapta Nuary. Maret 2016, Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis

Swot Pada PT.Super Sukses Motor Banjarmasin.Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Volume 2, No.1 hal 30-42

Noor, Juliansyah. 2011. Metedeologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan

Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana.

Philip Kotler, Gery Amstrong. (2018). Principles of Marketing : Authorized

adaption from the United States edition, entitled Principles of Marketing.

Published: Pearson Education.

Pangastuti, R. L. (2017). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming ( Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC ” ), 2(2), 198–213.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk air minum merk aqua. Jurnal EkoNika, 1(1), 38–49. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/4

Sani K., Fathur. 2016. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas Dan

Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Tri Wahyudi, S.E., M.Ec., Ph.D, Setyo.(2017) Statistik Ekonomi Konsep, Teori dan

Penerapan. Malang: UB Press.

Wijatanri, MM.,Ir. Fl. Titik. 2011. Marketing Plan : Dalam Bisnis, Second

Edition. PT. Elex Media Komunikasi :Kompas Gramedia.

Yusuf, Prof. Dr. A. Muri, M.Pd. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif

& Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yulingga Nanda Hanief dan Wasis Himawanto. 2017. Statistik Pendidikan.

Yoyakarta: Deepublish.

Yoeti,MBA, Drs. H. Oka A. (2018). Strategi Pemasaran Hotel.

http://www.sumberpengertian.co/pengertian-hipotesis-secara-umum-dan

menurutpara-ahli

https://www.sport--air-max.com/mengenal-asal-usul-vivo-smartphone.html

https://satujam.com/pengertian-variabel-bebas-dan-terikat




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v2i2.550

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi



JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter